Wisata Kuliner di Bali (1) – 8 Rekomendasi yang Paling Terkenal

Mau wisata kuliner di Bali? Tenang saja. Kami punya 8 tempat wisata kuliner di Bali yang paling populer dan banyak digandrungi para penikmat wisata kuliner.

Di pulau dewata memang menyediakan banyak fasilitas bagi pengunjung, terutama soal mengisi perut. Maklum saja, sebagai tempat favorit liburan dan berwisata, Bali harus siap menjamu setiap pengunjung yang sedang liburan kapan saja. Tak ayal, wisata kuliner di Bali seringkali beroperasi hingga 24 jam penuh. Tidak peduli, pagi, siang ataupun malam hari, selalu ada saja tempat makan yang buka.

Nah, kalau Anda hendak liburan ke Bali, catat baik-baik 8 rekomendasi wisata kuliner di Bali yang paling populer versi agen travel wisata berikut ini:

1. Bale Udang Mang Engking

Hmm… kalau mendengar panggilan “Mang” sepertinya ini berasal dari Sunda. Tepat sekali, makanan Sunda juga ada lho di Bali. Tempat yang sangat nyaman ini menyediakan kuliner khas tanah Pasundan yang terkenal enak-enak itu.

Tentu saja, makanan berupa udang dilengkapi lalapan yang paling digandrungi para pembeli. Seperti udang goreng atau gurame goreng misalnya. Disajikan di atas daun pisang yang bisa disantap di tempat makan berupa saung bambu. Tepat di bawah saung terdapat kolam-kolam ikan yang menyejukkan mata.

Selain menu ikan goreng, ada pula sop buntut, karedok dan sop iga. Slurpss… bikin ngiler ya. Lokasinya berada tepat di rumah nomor 88 Jl. Nakula, Kuta.

2. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Kalau membawa serombongan teman atau keluarga untuk bersantap bersama-sama, tempat makan yang satu ini sangat pas. Pasalnya, di sini Anda bisa memesan nasi dalam bentuk paketan.

Satu paket itu berisi lauk yang komplit, ada ayam utuh, nasi sate lilit, juga urap-urap dilengkapi aneka sambal yang membangkitkan selera. Ada sambal kacang teri dan sambal matah, wuihhh… sedapp!!!

Jangan harap bisa kebagian tempat duduk jika datang ke sini pada waktu puncak musim liburan. Dijamin ramai dan penuh pengunjung. Oleh karena itu, tempat wisata kuliner di Bali ini, menjadi salah satu yang paling populer dan enak. Lokasinya ada di Jl Kedewatan 18, Ubud.

3. Warung D’ Sawah

Jangan meremehkan warung yang berada di area persawahan ini. Justru gara-gara ada di sawah itu, Warung D’sawah mampu menyabet gelar “Certificate of Excellence 2013” rekomendasi dari situs luar negeri terkenal di bidang perjalanan wisata, Trip Advisor.

Buat para bule-bule alias pelancong asing, sawah mungkin adalah hal yang unik dan tidak bisa mereka jumpai setiap hari di negara asalnya.

Ditambah, menu-menu yang disajikan juga cocok dengan selera lidah wisatawan asing, komplit sudah melengkapi daya tarik Warung D’Sawah. Lokasinya ada di Jl. Raya Kerobokan Kelod Nomor 17, Kuta.

4. Mama San Bali

Seolah tidak mau kehilangan pengunjung terutama para wisatawan asing, Mama San Bali menyediakan aneka menu lengkap dari se-Asia Tenggara. Selain dari tanah air, di sini juga menyediakan aneka makanan dari Vietnam, Kamboja dan Thailand.

Menu-menu dari Thailand yang paling banyak dicari, seperti sop tom yam. Namun, menu-menu dari Vietnam dan Kamboja juga tak kalah enak. Apalagi, menu dari tanah air yang sudah kadung cocok dengan selera lidah orang Indonesia.

Salah satu daya tarik pengunjung untuk datang ke Mama San  Bali adalah suasana interior yang dirancang dengan nuansa Bali serta makanannya yang enak.

5. Ayam Bakar Bumbu Kuning Cak Iwan

Melihat plang wisata kuliner di Bali yang satu ini, mungkin terlintas di pikiran jika sang pemilik berasal dari Jawa Timur. Sebabnya, “cak” di Jawa Timur berarti abang atau kakak.

Satu yang pasti, menu ayam bakar bumbu kuningnya sangat juara. Teksturnya lembut, dengan aroma khas rempah dan daun salam yang aduhai sedapnya. Mencicipi satu suap ayam bakar bumbu kuning dilengkapi nasi putih pulen yang hangat, aih… pasti akan segera melahap hingga ludes.

Tidak heran kalau menu inilah yang menjadi primadona di tempat makan ini. Tidak hanya ayam bakar semata, di sini juga tersedia pesmol lele dan pesmol gurame serta masih banyak lagi jenis-jenis menu makanan ataupun minuman yang bisa dipilih pengunjung.

6. Bebek Bengil

Nah, kalau ini semua pasti sudah paham. Dirty duck alias Bebek Bengil adalah salah satu makanan khas Bali yang wajib dicoba. wisata kuliner di Bali belum lengkap tanpa mencicipi bebek bengil di rumah makan bebek bengil.

Tidak hanya makanan enak saja yang disajikan, namun suasana tempat makan yang luas dengan panorama sawah yang asri menjadi daya tarik bagi pengunjung. Selain bebek krispi, menu enak lain yang bisa dicoba antara lain gado-gado, sop buntut, urap-urap dan banyak lagi.

7. Warung Mina

Satu lagi rekomendasi wisata kuliner di Bali yang paling direkomendasikan ketika Anda membawa keluarga besar untuk bersantap.

Warung Mina menjadi jawaban karena menyediakan menu andalan berupa paket nasi. Satu paket terdiri dari nasi serta lauk-pauk yang disuguhkan di atas nampan besar yang diberi alas daun pisang.

Andalan menu lain yang bisa dicoba antara lain, ikan lele goreng, ikan gurame goreng, cumi-cumi asam manis dan sebagainya.

8. Mie Kober

Pecinta selera pedas dalam bentuk mie tak boleh melewatkan wisata kuliner di Bali yang berikutnya, yaitu Mie Kober. Lokasinya ada di Jl. Bedugul Denpasar, nomor 37A.

Mie yang disajikan terdapat beberapa tingkat kepedasan, mulai dari yang biasa hingga level tertinggi dengan nama mie iblis dan mie setan.

Cara memasak mie bisa dibilang unik, karena diolah di atas pelat besi yang membara karena dipanggang di atas api. Bumbu mie yang dipadu kecap meresap sangat pas di lidah dengan kombinasi pedas hingga ke ubun-ubun. Bagi pecinta rasa pedas, menghabiskan mie setan atau mie iblis merupakan suatu tantangan yang harus dicoba.

Jangan khawatir, jika Anda tidak menyukai rasa pedas, masih banyak jenis mie-mie lain yang bisa dicoba atau memesan mie yang tidak pedas sama sekali juga bisa.

Nama unik seperti mie setan dan mie iblis, masih belum seberapa. Ada juga nama menu unik lain seperti es genderuwo. Jangan takut dulu ya, ini bukan es yang menyeramkan seperti genderuwo. Pada dasarnya, es ini terdiri dari aneka potongan buah-buahan, serta cendol dengan guyuran es serut serta sirup manis. Hampir masih ‘satu keluarga’ dengan es campur.

Jangan ragu untuk mencoba wisata kuliner di Bali yang enak, murah dan pasti bikin kenyang. Kepuasan liburan tidak hanya melihat pemandangan indah atau refreshing saja, kan? Wisata kuliner itu juga penting karena termasuk menyegarkan jiwa dan penangkal stres.

Siapa tahu Anda nanti juga bisa merekomendasikan wisata kuliner di Bali lainnya kepada teman atau kerabat yang akan berlibur ke Bali? Have fun holiday! (Jari Adventure-Detty Risetya-pic www.bali-indonesia.com)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

2 thoughts on “Wisata Kuliner di Bali (1) – 8 Rekomendasi yang Paling Terkenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *