Wisata Halal di Bali, Kuliner khas Pulau Dewata untuk Pelancong Muslim

Bali menjadi sebuah tempat tujuan wisata yang sangat populer di Indonesia, dan bahkan hingga mancanegara. Bagi kamu yang ingin berwisata ke Bali, ada baiknya juga untuk menikmati hidangan kuliner yang khas dengan Bali.

Bukan hanya dikenal sebagai tempat wisata yang sangat keren bali merupakan sebuah tempat yang menyajikan kuliner khas yang sangat menggoda lidah, tentunya juga akan memuaskan hasrat kuliner kamu.

Makanan dan kuliner khas Bali sendiri ada sangat banyak lho, mulai dari makanan ringan sampai dengan makanan berat yang bisa dinikmati. Jadi untuk kamu yang berencana liburan ke Bali dan belum mengetahui makanan dan kuliner khas pulau Dewata ini, mendingan baca dulu deh.

Berikut ini adalah makanan dan kuliner khas Bali menggoda iman yang pas untuk liburan, tenang halal kok.

Sate Lilit

Pertama tentunya kamu harus mencoba sate lilit. Wah, sate yang satu ini sudah sangat terkenal nih jadi makanan khas favorit dari Bali. Sate yang dibuat dari bahan daging yang dihaluskan ini, memiliki citarasa yang sangat khas lho.

Daging lembut yang sangat empuk membuat kita mudah untuk memakannya. Biasanya kita makan sate terkadang sangat sukar karena keras bukan?

Tapi tidak dengan sate lilit. Karena sate ini ditumbuk dan juga dicampur dengan bahan lain kemudian dikepalkan atau dililitkan ke tusuk sate.

Biasanya daging sate lilit ini bisa terbuat dari daging sapi, atau ayam tergantung dari si pembuat sate lilit.

Nasi Jinggo

Awal mula berada di Bali mungkin kalian akan bingung apasih yang disebut dengan Nasi Jinggo itu? Nah, Nasi Jinggo ini adalah sebuah makanan yang dibungkus dengan daun pisang (biasanya). Kalau di daerah Jawa Tengah dan Jogja sering disebut dengan Nasi Kucing di Angkringan.

Menurut beberapa sumber “Jinggo” berasal dari kata seribu limaratus dimana memang pasaran nasi Jinggo adalah seribu limaratus pada masa itu. Kalau sekarang mah sekitar 5000 an.

Tum Ayam

Olahan daging ayam dicampur dengan bumbu dapur seperti ketumbar, daun salam, serai, bawang merah dan bawang putih, serta bumbu lainnya akan sangat nikmat di lidah. Biasanya Tum Ayam bisa ditemui dengan dibungkus daun pisang.

Makanan ini banyak ditemukan di warung – warung atau pasar tradisional apalagi di pagi hari pasti sangat banyak yang mencari makanan yang satu ini.

Rujak Kuah Pindah

Nah, ini adalah makanan favorit yang mungkin tidak ada di daerah lain kecuali di Bali. Segarnya rujak buah yang diberi kuah pindang yang menambah citarasa yang sangat enak.

Bagi kamu yang doyan banget sama makanan pedas harus coba makanan ini deh, pasti kamu akan ketagihan nantinya.

Lawar Ayam Bali

Lawar merupakan makanan khas bali yang menggunakan campuran daging ayam dan sayuran yang dicincang. Dengan ditambahkan bumbu khusus khas Bali tentu kamu bisa membayangkan kelezatan makanan yang satu ini.

Makanan ini sangat cocok untuk dimakan bersama dengan sate lilit, ataupun Ayam betutu sehingga sangat menyegarkan untuk dimakan.

baca juga:

Bukan Cuma Gudeg! Inilah Daftar Wisata Kuliner Jojga Terupdate 2019

 

Tipat Blayag

Makanan khas Buleleng, Bali ini juga merupakan kuliner khas yang harus dicoba. Sajian kuliner ini mirip dengan lontong opor tapi sangat khas dengan citarasa bumbu bali yang sangat menonjol.

Dilengkapi dengan suwiran ayam, kacang kedelai menambah makanan ini menjadi sangat pas untuk dijadikan menu sarapan.

Ayam Betutu

Berbicara mengenai ayam betutu tentunya sudah tidak asing di telinga kamu pastinya. Ayam betutu ini terkenal dengan masakannya yang pedas dan juga enak.

Dengan proses memasak yang cukup memakan waktu yang lama dan cukup rumit ayam betutu ini sangat layak untuk anda coba.

***

Nah, jadi itu dia makanan khas bali dan kuliner bali yang wajib kamu coba. Jika berkunjung ke Bali silakan luangkan waktu untuk menikmati makanan khas tersebut karena akan menambah pengalaman dan juga wawasan kuliner khas nusantara yang sangat banyak.

Selain itu makanan khas bali juga memiliki berbagai citarasa yang berbeda, yang bahkan tidak dimiliki oleh daerah yang lain. Selamat mencoba makanan khas bali ini.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.