Wajib Dicicipi, 8 Kuliner Otentik yang Hanya Ada di Brunei Darussalam

Negara Brunei Darussalam adalah salah satu Negara di kawasan ASEAN dengan luas yang hampir sama dengan Bali, Indonesia. Meskipun Brunei adalah Negara yang tergolong kecil, namun Brunei termasuk salah satu Negara terkaya di dunia, lho! Brunei adalah Negara yang dipimpin oleh seorang Sultan.

Bagi Anda yang menyukai traveling mancanegara, Anda wajib mengunjungi Brunei sebagai destinasi wisata Anda. Brunei terkenal akan keamanan serta keramahannya untuk wisatawan lokal maupun asing. Selain tempat wisata bermain, Anda juga wajib menikmati wisata kuliner yang tersebar di Negara ini.

Makanan khas Brunei memiliki cita rasa tinggi yang tidak kalah dengan Negara-negara tetangga lainnya. Apa sajakah kuliner yang wajib dicoba ketika ada di Brunei? Mari kita simak berikut ini.

  1. Ambuyat

Kuliner ini mirip seperti Papeda dari papua dengan tekstur seperti lem dan lengket berwarna putih agak bening. Tak lupa, dilengkapi berbagai lauk seperti sup ikan, ikan goreng, sambal dan cah kangkung. Makanan tradisional ini sangat digemari oleh masyarakat serta menjadi kuliner incaran wisatawan asing.

Cara menikmatinya yang unik dan rasanya yang gurih membuat Ambuyat menjadi populer. Untuk memakannya, biasanya adalah menggunakan sendok atau sumpit kayu yang tebal.

Kemudian, digulung – gulung dan dicampurkan ke sup ikan dan sambal. Persis seperti memakan Papeda dari Papua.

  1. Soto Brunei

Soto khas Brunei memiliki rasa yang tidak jauh berbeda dengan soto khas Indonesia. Seperti soto di Indonesia, soto Brunei memiliki isian suwiran ayam, irisan daging sapi, babat sapi, potongan telur rebus, kuah bening kecoklatan dan taburan seledri serta bawang goreng.

Soto Brunei sering kali dijumpai di berbagai resto atau foodcourt yang tersebar di Brunei. Jangan khawatirkan soal rasa karena rasanya dijamin enak dan mantap.

  1. Soto Babu Nini

Tidak berhenti di satu varian soto, soto Babu Nini juga menjadi favorit dan incaran wisatawan asing. Hanya saja, varian isi soto ini agak berbeda pasalnya berisi mie kuning yang tebal, irisan daging sapi atau ayam, kuah bening serta taburan seledri dan bawang goreng.

Jika Anda mengeksplorasi kuliner di Brunei, soto ini wajib untuk Anda coba.

  1. Belutak

Dari segi nama memang sedikit terdengar aneh, namun ternyata belutak memiliki rasa yang lezat dengan bentuk simple sehingga muat dan gampang dibawa kemana-mana.

Belutak sendiri adalah sosis sapi yang dipotong-potong lalu diberi bumbu rempah dan asam. Warnanya adalah cokelat kehitaman dan ada yang dijual dengan tidak di potong yaitu dalam bentuk melengkung atau setengah lingkaran.

  1. Kuih Celurut

Kuih adalah Kue dalam bahasa orang Brunei. Kue celurut sendiri adalah kue yang terbuat dari tepung beras, gula merah, santan dan garam lalu dibungkus dengan daun kelapa muda dengan bentuk kelongsong.

Jajanan ringan ini memiliki rasa yang gurih dan cocok untuk mendampingi teh. Bisa juga dijadikan sebagai jajanan oleh-oleh kepada orang yang dicintai.

  1. Kuih Cincin

Kue yang satu ini memiliki bentuk yang berlubang seperti cincin dan terbuat dari adonan tepung beras, gula pasir, gula merah, dan dicampur air.

Alat cetak yang digunakan berbentuk seperti kembang goyang lalu digoreng di minyak panas. Kue yang biasa disajikan saat hari raya atau pesta ini banyak ditemukan di Pasar Tamu Kianggeh.

  1. Kuih Sapit

Kue yang satu ini bisa dibilang sangat mirip dengan semprong yang ada di Inonesia. Kue yang mendapat pengaruh Belanda ini terbuat dari tepung gandum, santan, telur, gula pasir, dan garam lalu diletakkan di atas cetakan dan dipanaskan hingga agak kecoklatan. l

Lalu dilepas dan digulung berbentuk segitiga sebelum mengeras. Anda bisa membeli jajanan ini untuk dijadikan oleh-oleh dan bandingkan dengan semprong Indonesia.

Baca juga:

Oleh-oleh Kekinian, Yuk Borong 5 Produk Khas Bali yang Sedang Hits

  1. Pulut Panggang

Jajanan yang satu ini terbuat dari beras ketan, santan, gula, dan garan lalu dimasak hingga mendidih dan dibungkus daun pisang lalu dipanggang.

Pulut Panggang ini memiliki rasa yang lezat dan dapat membuat Anda ketagihan dalam menikmatinya. Biasanya pulut memiliki isian daging iris atau serundeng yang dapat membuat Pulut menjadi lebih nikmat.

Itulah beberapa kuliner khas Brunei yang wajib Anda coba ketika berlibur ke Brunei. Beberapa di antaranya memang mirip dengan Indonesia, namun tidak ada salahnya Anda mencoba sekaligus mencari perbedaan jajanan tersebut.

***

Ingin liburan ke destinasi di Nusantara dan manca negara? Serahkan urusan perjalanan wisata kepada ahlinya, Jari Adventure. Sejak 2001, melayani berbagai kebutuhan wisata, seperti outbond, gathering, study tour, exhibition, dan lainnya. Nikmati petualangan wisata yang bebas ribet dan lebih menyenangkan bersama Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *