Wahai Pecinta Mie! Coba Yuk 14 Kuliner Mie khas Nusantara yang Bikin Nagih

Dari anak – anak hingga orang dewasa semuanya suka dengan sajian terbuat dari mie. Tak begitu mengherankan, pasalnya mie rasanya nikmat dan gurih. Aroma bawang goreng yang sedap semakin menambah selera.

Oleh karena itu, di seluruh Nusantara sangat mudah menjumpai kuliner yang terbuat dari mie. Bahkan, masing – masing daerah punya ciri khas sajian mie yang otentik. Mau tahu apa saja jenis kuliner mie yang ada di Indonesia? Yuk, kita kuak satu per satu:

1. Mie Celor, Palembang

Berasal dari Palembang, Sumatera Selatan konon mie celor adalah spaghetti-nya Indonesia. Mie kuning yang pipih dan lurus, disajikan bersama kuah kental yang gurih terbuat dari santan dan kaldu udang. Hmm… dijamin nagih!

2. Mie Aceh, Aceh

Pecinta selera pedas, bisa mencoba mie aceh. Sajian mie ditambah topping udang, kepiting, atau cumi – cumi dan berbagai bumbu rempah yang menendang lidah.

3. Mie kocok, Bandung

Hadir di kota Bandung, penggemar mie pasti sudah tak asing dengan mie kocok. Disebut mie kocok karena proses memasaknya memang mie ditempatkan dalam wadah saringan berlubang yang dikocok – kocok dalam air mendidih. Mie yang piopih disajikan dalam kuah sedap yang kental dari kaldu daging sapi. Kemudian ada tambahan irisan kikil sapi, bakso, bawang goreng dan seledri. Duh, perut mulai lapar nih!

5. Mie Cakalang, Manado

Wilayah perairan Manado yang berlimpah kekayaan laut menciptakan mie cakalang unik. Mie dibuat dengan aroma ikan cakalang yang khas. Tersedia dalam rasa mie kuah atau mie goreng kering.

6. Bakmi Jawa, Jogja

Kuliner mie asal Yogyakarta ini tersedia dalam 3 varian rasa. Yaitu, mie kuah, mie goreng dan setengah kering. Di dalam mie ada tambahan kol, tomat, daun bawang, bawang goreng, dan potongan telur serta daging ayam.

7. Mie koba, Bangka

Keunikan mie koba ada pada kuah kaldu yang berwarna coklat. Didapat dari tambahan gula aren dan ikan tenggiri. Tak dipungkiri, rasa kuahnya gurih dan segar. Apalagi, ada tambahan telur rebus, seledri dan bawang goreng.

Baca juga:

Oleh-oleh Kekinian, Yuk Borong 5 Produk Khas Bali yang Sedang Hits

 

8. Mie Ongklok, Wonosobo

Saat ini mie ongklok sudah langka di Wonosobo. Terbuat dari rebusan mie dan kol, kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari tepung kanji menyerupai bubur. Topping daun kucai, bawang goreng dan cabai.

9. Mie tiaw, Pontianak

Mienya berbentuk pipih dan lebar dengan tambahan topping tauge, daging sapi, babat dan sawi.

10. Mie koclok, Cirebon

Sepintas melihat penampilannya, mie koclok memiliki kuah yang berwarna putih kental mirip bubur. Kuah putih ini didapat dari tepung maizena, kaldu ayam dan santan. Sehingga rasanya gurih dan nikmat.

11. Mie lethek, Bantul

Dari Bantul, ada mie lethek. Disebut lethek karena kuahnya yang berwarna cokelat. Lethek sendiri dalam bahasa Jawa berarti ”keruh”. Nah, warna ini merupakan campuran dari tepung singkong dan tapioka.

12. Mie kopyok, Semarang

Bila di Bandung ada mie kocok. Maka, di Semarang ada mie kopyok. Rasanya, lezat meskipun tanpa bumbu yang macam – macam. Hanya bawang putih, merica dan garam. Sementara itu, kuah kaldu akan disiram dalam semangkuk mie kopyok yang berisi tauge, lontong, tahu pong dan mie kuning. Pelengkapnya ada kerupuk gendar yang istimewa khas Semarang.

13. Mie lendir, Kepulauan Riau

Nah, kalau yang satu ini mie lendir namanya. Kuahnya berwarna cokelat karena terbuat dari bumbu kacang. Mie lendir bisa disajikan dengan telur rebus, tauge dan daun bawang, seledri serta bawang goreng. Agar tidak terlalu eneg, pecinta kuliner sering menambahkan irisan cabai rawit untuk menambah selera.

14. Mie titi, Makassar

Kelezatan mie khas Makassar yang satu ini biasanya digoreng hingga kering alias tanpa kuah. Kemudian, ditambah bakso goreng, daging ayam dan sawi. Bila berminat, juga bisa ditambah kuah kaldu kental yang rasanya gurih dan pedas. Lebih mantap lagi, ditambah acar agar tidak eneg.

Selamat menikmati 14 sajian mie khas Nusantara ya.. Pastikan Jari Adventure sebagai mitra perjalanan wisata Anda ke seluruh destinasi di Indonesia.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.