Tour ke Malang ~ Goyang Lidah di 8 Tempat Wisata Kuliner khas Malang

malang
Sumber Foto : www[dot]initempatwisata[dot]com

Tour ke Malang termasuk dalam destinasi wisata favorit yang ada di dalam negeri. Hawa pegunungan sejuk, udara segar, pemandangan alam memukau ditambah kini banyak wahana permainan untuk keluarga yang bermunculan seperti jamur menyebar di kota Malang dan kota Batu.

Di musim liburan maupun tidak, Tour ke Malang tetap menjadi pilihan banyak pelancong yang memesan ke Travel agen wisata. Misalnya, pas liburan akhir pekan. Biasanya, para wisatawan tak mau repot mencari harga tiket murah sendiri, melainkan menyerahkan segala urusan liburan ke Travel agen Wisata. Bukan hanya dari kalangan keluarga saja yang kepingin berlibur. Tak sedikit pula wisatawan dari kalangan instansi atau pegawai perusahaan, ataupun study tour yang memesan paket Tour ke Malang selama beberapa hari.

Dalam setiap aktivitas liburan dan berwisata, wisata kuliner tidak bisa dilewatkan sama sekali. Maklum lah, urusan perut tidak bisa dikesampingkan. Mana mungkin liburan bisa berlangsung ceria tanpa perut yang kenyang? Nah, soal perut dan lidah, kota Apel selalu siap menyambut para wisatawan terutama penggemar kuliner dengan aneka sajian yang membangkitkan selera.

Anda pasti penasaran, kira-kira tempat wisata kuliner mana saja yang bisa disinggahi selama Tour ke Malang? Jangan khawatir, kami punya rekomendasi 8 tempat wisata kuliner khas Malang bagi Anda yang sedang berwisata atau melakukan Tour ke Malang:

Tour ke Malang, Goyang Lidah di 8 Tempat Wisata Kuliner khas Malang

Toko Oen

Toko es krim yang dibuka sejak 1930 ini dahulu merupakan tempat nongkrong atau bersantai para noni-noni Belanda dan para warga Belanda yang ada di kota Malang. Segar dan manisnya es krim dari Toko Oen, harus Anda coba. Ada berbagai jenis es krim langka yang tidak bisa ditemui di tempat lain. Sudah begitu, suasana tempo dulu sangat kental menghiasi ruangan. Ada piano kuno, foto-foto kota Malang tempo dulu, meja dan kursi antik. Semua interior dan perlengkapan dipertahankan seperti aslinya. Usai menyantap es krim lezat, bolehlah Anda berfoto-foto dengan gaya tempo dulu yang ceria.

Soto Geprak Mbah Djo

Siapa yang tak suka soto? Dingin-dingin dan setelah capek berkeliling kota selama menikmati Tour ke Malang, saatnya menikmati soto legendaris milik Mbah Djo. Soto ini tergolong dalam kategori soto dok, alias soto geprak. DIbilang legendaris karena sudah terkenal mulai 1935. Soal rasa tak perlu Anda ragu. Pengalaman dan kualitasnya sudah teruji selama hitungan abad. Selain soto, ada menu lain yang bisa dicoba seperti bakso, ayam goreng atau bebek goreng plus sambal.

Bakso President

Bisa dikatakan, menu yang paling populer di kota Malang adalah bakso. Ya, tidak perlu heran. Suasana kota Malang yang sejuk dan cukup dingin di malam hari, membuat para wisatawan yang datang akan terasa lebih nikmat jika ditemani semangkuk bakso yang panas mengepul dan sambal. Bakso President adalah salah satu tempat kuliner bakso yang paling populer di kota Apel. Bahkan, pada jam makan siang, para pembeli harus rela antri demi menikmati semangkuk bakso yang berada tepat di belakang eks bioskop President ini.

Café Jagung Jaya Abadi

Selain bakso, menu atau lebih tepatnya jajanan lain yang bisa dinikmati adalah jagung. Nah, Café Jagung Jaya Abadi adalah jawaban yang tepat untuk menuntaskan keinginan mengemil Anda. Di sini tersedia jagung bakar aneka rasa. Di antaranya rasa pedas, keju, cokelat, dan sebagainya. Mulai dari orang dewasa sampai anak-anak pasti akan senang menikmati jagung bakar di tempat ini. Oiya, jangan lupa juga untuk memesan STMJ hangat yang akan membantu mengusir hawa dingin di malam hari ya.

Warung Ronde Titoni

Urusan mengusir hawa dingin malam kota Malang, ada satu lagi kuliner nikmat yang sehat, yaitu Wedang Ronde. Yang paling populer adalah Warung Ronde Titoni yang sudah populer sejak 1948. Kalau malam hari, tempat ini super ramai dengan kalangan muda maupun wisatawan yang ingin menikmati wedang ronde hangat atau semangkuk angsle panas. Dijamin, kelezatannya akan tetap terbayang meski Anda sudah pulang dari Tour ke Malang.

Rumah Makan Cairo

Beralih ke menu yang lebih berat alias mengenyangkan, cobalah mencicipi masakan khas Timur Tengah di Rumah Makan Cairo yang ada di Jl Kapten Tendean No. 1. Di sini masakan khas Timur Tengah tersaji lezat persis seperti yang biasa disuguhkan di restoran negara Arab atau Turki. Ada nasi kebuli, sate, gulai, roti maryam, serta martabak dan masih banyak lagi menu-menu menerbitkan selera lainnya.

Depot Hok Lay

Jangan salah, Tour ke Malang Anda juga bisa lho mencicipi sajian khas oriental seperti masakan Cina. Ingin bukti? Datang saja ke Depot Hok Lay yang ada di Jl. KH Ahmad Dahlan. Mulai sekitar tahun 1946, Depot Hok Lay sudah memiliki penggemar tersendiri di kota Malang. Menu-menu yang disajikan tidak jauh dari menu khas Tiongkok seperti Lunpia ala kota Semarang, Cwie Mie, Pangsit, dan lainnya.

Suasana khas kedai atau tempat kuliner tempo dulu masih dipertahankan hingga kini. Perabot kayu, lantai tegel khas tahun 1950-an, kemudian jendela kaca yang berukuran besar serta pintu utama yang besar selalu setia menyambut kehadiran para pengunjung yang lapar dan ingin mencicipi sajian khas oriental.

Keunikan Depot Hok Lay, ada pada minumannya. Namanya, fosco. Minuman bersejarah dan legendaris ini bahkan menjadi lambang atau ikon dari Depot Hok Lay. Jika dilihat lebih detail, minuman ini seperti es susu coklat. Hanya saja, agar lebih praktis dan awet, dikemas dalam botol kaca berukuran sekitar 300-500 ml. Konon, pada masa penjajahan Belanda, warga Belanda yang bermukim di kota Malang sangat menyukai minuman ini. Bahkan, resep asli minuman fosco juga diperoleh dari orang-orang Belanda pada waktu itu yang dipertahankan dari segi rasa dan kualitasnya hingga sekarang.

Pos Ketan Legenda 1967

Agak melipir sedikit jauh dari kota Malang, tepatnya di Alun-alun kota Batu, Anda bisa menjumpai warung atau kedai kecil yang menyajikan ketan aneka rasa. Pos Ketan Legenda 1967 namanya. Kalau sudah musim liburan, Pos Ketan Legenda 1967 akan sangat padat dan dipenuhi pembeli. Jangan heran jika saat membeli harus rela berebutan atau berdesak-desakan agar segera dilayani.

Untuk mencicipi kuliner ketan keju atau ketan bubuk sangat mudah. Anda cukup datang ke Alun-alun kota Batu, lalu menuju arah ke Jl KH Agus Salim. Papan nama kedai sudah terpampang lebar dan mudah ditemukan. Hanya saja, semua pembeli harus memiliki ekstra kesabaran karena ruang atau kapasitas tempat duduk terbatas sekitar 20-25 orang saja. Selebihnya, Anda mungkin harus memesan dan membungkus untuk dibawa pulang karena lokasi tak memungkinkan untuk menampung semua pembeli.

Menu-menu ketan yang bisa dipilih di antaranya, ketan dengan topping keju, susu kental manis cokelat, ayam, hingga bubuk kacang. Yang paling banyak dipesan dan menjadi primadona adalah menu ketan durian. Jangan khawatir, jika Anda ingin begadang atau sekadar menghabiskan malam di kota Batu selama Tour ke Malang, Pos Ketan Legenda 1967 adalah pos yang tepat. Pasalnya, Pos Ketan Legenda 1967 beroperasi mulai pukul 15.00 sampai menjelang subuh sekitar 03.00 pagi. Asyik, kan?

Tour ke Malang tak akan komplit tanpa menikmati kuliner khas yang tersedia di kota Malang. Dari berbagai menu yang ada, manakah yang menjadi pilihan Anda? Yuk, Tour ke Malang dan segera rasakan sendiri kelezatan wisata kuliner khas Malang favorit Anda, kami selalu siap 24/7 memenuhi keperluan perjalanan wisata Anda dan keluarga. (JariAdventure-Detty Risetya)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

One thought on “Tour ke Malang ~ Goyang Lidah di 8 Tempat Wisata Kuliner khas Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *