Terpikat Rasa Nikmat dan Sehat Mie Titi-Makassar

Kota Makassar atau yang disebut Ujung Pandang memiliki beragam kuliner menarik yang siap menggoyang lidah anda. Salah satu yang populer adalah coto makassar, eits tapi ada yang tak kalah terkenal yakni Mie Titi. Mungkin nama Mie Titi masih terdengar asing bagi sebagian orang, karena Mie Titi lebih populer dengan julukan Mie Kering. Bagi anda yang masih belum tahu apa itu Mie Titi, yuk simak ulasan jariadventure.co.id kali ini!

Sesuai dengan namanya, sebelum disajikan mie digoreng terlebih dahulu hingga kering. Mie Kering Makassar pertama kali diracik oleh seseorang keturutan Tionghoa bernama Ang Kho Tjao. Berkat rasanya yang enak, mie keringnya pun mulai banyak dikenal orang pada awal tahun 70 an. Bisnis tersebut akhirnya turun menurun kepada generasi selanjutnya untuk terus mengembangkan kuliner asal Makassar yang satu ini.

Yang unik dari Mie Titi adalah sausnya yang kental karena terbuat dari telur, tepung pengental dan sayur. Tepung yang digunakan tak lain adalah tepung maizena. Irisan seledri, bawang dan taburan bawang goreng menambah sedap salah satu kuliner yang berasal dari Sulawesi Selatan ini. Seporsi Mie Titi biasanya dibanderol dengan harga Rp 20.000, cukup terjangkau untuk seporsi mie dengan bermacam lauk ikan laut, seperti udang.

Meski dapat dibilang cukup populer, sayangnya di luar daerah Makassar belum banyak yang menjajakan Mie Titi. Melihat peluang yang begitu besar, mie kering asal Makassar ini bisa menjadi rekomendasi untuk anda yang ingin memulai bisnis di bidang kuliner.

Baca juga: Mie Kocok, Kuliner Khas Bandung Menggoyang Lidah

Resep Sederhana Mie Titi Yang Bisa Dicoba di Rumah

Untuk anda yang pernah mencoba dan merindukan rasa Mie Titi mungkin bisa coba membuat sendiri di rumah, bahan yang digunakan juga mudah dicari. Seperti mie telor, sawi, cumi, dada ayam, ati ampela ayam, bakso ikan, udang dan daun bawang. Bisa ditambahkan cabai rawit dan jeruk nipis, sementara bahan untuk bumbu berbeda lagi.

Jenis mie yang digunakan adalah mie dengan diameter kecil dan tidak begitu keriting. Terkadang mie terlebih dahulu dipotong menjadi kecil – kecil sebelum digoreng. Mie Titi disajikan lengkap dengan saus kental, irisan ayam, hati, cumi, udang, jamur, cocok disantap selagi hangat. Sekilas memang mirip dengan I Fu Mie, yakni masakan tionghoa berupa mie kering yang disiram saus. Biasanya untuk menambah cita rasa pedas, bisa juga ditambahkan dengan cabe rawit telah dicampur cuka. Rasa pedas – asam dan gurihnya saus Mie Titi berpadu menjadi satu.

Kedai Mie Titi Populer di Makassar

Salah satu rumah makan Mie Titi di Makassar yang terkenal akan kelezatan rasanya adalah Mie Titi Daya berada di Jalan Perintis Kemerdakaan, Daya. Tempatnya lumayan besar sehingga bisa menjadi pilihan tempat makan bersama keluarga atau rombongan. Agar semakin nikmat, juga tersedia jeruk nipis yang dihidangkan di pinggir piring untuk menciptakan rasa yang sedikit masam. Kedai ini buka dari siang hingga menjelang larut malam, pelayanannya juga cukup baik. Mienya renyah dan kuahnya yang kental selalu berhasil membuat ketagihan. Yuk, datang ke Makassar dan cicipi kelezatan Mie Titi.

Tempat kuliner Mie Titi Makasar di Jakarta

Berwisata kuliner ke berbagai daerah di Indonesia, ternyata tak perlu jauh – jauh berkunjung langsung ke tempat asalnya. Tak terkecuali, untuk kuliner mie titi Makassar. Di Jakarta sendiri, sudah ada beberapa tempat atau resto khas Makasar yang menyajikan menu khas Bugis, mie titi Makassar ini.

Sebelum perut makin protes karena minta diisi, yuk buruan meluncur ke beberapa tempat makan yang menyajikan menu mie titi Makassar di Jakarta berikut:

  1. Kedai Pelangi, Jl. H. Agus Salim nomor 18 B, Menteng, Jakarta Pusat

Telepon: 021-31908839/3151999

  1. Sulawesi @ Kemang, Jl. Kemang Selatan Raya No. 2A, Jakarta Selatan

Telepon: 021-7803809

  1. Makassar Seafood Pelangi, Jl. Johar, No. 16, Menteng, Jakarta Pusat

Telepon: 021 3156571 atau 021 3103372

  1. Raja Konro Daeng Naba, Jl. Ampera Raya No. 49, Cilandak, Jakarta Selatan

Telepon: 021-78841963

  1. Aroma Makassar, Jl. KH Abdullah Syafei No. 23, Tebet, Jakarta Selatan

Telepon: 021 8304652 atau 021 8304658

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *