Terancam Punah, 11 Kuliner khas Nusantara yang Sudah Jarang Ditemui

Indonesia memiliki kuliner yang bahkan tak bisa dihitung jumlahnya. Varian rasa dari kuliner Indonesia juga sangat beragam. Semua dibedakan berdasarkan keberagaman suku hingga budaya sehingga setiap daerah akan memiliki kuliner dengan cita rasa yang berbeda pula.

Kuliner khas Indonesia juga kaya akan rempah seperti cabai, kemiri, lengkuas, kencur, jahe, kunyit, dan rempah lainnya. Cita rasa akan rempahnya itulah yang membuat kuliner Indonesia beragam hingga terkenal di mancanegara.

Namun, seiring perkembangan jaman dan berkembangnya teknik di dunia memasak, beberapa kuliner di Indonesia terkena dampaknya.

Dengan adanya bahan pokok yang semakin modern, munculnya berbagai tempat makan dan restoran, hingga menjamurnya fast food dimana-mana membuat banyak orang meninggalkan makanan khas mereka.

Beberapa makanan di Indonesia semakin langka dan tersingkirkan. Apa saja makanan Indonesia yang diklaim menjadi makanan khas yang mulai langka?

1. Mie Lethek

travelingyuk.com

 

Siapa yang mengenal makanan yang satu ini? Mie Lethek merupakan salah satu makanan khas asal Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Mie yang satu ini memiliki warna sedikit kusam dan terlihat kurang menarik mata. Itulah mengapa mie ini dinamakan Mie Lethek.

Mie ini cukup sehat karena dibuat dari bahan tepung tapioka, lalu diolah dengan manual serta tanpa tambahan bahan pengawet di dalamnya.

Mie Lethek biasanya diolah menjadi mie goreng, mie pedas, dan sebagainya. Sayangnya, mie ini sudah jarang ditemukan di Yogyakarta, apalagi kota lainnya.

2. Pecel Semanggi

okezone.com

 

Pecel adalah makanan khas Indonesia yang sangat populer. Namun, ada apa dengan pecel Semanggi? Pecel Semanggi adalah makanan khas asal Surabaya dengan bahan baku yang unik yaitu rumput semanggi.

Sekilas memang terlihat mirip pecel, namun perbedaannya terletak pada bumbu nya sendiri yang diberi petis serta tambahan ketela rambat.

Pecel Semanggi juga biasanya ditambah dengan rebusan kecambah dan krupuk uli. Krupuk uli ini biasa digunakan sebagai sendok untuk makan pecel.

Alasan mengapa pecel Semanggi sudah mulai jarang ditemukan karena rumput semanggi itu sendiri sudah sulit didapatkan. Oleh karena itu, banyak penjual pecel Semanggi yang sudah gulung tikar dan tidak lagi menjual makanan ini karena terbatasnya bahan baku.

3. Sayur Babanci

sahabatkotatua.id

 

Kuliner sayur yang satu ini berasal dari Betawi. Sayur Babanci biasanya disajikan saat acara tertentu atau hari-hari besar. Namun, keunikan dari sayur ini terletak pada isian dari makanan ini sendiri.

Di dalamnya tidak ada sayuran sama sekali, namun berisi daging sapi, daging kelapa muda serta petai. Kuahnya dengan cita rasa asam pedas bersantan. Apa yang membuat sayur Babanci ini langka? Itu karena bahan baku dari sayur ini sulit untuk diperoleh.

4. Bubur Bassang

wowkeren.com

 

Jenis bubur yang satu ini bersal dari Makassar. Bubur Bassang terbuat dari jagung pulut atau jagung ketan yang dicampur dengan santan, tepung terigu, air, gula dan garam.

Bubur ini sangat nikmat apalagi disantap selagi hangat. Sayangnya, bubur ini sudah mulai langka karena termasuk makanan tradisional yang jarang dijual oleh orang-orang.

Oleh karena itu, popularitas bubur ini menurun bahkan banyak yang tidak mengenalnya.

Baca juga:

Bukit Jaddih Madura, Ukiran Bebatuan Kapur Seindah Cappadocia Turki

 

5. Ikan Cuka (Ikan Cuko)

global.cpcdn.com

Ikan Cuko adalah makanan khas kota Padang. Masakan ini terbuat dari ikan sisiak yang digoreng bumbu dan ditambahkan bawang utuh, cabai utuh, serta bumbu rempah-rembah.

Setelah itu, ikan akan ditambahkan cuka asam. Ikan Cuko ini memiliki cita rasa yang gurih dan menyegarkan karena menggunakan cuka asam di dalamnya.

6. Gulo Puan

sportourism.id

Kuliner selanjutnya adalah kuliner khas Palembang yang memiliki cita rasa manis. Gulo Puan terbuat dari susu kerbau yang dimasak bersamaan dengan gula pasir.

Susu akan diaduk terus selama 3 hingga 4 jam hingga menghasilkan tekstur yang padat. Alasan mengapa Gulo Puan menjadi langka adalah susu kerbau semakin sulit untuk diperoleh. Sehingga membuat makanan ini jarang diketahui oleh banyak orang.

7. Kue Rangi

bibitresep.blogspot.com

 

Jajanan yang satu ini masih lumayan banyak yang menjualnya, terutama di daerah perdesaan. Kuliner Rangi adalah makanan khas Betawi yang dibuat dari tepung kanji dengan campuran kelapa parut lalu dipanggang menggunakan kayu bakar atau arang.

Biasanya, kue Rangi disajikan dengan tambahan gula merah cair agar rasa semakin nikmat. Anda masih bisa menemukan kue ini di beberapa tempat seperti pasar tradisional.

***

Pastikan liburan dan berwisata kuliner, Anda selalu menggunakan jasa agen travel wisata Jari Adventure yang memberi pelayanan prima. Hubungi HP : 0812-22279979 atau WA : 0877-78906999 untuk pemesanan dan info lebih lanjut.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.