Tempat Ciamik Beli Oleh-Oleh Khas Bandung (Bagian 1)

Bersilaturahmi ke rumah saudara atau kerabat yang ada di Kota Bandung, tentunya tidak lengkap jika pulang tanpa membawa oleh-oleh. Jika bingung mencari kuliner khas Bandung sebagai buah tangan, berikut beberapa tempat oleh-oleh khas Bandung yang wajib Anda datangi.

Kartika Sari

Nama Kartika Sari sangat popular di kalangan para wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung. Selain menyediakan beraneka ragam makanan, mulai dari kue dan jajanan pasar, rasanya pun sangat lezat dan terjamin kualitas maupun higienitasnya. Dari sekian banyak varian makanan yang ada di toko ini, bollen merupakan oleh-oleh khas yang banyak diincar untuk dibawa pulang ke daerah asal. Cita rasanya pun bermacam-macam, mulai dari bollen pisang, keju, peuyeum, cokelat, dan kacang hijau.

Asyiknya lagi Toko Kartika Sari ini memiliki beberapa cabang yang tersebar di Kota Bandung, sehingga memudahkan pembeli untuk mendapatkan oleh-oleh khas Bandung. Dengan pusat di Jalan Ir. H. DJuanda, kawasan Dago, ada juga yang berlokasi di jalan Kebon Kawung, Kebun Jukut, Antapani, Kopo Sayati, Buah Batu, dan Raya Timur. Jangan sampai kehabisan ya!

Rumah Sosis

Buat penggemar daging olahan yang satu ini, tempat oleh-oleh khas Bandung ini tidak boleh terlewatkan untuk mampir ke Rumah Sosis, yang berada di Jl Setiabudi 295, arah dari Bandung ke Lembang. Di sini, Anda dapat mencoba dan membeli berbagai jenis dan rasa sosis, hasil racikan resep sendiri. Mulai dari Beef Garlic, Black Pepper, Beef Bockwurst, Mini Bockwurst, Cheesy Super, Mini Cheesy, dan Big Bockwurst.

Tempat yang menyediakan versi matang untuk dimakan di tempat dan mentah sebagai oleh-oleh, memiliki tema Eat, Swim, dan Play. Jadi tidak hanya menjual sosis saja, Rumah Sosis menyediakan sarana yang lengkap terutama bagi keluarga.

Ada banyak permainan yang disediakan, seperti kolam renang, ATV, mini motor cross, flying fox, trampoline, kolam pancing, rumah pohon, fun climbing, kuda tunggang, lorong sesat, perahu sosis, playland, dan masih banyak lagi. Perut kenyang, hati senang, pulangnya pun sudah bawa oleh-oleh bagi keluarga di rumah, lengkap!

 

Baca Juga : Floating Market Lembang, Salah Satu Destinasi Wisata Favorit di Bandung

 

Batagor Riri

DIambil dari singkatan baso tahu goreng, Batagor Riri ini menjadi pelopor kuliner khas Bandung ini, yang kemudian diikuti oleh brand-brand lainnya, yang menawarkan menu serupa. Batagor ini sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu batagor kuah dan kering.

Untuk yang berjenis kuah terdiri dari satu batagor dan satu siomay lengkap dengan kuah kaldu yang lezat dan gurih. Sedangkan yang kering dibedakan dengan penambahan bumbu kacang dan kecap manis. Sebagai tempat oleh-oleh khas Bandung, beli batagor matang dengan harga di bawah sepuluh ribu rupiah, yang bisa bertahan selama tiga sampai empat hari di dalam kulkas.

Gepuk Ny. Ong

Selain Batagor Riri, hidangan gurih lainnya yang wajib ditambahkan dalam daftar oleh-oleh khas Bandung adalah Gepuk Ny. Ong. Gepuk sendiri merupakan sajian berbahan utama daging sapi, yang juga dikenal dengan nama empal. Proses pembuatannya terbilang lama dan rumit, sehingga menghasilkan daging yang empuk dan bercitarasa lezat.

Diawali dengan daging paha sapi yang dikukus hingga empuk, kemudian dipotong-potong, dan dipukul sampai pipih. Setelah itu dilanjutkan dengan dimasak dalam campuran bumbu dan rempah-rempah selama satu hari satu malam hingga meresap. Sebagai oleh-oleh, Anda bisa membawa pulang daging yang disiapkan setengah matang, sehingga bisa digoreng kembali dalam waktu dua menit.

Selain beef original, juga terdapat pilihan rasa lainnya seperti chicken original, chicken spicy, beef salty, dan beef less sugar. Satu buah gepuk dihargai antara Rp 7.000-12.000, sesuai dengan jenisnya. Untuk membeli panganan yang dinikmati dengan nasi dan sambal ini, Anda dapat mengunjungi stand-nya di Jalan Pasir Kaliki, Jalan Djunjunan, Jalan Buah Batu, dan Jalan Setiabudi.

Kopi Aroma

Tidak hanya makanan saja yang bisa dijadikan oleh-oleh, kopi pun dapat menjadi buah tangan yang spesial, terutama bagi anggota keluarga atau kerabat pecinta minuman berkafein ini. Yuk mampir ke Kopi Aroma yang beralamat di Jalan Banceuy Nomer 51, Sumur Bandung atau berada di sekitar kawasan Braga.

Di sini Anda bisa membeli beragam kopi berkualitas, tapi tidak sampai menguras kantong. Kemasannya yang tampak jadul makin membuat oleh-oleh ini unik dan berbeda, daripada yang lainnya.

Nah siap berburu oleh-oleh khas Bandung? Yuk kunjungi tempat oleh-oleh khas Bandung yang disebutkan ini sebelum balik ke kota asal. (jari adventure-det-image : sebandung.com)

 

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.