Tak Diduga, 17 Makanan Asli Indonesia Ini Populer di Belanda

Makanan Asli Indonesia – Sempat menjajah negara Indonesia selama 350 tahun, tak pelak membuat kebudayaan orang – orang Indonesia dan Belanda turut berasimilasi.

Selain kebudayaan dan bahasa, setidaknya menu dan sajian khas Indonesia juga mempengaruhi selera orang Belanda dalam memilih makanan. Orang Belanda suka dengan jenis masakan yang berbumbu kaya dan mempunyai cita rasa kuat. Mungkin itu sebabnya, mereka menjajah bangsa Indonesia yang memiliki banyak perkebunan rempah  dan bumbu masakan.

Terlepas dari hal itu, sebenarnya kita masih patut bersyukur, sekarang di Belanda sudah banyak berdiri restoran – restoran khas Indonesia dan tak pernah sepi pembeli. Apa saja jenis makanan asli Indonesia yang mencuri hati orang Belanda? Yuk, simak terus..

Rendang

Menjadi makanan terlezat ranking satu di dunia versi situs lonely planet.  Tak ayal menjadikan rendang sebagai favorit di kalangan lidah masyarakat Belanda. Sajian daging sapi empuk yang dilumuri berbagai rempah dan cita rasa pedas memang menampar di lidah. Tak pernah gagal menggoda selera untuk mencoba.

Nasi Goreng

Bukan hanya Presiden Amerika Obama saja yang senang nasi goreng, orang Belanda pun tergila – gila dengan menu legendaris ini. Bahkan, nasi goreng menjadi makanan terlezat ke-3 di dunia setelah tergeser menu juara Rendang khas Padang dan Tom yam dari Thailand.

Gado-gado

Orang Belanda suka makan sehat yang terdiri dari banyak sayuran. Nah, gado – gado melengkapi selera mereka dengan isian selada, tempe, tahu, kerupuk, lontong serta diguyur saus kacang yang sedap.

Ayam Goreng

Ayam goreng mungkin mudah dijumpai di Texas atau Kentucky, tapi kalau versi Indonesia, Ayam goreng Pop khas masakan Padang paling nampol dan juara kelezatannya.

Sate

Bosan dengan steak, jadikan sate sebagai alternatif makanan. Menu asli Indonesia berupa potongan daging yang dipotong kemudian ditusuk memakai batang lidi ini dipanggang di atas bara arang. Disajikan bersama saus kacang yang gurih. Wow.. meledak di mulut!

Bakwan Jagung atau Dadar Jagung

Aroma bakwan jagung yang memikat langsung membuat siapa saja yang mencium ingin segera mencomot memasukkan ke dalam mulut. Termasuk orang Belanda.

Baca juga: 7 Tempat Nongkrong Cozy di Bandung Untuk Liburan Rame-rame Bareng Teman

Lontong Cap Gomeh

Lontong Cap Gomeh merupakan menu yang dikombinasikan dari menu khas orang Tionghoa di Indonesia pada masa lampau. Ketika penjajahan berlangsung, masyarakat pribumi mengembangkan dan kemudian resepnya terbawa hingga ke negeri kincir angin.

Sambal Goreng Tempe

Agak sulit menemukan tempe di negeri tulip. Tetapi, sekalinya bisa menemukan, menu sambal goreng tempe pasti ludes. Selain rasa pedas, gurih dan asam manis. Sambal goreng tempe juga bisa awet selama beberapa hari sebagai lauk.

Opor Ayam

Daging ayam yang dimasak bersama kuah santan ini menciptakan perpaduan aroma yang sangat sedap dan gurih. Sampai – sampai orang Belanda saja jadi kepincut.

Sayur Lodeh

Terdiri dari kacang panjang, tahu dan tempe serta kuah santan yang gurih, menu asli Indonesia ini menjadi menu sehari – hari masyarakat di Indonesia. Ternyata, orang Belanda juga sangat menyukainya lho!

Perkedel

Sulit mendapatkan beras sebagai makanan sehari – hari, di Belanda masih bisa dijumpai jagung. Kemudian, jagung bisa ditumbuk dan diberi bumbu rempah untuk dijadikan perkedel. Rasanya yang gurih dan sedap tidak hanya cocok sebagai lauk. Tapi juga kudapan menjelang sore. Nyamm…

Tahu Isi

Kerap dijajakan di pinggir jalan, Tahu Isi ternyata mengundang minat orang Belanda untuk mencoba. Tahu goreng yang dibelah kemudian diisi wortel cincang, daging dan taoge. Kemudian, digoreng lagi dengan adonan tepung. Kress… nikmat di mulut!

Pisang Goreng

Pisang goreng yang renyah di luar tapi lembut di dalam menyisakan kenangan manis untuk selera orang Belanda.

Es Campur

Sejak zaman penjajahan pun, es campur sudah banyak disajikan. Sebagai hidangan penutup para bangsawan ataupun hidangan pesta para baron dan meneer.

Es Dawet atau Cendol

Sembari bersantai di siang hari, orang Belanda senang mencicipi es dawet atau es cendol yang memakai manisnya gula merah atau gula kelapa.

Kue Wajik

Manis dan lembut. Tak heran jika kue wajik jadi dambaan orang Belanda yang berkunjung ke Indonesia.

***
Liburan sambil jelajah kuliner menjadi kegiatan wajib para traveller. Pastikan untuk menjadikan Jari Adventure sebagai mitra terbaik menemani langkah Anda menjelajahi tempat wisata dan destinasi terlezat dengan paket liburan yang ramah bujet.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *