Suka yang Manis? Coba 15 Camilan Asli Jepang untuk Penggemar Gula

Kebanyakan orang Indonesia memiliki lidah yang cocok dengan kuliner Jepang. Dibuktikan dengan menjamurnya restoran Jepang di Indonesia yang sangat diminati masyarakat.

Selain makanan berat, kini Anda dapat mencoba camilan khas Jepang. Camilan Jepang ini dapat Anda jadikan pendamping teh saat bersantai maupun bekerja.

Bagi para penggemar manis, Anda pasti suka dengan camilan berikut ini. Mari kita simak rekomendasi camilan manis khas Jepang untuk menemani liburan Anda.

1.    Yokan

Yang pertama adalah yokan, hidangan penutup yang terbuat dari agar-agar, pasta kacang merah, serta gula. Bentuknya seperti balok yang didalamnya terdapat buah kesemek, kacang adzuki, serta chestnut cincang.

Sebagai makanan yang ringan, Anda bisa memakannya di mana saja. Sayangnya, makanan ini mengandung gula cukup tinggi sehingga Anda harus mengontrol jumlah asupannya tiap hari.

2.    Manju

Camilan manis yang satu ini memiliki kulit luar yang tipis dari bahan tepung, kudzu, bubuk beras, dan soba. Isiannya berupa pasta kacang adzuki rebus yang sudah dicampur dengan gula.

3.    Daifuku

Camilan ini pasti disukai banyak orang. Daifuku tradisional terbuat dari kacang adzuki serta mochi. Namun kini, Daifuku memiliki beragam variasi seperti ichigo daifuku yang popular di musim stroberi.

Di dalamnya terdapat stroberi untuh yang asam sehingga cocok sebagai suguhan di sore hari.

4.    Dango

Dango berbentuk bulat kecil yang terbuat dari adonan tepung beras dan diulen dengan air panas. Sedikit mirip dengan cilok Indonesia, namun susunannya terdiri 3-5 butir dalam satu tusukan bambu.

Biasanya, Dango dihidangkan dengan dicelupkan ke saus khas Jepang dengan rasa manis dan asin.

5.    Senbei

Camilan yang satu ini memiliki rasa manis sekaligus gurih. Cracker ini diminati oleh segala usia karena terbuah dari tepung beras dan dibakar di atas arang. Sederhana, namun sangat nikmat ketika dimakan saat santai.

6.    Dorayaki

Mengenal dorayaki? Makanan yang digemari oleh doraemon di film Doraemon asal Jepang. Makanan ini memiliki bentuk bundar dan sedikit tebal karena terdiri atas 2 panekuk yang direkatkan pada kacang merah.

Dorayaki memiliki beberapa varian seperti Shiroan dengan kacang putih, serta adzuki dengan kacang merah. Untuk Indonesia, ternyata ada dorayaki lokal versi cokelat dan keju.

7.    Ohagi

Selanjutnya adalah Ohagi yang terbuat dari beras ketan dan pasta azuki yang selanjutnya dikemas dengan tangan disekeliliing bola beras ketan. Seperti klepon, namun beda varian rasa.

Baca juga:

6 Makanan Kaki Lima Populer di Korea Selatan

 

8.    Monaka

Camilan manis khas Jepang ini terbuat dari dua wafer renyah yang ditengahnya terdapat selai kacang adzuki. Wafernya terbuat dari mochi, sedangkan selai kacang adzuki bisa diganti dengan kacang, kue beras atau mochi, serta biji wijen.

9.    Taiyaki

Untuk camilan ini pasti sudah pernah Anda lihat. Camilan berbentuk ikan ini memiliki bagian atas dan bawah yang dipanggang terpisah, dan disatukan menggunakan selai kacang merah.

Tak hanya kacang merah, biasanya kue ini diisi denga vla, keju, cokelat, hingga sosis.

10.  Kintsuba

Kacang adzuki memang juara dalam membuat camilan, salah satunya adalah Kintsuba yang terbuat dari campuran kacang adzuki dan tepung, lalu dicelupkan dalam adonan telur dan kemudian digoreng. Biasanya berbentuk kubus atau silinder.

11.  Warabi Mochi

Siapa sih yang tidak suka dengan teksture kenyal dari Warabi Mochi? Camilan ini mengganti beras ketan dengan menggunakan tepung bracken sehingga sedikit berbeda dari mochi tradisional.

Biasanya, Warabi Mochi ditutupi dengan bubuk kinako dan kuromitsu untuk saus.

12.  Uiro

Kue kukus tradisional Jepang ini terbuat dari gula serta tepung beras dengan variasi rasa yang banyak seperti teh hujau, yuzu, kacang adzuki, serta stroberi.

Dengan tekstur yang kenyal, uiro sedikit mirip dengan mochi.

13.  Anmitsu

Anmitsu merupakan camilan tradisional musim panas Jepang yang berupa agar-agar jeli dengan sajian pasta kacang merah di atasnya.

Biasanya diisi dengan beragam potongan buah seperti irisan persik, nanas, jeruk, serta ceri merah. Bisa juga ditambahkan dengan kuromitsu di atasnya.

14.  Karinto

Bentuk dari Karinto seperti silinder pendek dan khas dengan warna cokelat. Rasanya juga renyah karena terbuat dari campuran tepung, ragi, serta gula merah.

Ukurannya memang hanya segigitan dan termasuk makanan ringan popular di Okinawa dan Kyushu. Biasanya Karinto hanya dilapisi oleh gula merah, namun kini muncul variasi lain seperti gula putih, miso, biji wijen, serta kacang tanah.

15.  Suama

Manisan Jepang yang satu ini terbuat dari ketan, tepung beras, gula dan air panas serta ditandai warna merah di makanannya. Warna pink dan putih mewakili keberuntungan.

Itulah beberapa camilan manis khas Jepang yang wajib dicoba untuk menemani waktu bersantai Anda. Jadi, camilan mana yang ingin Anda coba?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.