Sudah Pernah Coba Nasi Lemak? Yuk, Cicipi Makanan Khas Kota Tanjung Pinang

Pernah berkunjung ke Kota Tanjung Pinang? Kota ini merupakan ibukota dari Provinsi Kepulauan Riau. Masyarakatnya sebagian besar merupakan Suku Melayu.

Kota ini juga terkenal akan wisata alamnya, lho! Mulai dari wisata pantai hingga laut. Bagi Anda yang akan berlibur ke Riau, pastikan untuk lebih mengeksplore wisata alamnya yang menakjubkan.

Tak hanya itu, Kota Tanjung Pinang juga memiliki makanan khas yang berciri khas kan Melayu. Kapan lagi menikmati kuliner khas Tanjung Pinang yang bernuansakan Melayu di kota lain?

Cita rasanya yang khas tentu tidak mudah untuk Anda temukan di kota-kota lainnya. Berkunjung ke suatu wilayah yang baru tentu saja kurang lengkap tanpa mengeksplore kuliner khasnya.

Dengan begitu, pastikan diri Anda untuk mencoba beberapa makanan khas Kota Tanjung Pinang saat berkunjung ke kota ini. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1.    Mie Lendir

Dari Namanya mungkin Anda akan merasa sedikit asing dan juga aneh. Jangan membayangkan yang tidak-tidak dulu, ya!

Siapa sangka, mie lendir adalah salah satu menu kuliner khas yang diandalkan serta paling popular di Tanjung Pinang. Bahkan, menjadi menu yang sangat diminati oleh para wisatawan.

Mengapa dinamakan mie lendir? Itu karena mie ini memiliki kuah yang kental dan bisa dibilang mirip seperti lendir.

Rasanya sangat nikmat, lho! Kuah mie lendir terbuat dari bahan dasar berupa kacang tanah, gula merah, ubi jalar, serta terigu.

Kuahnya kental dan berwarna cokelat. Wanginya yang harum membuat siapapun yang akan mencicipinya menjadi semakin lapar.

Tak perlu bingung untuk mencari kuliner yang satu ini. Salah satu warung yang dikabarkan memiliki menu mie lendir paling sedap adalah Warung Pak Sumardi. Lokasinya berada di Jalan Bintan.

2.    Sei Enam Seafood Restaurant

Tanjung Pinang memiliki wisata alam berupa pantai dan laut yang begitu indah. Dengan begitu, wajar saja jika kota ini terkenal akan seafoodnya yang melimpah ruah.

Daerahnya pun lebih dominan ke perairan sebab berada di provinsi kepulauan.

Untuk menikmati hidangan seafoodnya, salah satu tempat yang direkomendasikan untuk Anda adalah Sei Enam Seafood Restaurant. Restoran ini memiliki makanan seafood dengan rasa terbaik dan sedap.

Ada beragam jenis hidangan seafood dengan bumbu yang sangat khas. Mulai dari hidangan udang, ikan, cumi, kepiting, hingga lobster. Setiap hidangan di restoran ini pasti dapat membuat Anda ketagihan untuk kembali datang ke sini.

Lokasinya cukup strategis, yaitu di Jl. Usman Harun No. 31, Teluk Keriting, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Uniknya lagi, Anda bisa menikmati makanan di ruangan terbuka sambil melihat indahnya lautan yang eksotis. Anda juga bisa memilih ruangan tertutup dalam ruangan.

3.    RM Mie Tarempa

Ketika Anda berkunjung ke Tanjung Pinang, maka akan kurang rasanya jika tidak berkunjung ke Rumah Makan Mie Tarempa.

Mie tarempa sendiri adalah salah satu mie favorit yang ada di Tanjung Pinang. Cita rasanya yang asam pedas serta bumbu dengan rempah-rempah khusus membuat mie ini menjadi popular di kalangan masyarakat lokal hingga wisatawan, Melayu hingga Tionghoa.

Ketika memesan mie ini, Anda bisa memilih untuk disajikan dengan kuah atau tanpa kuah seperti mie goreng. Toppingnya juga bisa Anda pilih sesuai selera seperti daging ayam atau daging sapi.

Rumah Makan Mie Tarempa bisa Anda kunjungi di Jl. Dl. Panjaitan km. 7, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau dan buka dari pukul 6 pagi hingga 10 malam.

baca juga:

Jajanan Kaki Lima Terlezat, 7 Negara Paling Pas untuk Penggemar Kuliner

 

4.    Nasi Lemak Gesek

Salah satu masakan khas Melayu yang sering dijumpai adalah nasi lemak. Anda bisa menjumpai masakan nasi lemak yang khas di kawasan Tanjung Pinang.

Salah satu lokasi yang terkenal akan nasi lemaknya yang nikmat adalah di Jl. Gesek km. 21, Bintan, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Uniknya, warung ini sudah ada sejak tahun 1980-an, lho!

Anda bisa memilih beragam jenis nasi lemak seperti ayam, ikan, bahkan otak-otak yang terbuat dari daging cumi-cumi dan ikan.

Kunjungi warung ini saat waktu makan siang. Dijamin, Anda akan dibuat ketagihan saat mencicipi nasi lemak andalannya.

Setelah mengeksplorasi keindahan alam Tanjung Pinang, jangan lupa untuk menikmati kuliner khasnya yang tidak mudah Anda temui di tempat lainnya. Selamat mencoba!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.