Soto Banjar, Kuliner Terpopuler Asal Kalimantan Selatan

Soto Banjar Banyak sekali wisata yang ditawarkan Kalimantan Selatan, mulai wisata religi, wisata alam yang berupa laut, pantai, danau dan gunung, serta wisata budaya. Namun, saat berada di sana, Anda harusnya tak lupa untuk mencicipi kuliner Kalimantan Selatan yang khas.

Setiap daerah di Kalimantan Selatan mempunyai makanan sebagai ciri khas daerah masing-masing, sebut saja daerah Hulu Sungai Selatan yang terkenal dengan dodol dan ketupat khas kandangannya, Barabai dengan apam dan kacang jaruk, Martapura dengan kelepon buntut, Amuntai dengan kuliner daging itik, dan lain sebagainya. Tak mau kalah, suku terbesar di Kalimantan Selatan yaitu Suku Banjar pun punya kuliner khasnya sendiri yaitu Soto Banjar.

Keunikan Soto Banjar

Meski masakan ini sudah banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, mencicipi Soto Banjar langsung dari tempat asalnya pastilah sangat berbeda. Ulasan lebih jauh tentang Soto Banjar yang termasuk dalam salah satu hidangan tradisional terpopuler di nusantara dapat Anda simak dalam artikel berikut ini! Yuuuk…!

Soto Banjar merupakan makanan tradisonal dari Kalimantan Selatan, khususnya daerah Banjarmasin. Tak bisa dipungkiri, makanan berkuah yang lezat ini bahkan menjadi salah satu menu kuliner paling favorit di Indonesia. Berbeda dengan soto lainnya di Indonesia, Soto Banjar mempunyai keunikan dalam cita rasa dan juga penyajiannya.

Bahan-bahan Soto Banjar

Kuliner Soto Banjar menggunakan bahan dasar berupa ayam kampung pilihan. Kuahnya yang sedap terbuat dari campuran bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih dan merica serta rempah-rempah seperti kayu manis, pala, cengkeh dan bawang putih. Pada proses pembuatannya, ayam direbus bersama dengan garam, jahe dan daun salam hingga dagingnya empuk. Setelah dagingyang empuk  diangkat, tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama rempah hingga tercium bau harum. Kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi ke dalam air kaldu. Campuran kaldu ayam dan bumbu tumis inilah yang membuat kuah Soto Banjar bercita rasa sedap dan memiliki aroma yang khas.

Baca Juga: Obyek Wisata Pulau Maratua – Berau, Kaltim Yang Menawan

Penyajian Soto Banjar 

Penyajian kuliner asal Kalimantan Selatan ini juga nampak berbeda dengan kebanyakan soto di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari berbagai bahan pelengkap yang digunakan, seperti mie soun, ketupat yang dipotong kecil, perkedel kentang, irisan telur rebus, daun bawang dan juga batang seledri. Bahan pelengkap ini kemudian disajikan dalam mangkuk bersama ayam suwir dan diguyur dengan kuah beraroma rempah yang sedap. Untuk menambah cita rasa, Anda dapat menambahkan jeruk nipis, kecap manis, sambal dan bawang goreng ke dalam sajian Soto Banjar.

Cita rasa Soto Banjar

Soto Banjar memang populer karena memiliki citarasa yang unik. Rasa gurih dari kaldu dan bumbu yang menyatu dalam kuah soto menampilkan cita rasa yang kuat pada masakan ini. Selain itu, perpaduan bahan pelengkap yang beragam akan menciptakan sensasi yang berbeda saat menyantapnya. Menu Soto Banjar ini paling pas dinikmati saat siang hari yang terik ditemani kerupuk dan teh manis. Makan siang Anda akan terasa lebih nikmat dengan sajian makanan khas Kalimantan Selatan yang berkuah segar ini.

***

Bila ingin mencicipinya, Anda dapat menemukan Soto Banjar di warung soto di kawasan Banjarmasin dan sekitarnya. Kini, Soto Banjar tak hanya ditemukan di Kalimantan Selatan saja, namun telah menyebar di berbagai daerah lain di Indonesia.  Banyak warung yang menjajakan Soto Banjar ini untuk mengobati rasa kangen masyarakat akan masakan ini. Jadi, tak perlu lagi Anda jauh-jauh ke Kalimantan Selatan bila hanya sekedar ingin menikmati kembali kuliner istimewa Soto Banjar.

Biasanya, Soto Banjar ini tidak dijual secara solo, namun ada juga makanan khas Kalimantan Selatan lain yang dijual di warung-warung Soto Banjar. Menu lain yang dijual antara lain sate ayam, ikan bumbu habang, nasi kuning dan juga sop banjar. Untuk sop Banjar sendiri biasanya penyajiannya tidak menggunakan ketupat seperti Soto Banjar tapi menggunakan nasi. Yang pasti, semua masakan khas Kalimantan Selatan yang disajikan mampu menggoyangkan lidah penikmatnya.

Tips menikmati wisata kuliner di tempat wisata

Saat berlibur, hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah menikmati makanan khas daerah yang dijadikan destinasi wisata. Tidak asyik dong jika hanya menyantap menu fast food ataupun membawa bekal makanan instan dari pabrik. Nah, sebelum Anda kalap mencoba semua menu khas daerah tempat wisata yang dituju, yuk ikuti tips-tips menikmati wisata kuliner berikut:

Cari info dan pilih lokasi kuliner

Tentukan tempat kuliner dan jenis kuliner apa yang diinginkan, kemudian cari informasi melalui berbagai media termasuk media sosial, browsing internet maupun dari ulasan dan referensi situs-situs kuliner yang sudah ternama. Dalam satu tempat kuliner atau warung/restoran pun pasti sudah tersedia beraneka macam menu bagi pengunjung, tapi hanya ada satu atau beberapa menu primadona yang menjadi favorit. Nah, info inilah yang perlu Anda cari tahu agar wisata kuliner mendapatkan kesan yang memuaskan di daerah yang dituju.

 

Jangan lapar mata

Meskipun sedang tidak diet atau membatasi makanan, tetap saja Anda perlu memilih-milih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Perhatikan apakah kalori yang dimakan hari ini sudah berlebihan atau tidak. Jika tadi pagi Anda sudah sarapan nasi jamblang khas Cirebon, maka menu makan siang bisa lebih ringan kalori berupa salad atau gado-gado sayuran, kemudian baru makan malam dengan menu yang lebih berat. Ingat, liburan sambil wisata kuliner boleh-boleh saja, tetapi bukan berarti Anda boleh kalap makan dan lapar mata, kan?

 

Tanya harga per porsi

Ini yang selalu menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sudah begitu banyak kejadian para pelaku wisata kuliner yang ‘kecolongan’ karena menjadi target ‘pemerasan’ para oknum pedagang makanan yang tidak bertanggung jawab. Di beberapa kasus yang terjadi, ketika para turis luar daerah selesai makan dengan menu umum seperti nasi dan lalapan ikan, maka harga yang tertera di nota pembayaran mencapai Rp 1 juta rupiah, hal ini tentu sangat tidak masuk akal. Untuk seporsi nasi putih saja dibanderol hingga Rp 75 ribu rupiah. Maka dari itu, setiap pengunjung adalah raja. Jangan ragu untuk bertanya harga bila perlu bayar di depan ketika menu sudah tersaji. Setidaknya, Anda tidak ingin tertipu harga untuk makan nasi dan lalapan. Perut kenyang, hati pun senang, dan kantong tenang!

 

Pilih minuman air mineral

Satu tips tambahan saat wisata kuliner, sebaiknya Anda memilih menu minuman air mineral. Selain untuk memenuhi cairan tubuh, air mineral akan bersifat netral dan tidak membuat perut cepat kenyang. Air mineral juga relatif lebih aman untuk perut seorang traveler yang mungkin masih banyak agenda kegiatan jalan-jalan. Dari pada kopi, jus jeruk atau teh yang mengancam asam lambung, lebih baik pilih minuman yang aman-aman saja untuk perut.

 

Istirahatkan perut

Wisata kuliner bagi para pelaku wisata begitu menyenangkan dan mengenyangkan. Ada kalanya, ketika mengunjungi pasar kuliner atau food court, semua jenis makanan dibeli dan ingin dicoba. Eitss… jangan sampai Anda melakukannya ya. Paling tidak sistem pencernaan membutuhkan waktu 2 jam untuk memproses makanan yang Anda makan, jadi jangan sampai berlebihan saat wisata kuliner atau membeli makanan dari pada hanya terbuang sia-sia karena perut sudah tidak muat lagi.

***

Kuliner Soto Banjar memang fenomenal. Anda akan merasa ada yang kurang bila belum merasakannya, terutama saat Anda berkunjung ke Kalimantan Selatan. Selamat mencoba!  (jari adventure-det /img Intisari Online)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *