Sensasi Asam Manis Sirup Kawista Khas Rembang

Kabupaten Rembang merupakan salah satu tempat yang sering di sebut dalam sejarah karena merupakan tempat makam pahlawan pergerakan emansipasi wanita Indonesia, R. A. Kartini.

Tapi tahukah Anda jika daerah yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di bagian utara ini memiliki beberapa  kuliner minuman andalan, sebut saja wedang gaul, es legen dan Sirup kawista.

Dari ketiganya, yang paling membuat penasaran adalah Sirup kawista. Terbuat dari apakah minuman ini? Seperti apa sih rasanya? Atau masih banyak lagi pertanyaan yang mungkin muncul di benak Anda. Yuk simak uraian berikut ini. Semoga bisa menjawab rasa penasaran Anda ya.

Apa bahan pembuat sirup kawista?

Sesuai dengan namanya, Sirup kawista terbuat dari bahan utama yang berupa sari buah kawis. Jika Anda belum mengenal buah ini, Anda pasti bukan satu-satunya sebab buah ini memang tak sepopuler stroberi, mangga atau bahkan jeruk. Namun bagi warga Rembang sendiri, buah kawis sudah tidak asing lagi bagi mereka dan telah lama diolah menjadi Sirup kawista. Minuman ini memiliki rasa yang khas, ada sentuhan rasa manis serta asam serta berbau wangi khas kawis. Sebagian orang menyebut Sirup kawista ini sebagai Kola Jawa atau Java Cola.

Buah kawis yang langka

Menurut wikipedia, buah kawis adalah kerabat dekat maja dan masih termasuk dalam suku jeruk-jerukan (Rutaceae). Buah ini memang sudah jarang dijumpai, namun untungnya beberapa daerah kini mulai mengembangkannya.

Kawis akan tumbuh subur di daerah yang kering/panas salah satunya ya di daerah Rembang. Aslinya, buah kawis ini berasal dari India dan menyebar hingga ke Asia Tenggara terutama Jawa dan Nusa Tenggara.

Jika sudah matang, buah kawis berukuran sebesar genggaman tangan orang dewasa, memiliki kulit buah yang keras dan berwarna kelabu kecoklatan. Daging buah yang sudah matang akan berwarna coklat kehitaman. Jika ingin langsung menikmati buahnya, Anda bisa menambahkan gula pasir karena rasa buah kawis sendiri sangat asam.

Kuliner unik dan oleh-oleh khas Rembang

Kuliner unik Rembang Sirup kawista sendiri dibuat dari buah kawista yang dicampur dengan air dan gula. Tapi untuk membuat sirup ini yang segar dan enak pastinya dibutuhkan takaran-takaran tertentu, atau ditambahkan bahan-bahan khusus lain dan mungkin juga menggunakan teknik pengolahan khusus  yang tentunya menjadi rahasia si pembuat sirup.

Di kota Rembang, Anda bisa menjumpai beberapa produsen sirup ini tetapi yang paling terkenal adalah Sirup kawista cap “Dewa Burung.” Menurut warga sekitar,  merk ini disukai karena rasanya yang super enak dan buah kawisnya paling terasa kekhasannya. Dewa Burung juga dikenal sebagai pelopor pembuat dan penjual Sirup kawista di Rembang dan sudah berusia lebih dari 50 tahun.

 

Baca Juga : Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

 

Harga per botol sirup kawista

Sirup kawista biasanya dikemas dalam wadah botol kaca hampir sama dengan botol yang dipakai mengemas kecap. Untuk harga, harga sirup dengan isi 620 ml dibandrol sekitar 18 ribuan. Untuk membeli  kemasan yang lebih besar, Anda harus merogoh kocek yang lebih dalam yaitu berkisar antara 50 sampai 100 ribuan.

Tak hanya botol kaca, Sirup kawista juga di kemas dalam botol plastik yang memudahkan pembeli untuk membawanya terutama jarak jauh. Namun dari segi rasa, ada yang mengatakan sirup kemasan plastik tak seenak kemasan botol. Tak jelas apa yang menjadi sebab terjadinya  perbedaan rasa.

Mungkin saja karena bahan plastik mengandung lebih banyak unsur kimiawi buatan jadi bisa mengubah rasa sirup di dalamnya.

Jika Anda berniat memborong oleh-oleh minuman  khas Rembang ini, Anda tak perlu risau bakal busuk di jalan sebab Sirup kawista memiliki masa kadaluwarsa yang cukup lama yaitu sekitar setahun.  Untuk mendapatkan Sirup kawista merk “Dewa Burung,” Anda bisa mampir langsung ke Toko Dewa Burung di jalan Diponegoro Rembang. Anda juga bisa membeli sirup merk ini di toko-toko lain di Rembang tapi tentu saja dengan harga yang lebih mahal.

Bagaimana cara menikmati Sirup kawista yang pas?

Gampang saja ternyata. Anda bisa langsung menambah sirup dengan air dan akan terasa lebih nikmat bila sirup dicampur dengan es batu.

Karena rasanya yang khas, Sirup kawista telah lama menjadi buruan wisatawan dari seluruh penjuru tanah air bahkan juga wisatawan mancanegara untuk dijadikan oleh-oleh khas Rembang.

Permintaan akan sirup ini biasanya meningkat tajam pada bulan puasa dan lebaran karena cocok digunakan sebagai suguhan tamu yang datang bersilaturahim.

Tertarik berburu sirup ini untuk suguhan lebaran tahun ini atau para tamu di rumah? Sebaiknya segera membeli sirup kawista di toko oleh-oleh terdekat di kota Anda atau berlibur ke kota Rembang bersama keluarga di akhir pekan ya… (Jari Adventure-Det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.