Sego Godhok-Magelang, Citarasa Unik Kuliner Jawa Tengah

Magelang merupakan kota dengan hawa yang dingin, sehingga penduduknya tentu menyukai makanan yang hangat. Masyarakat Jawa Timur atau Jawa Tengah mungkin tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Biasanya dijajakan di warung – warung kaki lima pinggir jalan atau pedagang keliling. Jika mendengar mie godhog mungkin sudah biasa saja, bagi yang belum tahu arti kata godhog adalah rebus alias mie rebus. Tapi kalau sego godhog pasti membuat orang berpikir – pikir, dari artinya saja nasi rebus. Maksudnya gimana sih?

Mungkin anda akan berpikir nasi godhog adalah seporsi nasi lengkap dengan kuah seperti mie godhog, ya dugaan anda tepat! Tapi siapa sangka rasanya diluar ekspektasi, lho.

Rasanya Berbeda dengan Namanya

Sepintas nama Nasi Godhog atau Nasi Rebus memang terdengar nyeleneh, tapi ketika mencicipinya membuat anda tak ingin berhenti makan. Asin, gurih, manis berpadu menjadi satu cita rasa yang selalu berhasil menggoda selera. Makanan khas Magelang ini juga populer di Jogja. Kuah kentalnya yang berasal dari kaldu membuat mie ini semakin sedap dan nikmat.

Cara Membuat Mie Godhog  Sendiri Di Rumah

Membuat sego godhog mirip seperti mie godhog, hanya saja yang membedakan hanya menggunakan nasi sebagai bahan utamanya. Cara untuk membuatnya tidak lah rumit, begitu juga dengan bahan yang disediakan juga mudah untuk dicari. Bahan – bahan tersebut diantaranya nasi putih, mi yang telah direbus, sayur kol, tomat, kaldu ayam dan ayam goreng yang telah disuwir. Untuk bumbunya sendiri cukup menggunakan bahan – bahan standart, seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, merica serta garam.

Pertama – tama tumis semua bumbu hingga harum dan tuang air kaldu kedalam wajan. Tunggu hingga kaldu mendidih lalu masukkan nasi, mie basah dan potong beberapa bahan tambahan seperti tomat, kol atau suwiran ayam. Kalau anda pencinta rasa manis, bisa juga tambahkan kecap manis sesuai selera. Jika semua bumbu telah meresap, angkat dari wajan dan saatnya anda sajikan dengan secantik mungkin.

Rekomendasi Warung Sego Godhog di Kota Magelang

Bila anda datang ke Magelang, sempatkan diri untuk mampir ke “Depot Nasi Goreng Pak Broto”. Meski namanya depot nasi goreng, disini juga menjual Sego Godhog yang katanya terkenal maknyus. Perpaduan bumbu yang pas dan porsi ayam yang banyak membuat rumah makan ini selalu ramai oleh penikmat kuliner.

Tempatnya memang masuk ke gang sehingga tidak terlihat dari jalan raya, namun jika anda bertanya kepada Magelang pasti tahu karena kepopuleran rasanya. Lokasi tepatnya berada di Jl Noyoditan, Magelang. Dari arah Purworejo, sekitar 1 kilometer terdapat sebuah papan nama yang terletak di depan gang sebelah kiri jalan bertuliskan “Pak Broto”. Anda cukup masuk gang kurang lebih 100 meter di kanan jalan dan disanalah letak warungnya.

Baca juga: Kerak Telor Khas Betawi Nan Istimewa

Warung Pak Broto beroperasi setiap hari mulai pagi hingga malam. Selain menu sego godhog, masih ada beberapa menu pilihan yang menggoda selera. Seperti nasi goreng, bakmi jawa dan sebagainya.

Para pengunjung juga semakin betah berlama – lama di dalam warung makan Pak Broto Magelang karena suasana area makan yang sejuk, nyaman, serta dilengkapi dengan fasilitas free Wi – Fi.

Aroma bawang merah goreng yang begitu sedap dan menghidupkan selera semakin membuat nafsu makan berkobar – kobar.

Kuah kaldu yang gurih dan kental juga turut memeriahkan cita rasa semangkuk sego godhog khas Magelang.

Jika jalan – jalan ke Magelang dan ingin makan yang berkuah tapi bosan dengan menu soto atau rawon, coba saja menu sego godhog yang populer dan hits ini. Dijamin lidah bergoyang dan ketagihan.

Seporsi sego godhog biasanya dilengkapi dengan mie, suwiran daging ayam serta taburan bawang goreng yang mantap.

Harganya relatif masih terjangkau masyarakat luas, yaitu sekitar Rp 15 ribu saja. Orang bilang, harga tak masalah yang penting mendapatkan kualitas dan rasa sesuai harapan.

Penutup

Bagaimana? Ingin mencicipi kelezatan kuliner khas kota asal Candi Borobudur ini? Silahkan datang ke Magelang jika ingin langsung merasakan sensasinya nikmatnya Nasi Godhog.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.