Dijamin Ketagihan! Sego Cawuk dan Kuliner Langka khas Banyuwangi

Siapa sih yang tidak kenal dengan Kota Banyuwangi? Banyuwangi adalah salah satu kota di Jawa Timur yang sering menjadi destinasi liburan baik untuk wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Banyak orang juga singgah di Banyuwangi sebelum menyebrang ke Bali mengingat kota ini berada di ujung timur Jawa.

Ketika berkunjung ke Banyuwangi tentunya tidak afdol kalau kita belum mencicipi makanan khas kota tersebut.

Banyak kuliner khas Banyuwangi yang kelezatannya tidak kalah dari daerah Indonesia lainnya lho! Ini dia masakan khas Banyuwangi yang wajib kita cicipi ketika berkunjung ke kota tersebut:

Sego Cawuk

Mau makan yang segar-segar ketika berlibur di Banyuwangi? Tentu saja bisa! sego cawuk adalah nasi yang dipadukan dengan kuah parutan kelapa muda dan jagung muda yang dibakar.

Kita juga bisa memilih lauknya sendiri, misalnya saja ada telur, dendeng sapi, krecek, sampai berbagai jenis pepes.

Pondok Rujak Soto

Meskipun masakan satu ini namanya terlihat aneh, namun kelezatannya pun tidak perlu diragukan lagi. Soto ini cukup berbeda dari soto lainnya karena kuahnya yang bewarna hitam dan kita bisa merasakan adanya sensasi rujak di kuah tersebut.

Kelezatan rujak soto ini semakin nikmat dengan kehadiran telur rebus dan suiran daging yang gurih! Kita bisa menikmati kelezatan rujak soto ini mulai dari pukul 09.00 hingga 21.00 saja.

Sego Tempong

Bagi kamu yang bukan orang Jawa, pastilah belum tahu apa arti dari tempong. Tempong sendiri berari “tampar”, yang berarti ketika kita menikmati sego tempong maka akan puuas dengan kenikmatan yang ditawarkan masakan ini.

Harga sego tempong ini pun sangat terjangkau, di mana dengan budget Rp.10 ribu saja kita sudah bisa mendapatkan nasi putih, sayuran rebus, ikan asin, serta 3 ekor teri jengki beserta sambal.

Mie Kuah Warung Kepiting

Seperti namanya, warung satu ini memang menawarkan berbagai masakan yang dicampur dengan seafood. Warung ini memiliki kawasan parkir yang cukup luas sehingga cocok untuk kita yang berlibur ke Banyuwangi dalam rombongan.

Menu andalan dari warung ini memang kepiting dan kita juga bisa memilih menu lainnya yang tidak kalah enaknya.

Ayam Pedes Ibu Rantinem

Masakan ayam satu ini bukan sekedar ayam yang dimasak dengan bumbu pedas lho! Ayam satu ini dibakar dulu sebelum dimasak dengan bumbu pedas, sehingga bumbunya lebih terasa.

Kuliner khas Banyuwangi ini sudah dikenal sejak tahun 1970 silam dan masih banyak peminatnya hingga sekarang. Kita bisa mampir ke Ayam Pedes Ibu Rantinem ini mulai pukul 16.00 hingga 03.00.

Pecel Rawon

Rawon memang kuliner khas Jawa Timur yang tidak boleh dilewatkan, terlebih ketika kita mampir ke Banyuwangi.

Kuliner satu ini bukan kuliner biasa, karena pecelnya bukan disiram kuah kacang namun dengan kuah rawon yang membuat pecel terasa lebih nikmat.

Seporsi Pecel rawon adalah paket komplit karena banyaknya lauk dan sayuran yang dijamin akan membuat kita kenyang!

Pecel Pitik

Menu Pecel satu ini berbeda dengan pecel dari daerah lainnya mengingat kuliner ini masakan asli dari suku Osing.

Awalnya pecel pitik ini hanya bisa kita nikmati pada tradisi tertentu, namun karena banyaknya peminat maka pecel pitik mulai dijual secara bebas.

Cara mengolah pecel pitik ini cukup mudah yaitu daging ayam disuwir dan diurap dengan bumbu dan parutan kelapa.

baca juga:

Curug Cipanas Nagrak: Informasi Lengkap, Harga Tiket Masuk, dan Daya Tarik

 

Botok Tawon

Siapa di antara kita yang suka makan botok? Banyuwangi punya botok istimewa lho! botok tawon ini menggunakan sarang lebah yang membuat botok ini lebih lezat daripada botok lainnya.

Menariknya lagi, harga botok tawon ini juga cukup murah sehingga pas di kantong!

Sambel Lucu

Bagi kita pecinta sambel, maka sambel lucu ini juga tidak boleh terlewatkan. Sambel satu ini terbuat dari tanaman lucu, yang bentuknya menyerupai laos.

Penyajian sambel lucu ini biasanya dengan irisan kacang panjang dan cabai yang dipotong kecil-kecil sehingga membuat cita rasa sambel lucu ini semakin lezat.

Nah kuliner khas Banyuwangi mana yang bakal jadi pilihan kamu ketika belibur ke kota Banyuwangi? Jangan lupa pertimbangkan budget liburan supaya tabungan tidak habis hanya untuk kuliner ya!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.