Sego Angkruk, Kuliner khas Ponorogo yang Hampir Punah

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang menarik untuk dibahas. Berbagai destinasi wisata pun bisa menjadi tujuan liburan baik di pertengahan ataupun akhir tahun. Tidak heran jika wisatawan di Jawa Timur selalu meningkat dari tahun ke tahun karena penasaran dengan keindahan alamnya.

Selain dikenal akan keindahan alamnya, Jawa Timur juga memiliki banyak kuliner khas yang wajib untuk dicoba. Salah satu kuliner yang dimaksud di sini adalah kuliner sego angkruk. Apakah sudah ada yang pernah mencoba sego angkruk sebelumnya? Apa yang membuat kuliner asli jawa Timur ini istimewa? Nah daripada tambah penasaran, yuk simak keistimewaan sego angkruk satu ini!

Asli Ponorogo

Seperti yang disebutkan barusan, sego angkruk adalah kuliner asli Jawa Timur yang berarti dengan mudah kita bisa menemukannya di daerah ini – baik di pinggir jalan ataupun restoran. Namun sebenarnya dari mana sih sego angkruk berasal? Yup tepat sekali, sego angkruk adalah nasi kucing berasal dari Ponorogo. Berbeda dengan nasi kucing lainnya, lauk pada sego angkruk ini disusun dengan menumpuk sehingga memudahkan kita untuk menyantapya.

Sudah ada sejak jaman dulu

Memangnya sejak kapan sih sego angkruk ditemukan? Mengingat kuliner sego angkruk adalah makanan tradisional, berarti sego angkruk ini sudah mulai dinikmati sejak jaman dulu alias puluhan tahun lalu. Banyak masyarakat setempat yang mengatakan jika kuliner sego angkruk ini dulunya sebagai bekal bekerja di hutan. Sego angkruk sendiri dikenal sebagai makanan yang bisa tahan lama sehingga tidak heran jika petani ataupun orang jaman dulu membawa nasi ini sebagai bekal ketika bekerja.

Asal usul nama sego angkruk

Kenapa sih kuliner dari Ponorogo ini diberi nama sego angkruk? Layaknya memberi nama pada bayi ataupun suatu makanan, pastilah ada asal usul dari nama tersebut – sama halnya dengan sego angkruk. Nama sego angkruk ini memadukan dua kata dalam bahasa Jawa, di mana “sego” berarti nasi dan “engkruk” yang berarti di tengah. Dengan kata lain, sego angkruk adalah nasi dengan lauk yang ditumpangkan di atasnya. Berbeda dengan nasi pada umumnya yang harus disantap menggunakan piring, kita bisa menyantap kuliner sego angkruk langsung pada daun pisang yang berfungsi sebagai pembungkus lho! Oleh sebab itulah kita perlu berhati-hati ketika membuka bungkus sego angkruk karena isiannya yang berada di tengah.

Lauk yang beragam

Lalu apa yang membuat sego angkruk istimewa? Tentu saja banyak! Namanya saja nasi kucing, berarti kita bisa menyantap sego angkruk dengan berbagai jenis lauk. Misalnya saja kita bisa menikmati sego angkruk dengan tempe, tahu, ayam suwir, ikan, bahkan ada juga sambal teri. Jangan khawatir karena lauk untuk sego angkruk pun masih ditawarkan dengan harga terjangkau sehingga tidak akan membuat kantong jebol.

Pengolahan sego angkruk yang serba unik

Bukan hanya lauk pauknya yang istimewa, pengolahan sego angkruk ini pun juga berbeda dari nasi kucing lainnya. Mengingat sego angkruk termasuk hidangan yang tahan lama, maka nasi ini pun tidak boleh diolah main-main. Nasi untuk sego angkruk ini awalnya diolah dulu sampai setengah matang lalu ditata di dalam daun pisang. Jangan lupa untuk menambahkan lauk di tengah nasi setengah matang tadi yang nantinya lauk ini berfungsi sebagai lauk utama ketika menyantap sego angkruk. Setelahnya, sego angkruk ini masih perlu dikukus lagi selama kurang lebih satu jam hingga benar-benar matang. Sego angkruk yang sudah dingin pun bisa disantap bersama berbagai lauk pauk yang tidak kalah lezatnya.

Harga yang terjangkau

Apakah hanya itu saja keistimewaan dari kuliner sego angkruk? Tentu saja tidak! Satu lagi yang tidak boleh kita lupakan dari sego angkruk adalah harganya yang murah. Nasi kucing khas Ponorogo ini biasanya hanya ditawarkan di bawah Rp.10 ribu lho! Tentunya harga sego angkruk pun akan semakin mahal apabila kita memilih lauk berupa daging ataupun mengambilnya dalam jumlah banyak. Jangan lupa cek kantong sebelum mengambil banyak lauk untuk sego angkruk ya!

Nah pastinya semakin penasaran kan dengan kelezatan sego angkruk? Masih yakin mau melewatkan sego angkruk ini ketika berkunjung ke Ponorogo ataupun Jawa Timur? Dijamin menikmati sego angkruk dengan orang tersayang akan membuat liburan kita semakin berkesan!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.