Segeerr! Es Dawet Ireng dan 9 Kuliner Mudik khas Jalur Selatan yang Wajib Dicoba

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Di bulan ini pula orang-orang akan berbondong-bondong untuk pulang ke rumah masing-masing.

Hal ini biasa disebut dengan mudik. Sebagai negara yang sangat padat penduduknya, Indonesia tentu akan mengalami kemacetan parah ketika musim mudik. Apalagi saat menjelang lebaran.

Aktivitas mudik ketika menjelang lebaran pasti akan ramai di setiap jalurnya. Jika Anda mudik lewat jalur selatan, Anda bisa mampir sejenak untuk mencicipi kuliner daerah-daerah yang dilewati.

Anggap saja wisata kuliner sekaligus mudik.

Apa saja wisata kuliner yang wajib Anda coba ketika sedang mudik melalui jalur selatan? Simak berikut ini

1.    Soto Sekengkel

Kuliner pertama yang wajib Anda coba adalah Soto Sekengkel. Soto ini sangat popular di daerah Banyumas. Ciri khasnya terletak pada bumbu dan rempahnya yang khas, serta lengkap dengan irisan daging, jeroan sapi dan urat.

Apalagi dengan tambahan torpedo sapi yang dapat meningkatkan kejantanan pria sehingga soto ini sangat banyak dicari.

2.    Soto Sokaraja

Tak hanya Soto Sekengkel, kawasan Banyumas juga terkenal dengan Soto Sokaraja yang wajib Anda coba.

Soto yang satu ini berisi banyak bahan mulai dari ketupat, kubis, tauge, ayam suwir, bawang goreng, daun bawang, serta kuah panas yang disiram di atasnya.

Kuahnya sendiri terbuat dari rempah-rempah serta balungan sapi lalu direbus lama agar menghasilkan cita rasa yang sangat gurih. Sekali mencoba pasti akan ketagihan!

Tak hanya itu, Soto Sokaraja disajikan dengan tambahan taburan kacang halus. Bumbu kacang memang wajib ada di soto ini. Dijamin nikmat!

3.    Sate Bebek

Dari soto kini kita beralih ke sate. Sate yang satu ini menggunakan daging bebek sebagai bahan utamanya. Bebek yang biasanya dibakar atau digoreng kini dibuat menjadi sate. Seperti apa rasanya?

Tekstur dari daging bebek sendiri tidaklah keras dan tidak terlalu lunak pula. Biasanya, sate dihidangkan dengan bumbu kacang yang encer, irisan bawang merah, kecap, serta cabai secukupnya.

Rasanya sudah pasti manis dan gurih. Pantas saja sate bebek juga menjadi incaran para pelancong

4.    Sate Ambal

Sesuai Namanya, Sate Ambal adalah ikon dari wilayah Ambal, Kebumen. Sate ini menggunakan daging ayam sebagai bahan utama. Daging ayam akan direndam lalu kemudian dibakar.

Uniknya, sate ini menggunakan bumbu yang terbuat dari tempe yang dihaluskan sebagai penganti kacang. Sudah pernah mencoba?

Bumbu khasnya bisa dipisah dalam mangkok berbeda, disiram ke sate atau bisa juga dicocol.

5.    Nasi Penggel

Ketika melewati Kebumen, tak haya Sate Ambal saja yang bisa Anda cicipi. Coba juga Nasi Penggel. Kuliner ini merupakan nasi yang disiram dengan sayur nangka muda serta daun singkong yang dimasak dengan santan.

Lauknya menggunakan kikil, tempe, telur, dan juga tahu. Nasi akan dikepal membentuk bulatan sebelum disajikan.

6.    Rica-rica Entok

Dari Kebumen, kini kita beralih ke Purworejo. Di sini Anda dapat mencicipi hidangan Rica-rica Entok.

Daging entok yang telah dipotong kecil akan dimasak dengan bumbu rempah serta cabai merah dan cabai rawit yang sudah diulek halus.

Hidangan ini akan memberikan cita rasa pedas serta gurih sehingga dapat menggugah selera makan Anda. Ajak keluarga juga untuk menikmati hidangan yang satu ini.

7.    Mendoan

Dari makanan berat, selanjutnya Anda dapat menikmati cemilannya. Daerah Banyumas memiliki camilan khas berupa mendoan.

Mendoan adalah tempe yang dicelup tepung bumbu serta irisan daun bawang lalu digoreng dalam minyak panas.

Mendoan khas Banyumas lebih lebar dan juga tipis. Tekstur mendoan tidak renyah, itulah yang menjadi ciri khasnya.

8.    Es Badeg (Nira Kelapa)

Di daerah Kebumen terdapat minuman khas yang bisa melegakan dahaga setelah berpuasa seharian. Namanya Es Bedeg atau nira kelapa.

Es ini dapat Anda temui di deretan gubuk tepi jalan raya dengan botol air yang berwarna putih. Rasanya yang menyegarkan dan manis dapat mengembalikan energi yang terbuang setelah perjalanan jauh.

9.    Es Dawet Ireng

Es dawet memang identic sebagai minuman khas Purwokerto, namun es ini juga dapat Anda temui di Kebumen. Sesuai Namanya, dawet nya berwarna hitam yang terbuat dari abu merang.

Dawet disiram dengan santan serta gula merah cair. Akan lebih menyegarkan jika ditambah dengan es.

Itulah beberapa kuliner yang wajib Anda coba ketika mudik melewati jalur selatan. Selamat mencoba!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.