Sajian Lebaran Ala Rumahan, Simak 5 Tips Mengolah Karamel yang Lezat

Familiar dengan hidangan yang khas dengan caramel? Karamel sendiri merupakan hidangan yang terbuat dari gula yang telah mengalami karamelisasi. Karakteristik dari caramel adalah berwarna cokelat.

Warna ini berasal dari proses karamelisasi. Cita rasanya manis dengan tekstur konsistensi yang sedikit lengket sehingga caramel terasa lezat dan berbeda dari hidangan lainnya.

Karamel memang tidak dikonsumsi secara langsung. Biasanya, caramel dipadukan dengan beragam hidangan lain yang cocok dengan cita rasanya. Umumnya berupa hidangan dessert atau hidangan penutup.

Anda harus berhati-hati dalam menghidangkan caramel karena hika caramel dibiarkan terlalu lama, caramel bisa menjadi keras dan teksturnya menjadi tidak bagus. Dengan demikian, dessert atau hidangan yang dihasilkan menjadi tidak bagus.

Untuk menghindari proses pembuatan caramel yang kurang bagus, mari kita simak beberapa tips ampuh untuk mengolah atau memasak caramel dengan baik dan benar. Check this out!

1.    Pilih Peralatan Masak yang Benar dan Sesuai Kebutuhan

Peralatan masak yang akan digunakan untuk mengolah atau membuat caramel ternyata juga sangat berpengaruh. Hal ini berkaitan dengan proses masak dari caramel itu sendiri.

Gunakan panci yang berukuran agak besar. Dengan begitu, proses memasak caramel akan jauh lebih mudah karena caramel akan mendidih ketika panas sehingga muncul buih-buih panas.

Jika menggunakan panci yang kecil, dikhawatirkan buih panas tersebut mengenai tangan Anda. Panci besar tentu akan membuat buih yang meletus-letus itu tidak terkena area luar panci.

2.    Sesuaikan Karamel dengan Kebutuhan

Sebelum mulai memasak, pastikan Anda menentukan takaran caramel terlebih dahulu. Takaran caramel harus sesuai dengan kebutuhan diri Anda sendiri, entah sedikit atau banyaknya.

Dengan begitu, caramel tidak akan terlalu sedikit atau bahkan terbuang sia-sia nantinya. Porsi yang tepat akan membantu Anda dalam mengolah caramel.

Setelah menakar, pastikan caramel yang jadi nantinya akan terpakai semua tanpa ada yang berlebih.

3.    Memastikan Diri untuk Selalu Memantau Warna dari Karamel Saat Proses Memasak

Memasak caramel tidak semudah apa yang dipikirkan banyak orang. Memang tidak perlu menambahkan bumbu-bumbu apapun, namun Anda harus tetap memantai proses memasak caramel agar warna yang dihasilkan tetap cantik.

Hal ini harus diperhatikan agar menghindari caramel yang gosong dibagian bawah. Karamel dengan warna yang bagus dan cantik tentu juga akan membuat hidangan Anda semakin indah nantinya.

Karamel berwarna cokleat juga terasa manis saat dicicipi.

Tingkat kematangan caramel bisa dilihat dari warnanya. Jadi, Anda harus cermat dalam memperhatikan warna caramel sekaligus menentukan waktu saat akan mengangkatnya.

4.    Selalu Aduk dan Cium Aroma Karamel

Sembari memperhatika tingkat warna dan kematangan caramel, pastikan Anda selalu mengaduk agar caramel bisa matang merata.

Proses pengadukan juga bisa membuat caramel terhindar dari gosong di bagian bawah dan semakin lezat untuk dikonsumsi.

Selain itu, aroma dari caramel juga dapat menentukan tingkat kematangan. Pastikan caramel menghasilkan aroma wangi dan lezat khas caramel pada umumnya.

Jika karamel berbau apek dan seperti gosong, caramel tentu tidak akan bagus seperti yang diinginkan.

baca juga:

Waspada Penipuan! Begini Tips Memilih Paket Tour Murah yang Terpercaya

 

5.    Hati-hati Ketika Akan Menyajikan Karamel

Setelah karamel matang sempurna, Anda tetap tidak boleh lengah. Pindahkan caramel ke tempat yang bersuhu sejuk. Bisa juga langsung mengolahnya menjadi permen atau hidangan yang telah Anda persiapkan.

Penyajian caramel harus berhati-hati karena akan sangat panas jika kulit Anda terkena caramel. Namun, jangan dibiarkan terlalu lama karena caramel akan mengeras dan tidak mudah digunakan.

Caramel adalah makanan kesukaan banyak orang. Rasanya yang manis dan teksturnya yang unik memang membuat caramel sering digunakan sebagai topping di dessert.

Tetapi, tetaplah berhati-hati dalam memasak caramel agar caramel tetap manis dan lezat. Selamat mencoba!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.