Rekomendasi Kuliner Halal Terbaik di Minahasa untuk Muslim Traveller

Liburan adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh siapa saja mengingat momen inilah momen berharga bersama orang tersayang.

Berlibur di Indonesia pun tidak ada habisnya karena banyak kepulauan yang menarik untuk dikunjungi. Sulawesi adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia yang juga menarik perhatian wisatawan karena keindahan alamnya.

Apakah hanya keindahan alam saja yang ditawarkan oleh Sulawesi? Tentu saja tidak! Kita juga bisa mencici berbagai kuliner halal khas Minahasa yang sulit untuk ditemukan di daerah lainnya.

Pastinya penasaran kan apa aja kuliner yang ternyata asli Minahasa? Nah berikut adalah beberapa makanan halal terbaik khas Minahasa yang bisa kita dapatkan!

 

Tinutuan

Bisa dibilang tinutuan adalah salah satu kuliner khas Minahasa yang wajib kita cicipi ketika berkunjung ke Sulawesi Selatan.

Tinutuan sendiri merupakan makanan yang sudah berumur ratusan tahun, mengingat makanan ini sudah ditemukan sejak jaman penjajahan Belanda.

Mengolah tinutuan pun cukup mudah, yaitu dengan memasak bubur bersama berbagai macam sayuran seperti kemangi, jagung, kangkung, labu kuning, dan juga bayam.

Meskipun tinutuan disajikan tanpa daging, kelezatannya tidak perlu diragukan lagi lho! Saat ini, kita bisa menyantap tinutuan dengan berbagai macam lauk seperti ikan asin, perkedel jagung, ataupun sambal roa yang terkenal akan kepedasannya!

 

Cakalang fufu

Penasaran dengan citarasa olahan ikan khas Sulawesi Selatan? Tandanya kita perlu menyantap cakalang fufu nih!

seperti namanya, olahan satu ini merupakan kuliner khas Minahasa berbahan utama ikan cakalang dan terkadang bisa diganti dengan ikan tongkol.

Banyak wisatawan yang memburu cakalang fufu karena hidangan ini terkenal akan kelezatannya.

 

Sate kolombi

Bosan dengan sate ayam? Yuk coba sate kolombi! Berbeda dengan sate dari daerah lainnya, sate kolombi khas Minahasa ini berbahan dasar keong lho.

Bumbu dari sate kolombi ini juga menggunakan kacang sebagai bahan utamanya, namun bercita rasa pedas. Untuk kita pecinta pedas, jangan lupa cicipi sate kolombi ya!

 

Woku

Siapa di antara kita yang suka pedas? Jangan sampai melewatkan woku ya! Woku adalah kuliner khas Minahasa yang memiliki citarasa super pedas.

Dijamin kita akan ketagihan ketika menyantap woku karena masakan ini memiliki wangi yang khas dari daun wokanya.

Isian woka pun beragam, misalnya saja bisa ikan ataupun ayam. Berbagai rempah pun juga terasa ketika kita menyantap woka mengingat bahan bakunya yang menggunakan serai, daun jeruk, kemangi, dan ada juga daun pandan.

 

Nasi jaha

Ingin makan berat ketika di Minahasa? Tidak usah khawatir, kita bisa menyantap nasi jaha kok! Banyak yang berpendapat jika nasi jaha memiliki kemiripan dengan nasi lemang, di mana bahan dasar nasi jaha adalah beras dan ketan.

Tidak lupa berbagai rempah pun dipadukan ketika mengolah nasi jaha, misalnya saja ada jahe, bawang merah, bawang putih, bserta garam.

Satu hal yang membuat nasi jaha spesial adalah cara pengolahannya yang dibakar lalu dipotong menjadi bagian kecil-kecil. Dijamin kita akan ketagihan ketika menyantap nasi jaha!

 

baca juga:

Perut Lapar Keroncongan? Ini Dia Kuliner Terbaik Asli Batam, Dijamin Bakal Ketagihan!

 

Pangi

Pernah membayangkan bagaimana rasanya daun kluwak? Ketika berkunjung ke Minahasa, pangi adalah makanan berikutnya yang tidak boleh terlewatkan lho!

Bahan dasar pangi adalah daun kluwak yang diolah dengan berbagai jenis rempah yang membuat hidangan ini menghasilkan wangi yang khas.

Meskipun dulunya pangi dimasak dengan darah babi, sekarang banyak orang yang mejual pangi dengan label halal dan mengganti darah babi tersebut dengan sapi, ayam, ataupun ikan. Kita pun tidak usah khawatir lagi ketika akan menyantap pangi!

 

Klappertart

Siapa bilang hanya makanan berat saja yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Sulawesi Selatan? Kita juga bisa menikmati klappertart yang dikenal sebagai dessert terbaik di tanah Minahasa lho!

Bahan utama dari klappertart sendiri adalah kelapa yang membuat kue ini terasa segarr. Adanya kenari cincang di atas klappertart dijamin akan membuat kita ketagihan menyantapnya!

Nah pastinya tambah penasaran kan dengan cita rasa berbagai makanan halal yang bisa didapatkan selama berkunjung ke Sulawesi Selatan kan? Yuk rencanakan perjalanan ke Sulawesi Selatan dan segera berwisata kuliner bersama orang tersayang!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.