Rek.. ayo Rek.. Jalan dan Makan Enak di Surabaya

Siapa sangka? Kota yang dijuluki dengan kota Pahlawan ini menyimpan sejumlah permata kuliner yang tersembunyi dan mampu menerbitkan selera.

Bagi para pecinta makanan, Surabaya tak boleh dilewatkan begitu saja untuk memanjakan lidah.

Pasalnya, hampir di setiap sudut kota, mudah dijumpai tempat – tempat kuliner khas yang bikin penasaran lidah dan perut.

Pastikan saat kamu singgah di ibukota Jawa Timur, mampir untuk icip – icip makanan khas Jawa Timur seperti Rujak Cingur, Sate Klopo atau Lontong Balap.

Jangan khawatir, ada banyak pedagang makanan khas Jawa Timur tersebut di tepi jalan.

Bahkan, ada juga beberapa pedagang kaki lima yang menjual dengan cara gerobak dorong di sejumlah perumahan padat warga.

hangoutindo.com

Rucak Cingur ataupun Lontong Balap merupakan kedua menu yang paling khas dan dekat di hati warga masyarakat kota Pahlawan.

Hingga tak begit mengherankan apabila di event – event spesial khas Kota Surabaya, sejumlah hotel – hotel di Surabaya juga menawarkan menu warisan leluhur tersebut.

Salah satu bahan yang paling membuatnya berkarakter adalah petis. Yaitu sejenis olahan dari udang dan bagian – bagian tubuh udang yang dihaluskan hingga menyerupai pasta.

Pasta inilah yang membuat bahan untuk membuat saos atau bumbu rujak cingur maupun lontong balap menjadi lebih bercita rasa dan gurih.

Meskipun di daerah lain kamu bisa menjumpai rujak atau lontong, tapi hanya di Surabaya kamu bakal menemukan bumbu khas petis berwarna hitam yang legendaris ini.

Nah, jika ingin menikmati sajian khas kuliner Surabaya di tempat yang lebih representatif dan cozy bagi keluarga, berikut beberapa rekomendasi tempat kuliner terpopuler di Surabaya:

Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

kabarkuliner.com

 

Sate adalah salahsatu kuliner Indonesia yang tidak diragukan lagi kelezatannya, termasuk sate asal Surabaya yang satu ini. Namanya adalah Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih yang berada di Jl. Walikota Mustajab No. 36, Surabaya. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate ini dibaluri taburan kelapa saat proses pengolahannya untuk menambah cita rasa gurih.

Menu sate yang ditawarkan juga beragam, ada sate udang, sum – sum, daging sapi dan daging ayam. Satu porsi sate hanya dibanderol seharga Rp 20.000, cukup terjangkau bukan? Bumbu kacangnya pun tak kalah nikmat karena lebih halus dan rasanya juga gurih, bagaimana tertarik untuk mencoba?

Rujak Cingur Ahmad Jais

kompasiana.com

 

Menjadi makanan khas Surabaya, rujak cingur selalu diburu wisatawan yang penasaran bagaimana nikmatnya kuliner yang satu ini. Jika anda penasaran, Rujak Cingur Ahmad Jais yang terletak di Jl. Ahmad Jais ini bisa dicoba. Meski harga yang dipatok cukup mahal yakni Rp 50.000, namun rasanya membuat anda tidak menyesal meski harus merogoh kocek agak dalam untuk menikmati satu porsi rujak.

Tapi tenang, karena satu porsi Rujak Cingur Ahmad Jais bisa disantap untuk dua orang lho! Irisan tempe, tahu, cingur dan aneka buah – buahan seperti bengkoang, manggan serta mentimun berpadu dengan bumbu kacang berpetis yang siap menggoyang lidah anda. Saat hari biasa, warung ini buka pukul 10 pagi hingga 5 sore, dan ketika akhir pekan buka pukul 11 siang hingga 5 sore.

Baca juga:

Coban Rais, Air Terjun yang Sedang Hitz Di Malang

Lontong Balap Pak Hasyim

makanlagi.com

 

Surabaya memang menawarkan banyak pilihan kuliner, salahsatunya yang legendaris adalah Lontong Balap Pak Hasyim. Selain rujak, lontong balap juga termasuk makanan berpetis hanya saja perbedannya terletak pada isian dan racikan bumbu yang digunakan. Lontong balap ini sendiri berisi lontong dan tauge lalu disiram dengan kuah yang gurih serta ditambahkan lento yang terbuat dari kacang – kacangan.

Populer sejak puluhan tahun lalu, tempat makan yang ada di Jl. Barata Jaya XVII No. 130, Baratajaya, Gubeng, Surabaya ini tak pernah sepi pengunjung. Selain lontong balap, disini juga terdapat beberapa kuliner khas Surabaya lainnya, seperti tahu telor, tahu campur, lontong kupang dan tentunya tak ketinggalan sate kerang sebagai pelengkapnya.

***

Yuk, persiapkan jalan – jalan makan buat pecinta foodie alias kuliner khas Surabaya. Biar perjalananmu ke Surabaya makin lancar dan bebas ribet. Hubungi agen travel wisata Jari Adventure sebagai mitra perjalananmu yang profesional.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *