Rayakan Hari Pahlawan, Yuk Mampir di Kota Pahlawan Incip Makanan Ini

Surabaya dikenal sebagai kota pahlawan, Surabaya banyak menyimpan berbagai wisata kuliner lezat yang wajib dikunjungi saat mampir ke ibukota Jawa Timur ini.

Yuk, incip rekomendasi makanan khas Surabaya ini.

 

1.   Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Rujak cingur merupakan salah satu makanan khas Surabaya. Tak ada salahnya kalau berkunjung ke Surabaya, kamu mencicipi makanan khas ini.

Perpaduan antara petis dengan campuran cingur yaitu kulit sapi dapat menghasilkan rasa yang enak dan nikmat.

Rujak Cingur Ahmad Jaiz ini terkenal dengan rasa yang enak dari bumbu kacang yang kental dan istimewa. Apalagi cingurnya yang juga lebih empuk, kenyal dan tak lembek sehingga pas di lidah.

Untuk mencicipi sepiring rujak cingur ini, kamu perlu datang ke alamatnya yaitu Jalan Ahmad Jaiz No. 40 Wonokromo, Surabaya

 

2.   Sate Klopo Ondomohen

Terletak di kawasan tengah kota, kuliner ini menyediakan menu istimewa yaitu Sate Klopo Ondomohen. Di depot Sate Klopo Ondomohen ini, kamu akan mendapatkan sate yang berbahan daging ayam, sapi, udang, usus maupun sumsum yang dihidangkan dengan bumbu sate biasa.

Tetapi memiliki rasa yang berbeda sehingga lebih menggoda dan nikmat. Daging yang ditusuk dalam sate klopo ini memiliki ukuran jauh lebih besar, dan ditambah bumbu lebih dulu dengan parutan kelapa yang sudah disangrai.

Nama Ondomohen diambil dari nama jalan dimana warung sate ini berada tempo dulu. Sate Klopo Ondomohen ini terkenal sehingga tidak pernah sepi baik siang ataupun malam.

 

3.   Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Tak perlu ditanya, Lontong balap ini sering dicari oleh banyak wisatawan saat berkunjung ke Surabaya.

Makanan yang terdiri dari irisan lontong, tauge, tahu goreng, bawang goreng, lenthok, sambal dan kecap yang disiram dengan kuah segar dan enak.

Lontong balap ini juga bisa ditambahkan sate kerang didalamnya. Meskipun setiap pilihan lontong balap ini selalu ada, kamu harus mencoba Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang memiliki rasa yang nikmat dan tak mengecewakan.

 

4.   Nasi Goreng Jancuk

Dengan nama yang begitu ekstrim, jelas kamu akan merasakan makanan pedas dengan irisan cabe. Dibuat oleh Chef Eko di restoran Surabaya Plaza Hotel.

Nasi goreng ini memakai minimal 20 cabe rawit dan tambahan bumbu sambal dan rempah yang lengkap. Bila kamu tidak suka pedas maka urungkan niat untuk mencicipi makanan ini.

 

5.   Soto Lamongan Cak Har

Hidangan Soto ayam ini sangat terkenal dan fenomenal sehingga sangat recommended untuk di cicipi. Soto ini sangat terkenal di Surabaya dengan kuah kuning dan kental.

Taburan seledri dan daging ayam yang bisa diatur sesuai dengan keinginan pengunjung. Selain daging ayam, kamu juga bisa menikmati dengan jeroan, kulit ataupun daging untuk taburan soto Lamongan ini.

 

6.   Sate Lisidu

Kuliner Sate ini memiliki perbedaan dengan sate pada umumnya, sate ini berbentuk pipih memanjang hingga dalam satu tusuk sate ditambah lagi dengan bumbu kacang yang gurih bisa jadi tujuan utama bagi penggemar kuliner sate.

baca juga:

Belum Lengkap Kalau ke NTT, Tanpa Tengok Wisata Atambua!

 

7.   Sego Sambel Mak Yeye

Menu Sego sambel ini sangat nikmat bila dihidangkan dengan sambel pedas, nasi putih dan aneka lauk. Sego Sambel Mak Yeye bisa kamu nikmati saat jam makan malam dan siang.

 

8.   Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi

Cita rasa nasi bebek yang satu ini sangat kuat dan lezat sehingga tak heran kalau sangat ramai pembeli. Nasi bebek ini berbeda dengan tekstur daging yang lembut, empuk dilengkapi sambel pencit dan sepiring nasi hangat akan terasa nikmat dan istimewa.

 

9.   Rawon Pak Pangat

Rawon ini sangat berbeda dengan makanan khas lainnya, kamu akan menjumpai suwiran daging empal yang empuk, lembut dengan tambahan kuah yang sangat lezat dan sedap di lidah. Apalagi kandungan lemak yang tampak lezat di menu rawon ini.

 

10.                Nasi Empal Pengampon

Kuliner ini sangat terkenal dengan rasa gurih dan lezat. Rasa nasi yang begitu unik terpadu dengan kering tempe, suwir empal, lalapan dan tumis kacang panjang yang begitu nikmat di lidah.

Ciri khas dari nasi Empal ini terletak dari daging empal yang gurih, manis dan empuk.

 

11.                Tahu Campur Kalasan

Tahu campur ini merupakan favorit bagi siapa saja yang ingin mencicipi kuliner Surabaya.

Didalam Tahu Campur Kalasan ini, kamu akan menemukan jeroan sapi, daging, perkedel, tahu goreng, selada dan bumbu kental. Penasaran dengan rasa tahu campur kalasan, langsung saja datang dan nikmati kuliner khas ini.

 

12.                Depot Bu Rudy

Depot Bu Rudy ini merupakan kuliner favorit bagi siapa saja yang datang ke Surabaya. Menu yang ditawarkan pun cukup beragam sesuai selera. Namun untuk menu andalan sepertinya kamu harus mencoba seporsi nasi udang empal dengan sambal bawang yang lezat dilidah.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.