Perut Lapar Keroncongan? Ini Dia Kuliner Terbaik Asli Batam, Dijamin Bakal Ketagihan!

Siapa sih di antara kita yang sudah pernah berlibur ke Batam? Batam adalah salah satu kota di Indonesia yang selalu menarik untuk dibicarakan mengingat keindahan alamnya yang tak tertandingi.

Tak heran jumlah wisatawan di Batam selalu meningkat tiap tahunnya, baik wisatawan lokal ataupun internasional.

Satu hal yang tidak boleh terlupa ketika berlibur ke Batam adalah mencicipi berbagai kuliner khas Batam yang belum tentu bisa ditemukan di kota lain.

Jangan sampai kita hanya berlibur ke Batam tanpa menikmati kulinernya yang kelezatannya sudah melegenda hingga ke pelosok negeri.

Memang apa saja sih kuliner khas Batam? Daripada tambah penasaran, yuk simak beberapa kuliner khas Bataman terbaik satu ini!

 

Mie Tarempa

Mie Tarempa adalah salah satu kuliner yang selalu menjadi buruan para wisatawan yang berlibur ke Batam. Ciri khas dari Mie Tarempa ini adalah tekstur mienya yang tebal dan kenyal yang terasa semakin nikmat.

Karena banyaknya daging ikan sebagai topping-nya. Menariknya lagi, harga Mie Tarempa ini juga terjangkau yaitu hanya sekitar Rp.8 ribu saja.

 

Sop Ikan Batam

Meskipun namanya sop ikan, kelezatan sop ikan dari Batam ini jauh lebih enak daripada sop ikan daerah lainnya lho!

Sop ikan ini menggunakan tomat hijau yang masih asam dan dicampur dengan ikan tengiir, cumi, serta udang. Tentunya sop ikan Batam ini akan terasa semakin lezat apabila kita menyantapnya selagi hangat.

 

Gonggong

Bagikita pecinta seafood, mencoba kelezatan Gonggong ini juga tidak boleh terlewatkan. Gonggong adalah sejenis siput laut yang memiliki tekstur seperti siput ataupun keong  dan memiliki rasa cukup amis.

Oleh sebab itulah, Gonggong diolah menggunakan jahe serta rempah lainnya untuk mengurangi rasa amisnya. Dijamin kita akan ketagihan setelah menyantap seporsi Gonggong!

 

Mie Lendir

Mie Lendir adalah kuliner asli Batam berikutnya yang tidak boleh terlewatkan, di mana mie kuning dicampur bersama tauge yang kemudian disiram dengan kuah kacang kental.

Kuah kacang inilah yang membuat mie terlihat berlendir dan membuat cita rasa mie ini terasa gurih serta manis.

Untuk mendapatkan Mie Lendir pun cukup mudah, bahkan kita bisa membelinya di pedagang pinggir jalan sekalipun.

 

Luti Gendang

Bukan hanya makanan berat saja yang menjadi kuliner khas Batam, namun juga Luti Gendang yang bisa ditemukan di penjual gorengan pinggir jalan.

Bentuk Luti Gendang sendiri menyerupai donat namun isiannya menggunakan abon ikan yang merupakan makanan khas Batam.

Kelezatan Luti Gendang ini akan semakin terasa apabila kita menyantapnya dengan kopi ataupun teh.

baca juga:

Cocok di Lidah Wisatawan! 10 Masakan Asli Jerman yang Mendunia

 

Mie Sagu

Mie Sagu adalah mie asli Bata berikutnya yang bisa kita coba dan kelezatannya pun tidak kalah dengan Mie Lendir yang sudah disebutkan.

Seperti namanya, bahan dasar Mie Sagu adalah tepung sagu yang membuat tekstur mie ini terasa kenyal daripada mie lainnya.

Aroma rempah yang kuat dari Mie Sagu inilah yang menjadi ciri khasnya dan membuat para wisatawan ketagihan untuk menyantapnya.

Menariknya lahhi, kita bisa menentukan sendiri tingkat kepedasan dari Mie Sagu ini lho!

 

Otak-Otak Batam

Pastinya sudah tidak asing lagi kan dengan otak-otak yang terbuat dari ikan? Otak-otak Batam ini juga terbuat dari ikan yang rasanya rempahnya pun terasa kuat.

Satu hal yang membuat beda Otak-Otak Batam dengan otak-otak dari daerah lain adalah kita bisa memilih antara otak-otak yang pedas ataupun original.

 

Mie Kacang Selat Panjang

Satu lagi kuliner khas Batam yang tidak boleh kita lewatkan adalah Mie Kacang Selat Panjang yang kelezatannya pun tidak perlu diragukan lagi.

Kaldu yang digunakan mie ini bukan kaldu ayam namun kaldu udang yang nantinya akan disiram dengan saus kacang.

Satu porsi mie ini biasanya terdiri dari tahu, taoge, mie kuning dan juga telur. Kita bisa meminta tambahan cabe rawit apabila ingin menyantap mie ini dengan cita rasa yang pedas.

Pastinya tambah penasaran kan tentang kelezatan kuliner asli Batam yang disebutkan barusan? Yakin tidak mau mencicipi kelezatan makanan tersebut? Yuk segera rencanakan liburan ke Batam sekarang juga!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.