Penghasil Buah Durian Terenak, 6 Desa di Jawa Tempat Berpesta ‘Belah Duren’

Sebagai negara yang terkenal buah duriannya sekaligus penghasil durian terenak di dunia membuat Indonesia otomatis menjadi sorotan dunia.

Durian adalah buah yang memiliki aroma sangat kuat. Wajar saja buah ini dibenci oleh sebagian orang. Namun, sekali Anda suka dengan cita rasanya, maka Anda akan tergila-gila akan buah ini.

Apakah Anda termasuk penggemar dari buah durian? Kunjungi beberapa daerah di Jawa yang terkenal akan buah duriannya yang sangat enak. Mari kita simak daerah-daerah penghasil durian terenak di Indonesia.

1.    Desa Alasmalang

Lokasi pertama yang wajib Anda kunjungi untuk wisata kuliner durian adalah Desa Alasmalang yang terletak di Kecamatan Kemrajen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Desa ini bahkan sempat ramai dibicarakan menjadi desa penghasil durian. Salah satu durian paling terkenal di desa ini adalah durian bawor yang bahkan diberitakan lebih unggul daripada durian montong asal negeri Thailand.

Durian jenis bawor ini dikenali dengan daging buahnya yang berwarna kuning kemerahan. Rasanya? Tentu saja manis, legit, dan terasa sedikit rasa pahit ketika menempel di lidah. Penasaran? Cepat kunjungi Desa Alasmalang dan rasakan citarasa durian bawor.

2.    Kampung Durian Mantenan

Lokasi kedua adalah Kampung Durian Mantenan yang berada di Dusun Mantenan, Kelurahan Giyanti, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kampung ini terkenal karena duriannya diklaim sebagai salah satu durian terenak di kawasan Jawa Tengah. Duriannya bernama durian candimulyo dengan ukuran yang besar serta daging yang tebal.

Rasanya manis dengan sedikit rasa pahit. Uniknya, Anda bisa mencicipi buah durian ini dengan harga sangat murah, yaitu 15 ribu rupiah saja, lho!

3.    Desa Songgon

Banyuwangi selalu menyajikan hal-hal yang berbeda, salah satunya adalah Desa Songgon yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di kawasan Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Disini Anda dapat menemukan beragam jenis durian endemic asli khas kota Banyuwangi.

Salah satu yang paling unik dan terkenal ialah durian abang, atau sering disebut dengan durian merah. Sesuai Namanya, durian ini memiliki daging yang berwarna jingga kemerahan. Bagaimana rasanya?

4.    Desa Durensari

Sesuai Namanya, desa yang satu ini memiliki jenis durian yang sangat lezat. Desa Durensari terletak di Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Selain terkenal akan duriannya yang lezat, Desa Durensari juga merupakan kawasan wisata dengan beragam keindahan alam yang menakjubkan.

Ada banyak spot wisata yang bisa Anda kunjungi mulai dari air terjun, camping ground, sky bike, hingga wahana lainnya yang membuat tubuh lebih segar. Selain menikmati wahana wisata, jangan lupa untuk menikmati kuliner durian yang juga bisa dinikmati langsung dari pohonnya. Seru, ya!

baca juga:

Tempat Ngopi dan Hangout Paling Seru di Yogyakarta untuk Traveller Milenial

 

5.    Kebun Durian Warso

Selanjutnya adalah Kebun Durian Warso yang terletak di Jalan K.H. Halimi, Cipelang, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat. Selain rekreasi ke taman yang sejuk ini, Anda juga dapat menikmati buah durian super lezat.

Tak hanya durian, ada juga beragam buah tropis lainnya seperti jambu monyet, nangka, serta buah naga.

6.    Desa Sangkanwangi

Desa yang berada di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten ini memiliki jenis durian dengan varietas unik mulai dari durian otong, durian matahari, hingga durian hepi.

Meskipun Namanya unik, durian ini memiliki cita rasa yang tak kalah dengan durian lainnya. Dengan daging buah yang tebal serta rasa yang manis, dijamin Anda akan ketagihan!

Buah durian memang sangat banyak penggemarnya, pantas saja orang-orang akan menyerbu durian ketika “musim durian”. Harganya memang cenderung mahal, namun rasanya tidak perlu diragukan lagi. Dari ke 6 daerah diatas, mana yang pertama akan Anda kunjungi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.