Pecel Rengkek Hingga Donat Utami, 10 Makanan khas Jombang Bikin Kangen

Memiliki rencana untuk berkunjung ke Jombang? Jangan lupa untuk mengetahui apa saja kuliner khas yang dimilikinya.

Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung ketika ingin mencicipi makanan khasnya hingga mencari oleh-oleh. Berkunjung ke suatu wilayah juga tidak terasa lengkap tanpa mengeksplore wisata kulinernya.

Apa saja makanan khas Jombang yang sangat rekomended untuk Anda? Simak berikut ini.

1.    Ketan Merdeka

Bagi pecinta ketan, kuliner yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Ketan merdeka memiliki banyak warna sesuai jenisnya.

Mulai dari ketan hitam, ketan putih, dan jenis yang lainnya. Memakan ketan juga bisa menambah asupan karbohidrat yang sehat.

Ketika pagi hari, jangan lupa untuk mencicipi kuliner ketan merdeka. Biasanya, jam 7 pagi sudah ludes, lho! Jadi jangan sampai kehabisan!

2.    Sop Buntut Bakar

Dari Namanya saja tentu sudah menggugah selera. Siapapun yang berkunjung ke Jombang tentu ingin menikmati makanan khas yang satu ini.

Sop buntut bakar bisa menjadi pilihan menu makan siang ketika Anda berlibur di Jombang. Rasanya sangat nikmat dan lezat apalagi jika ditambah dengan nasi hangat.

3.    Tahu Pong Gloria

Selanjutnya ada tahu pong, makanan khas Jombang yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Tahu pong sangat gurih dan nikmat apalagi dengan tambahan saus cabe atau cabe mentah dengan ditemani segelas teh hangat.

Rasanya sangat enak, gurih, serta teksturnya cukup renyah. Lebih enak dinikmati saat masih hangat. Dijamin, selera makan Anda akan lebih bertambah setelah menyantap kuliner yang satu ini.

4.    Kue Jenang Kupas

Jenis kue yang satu ini bisa dibilang mirip dengan jenang dodol. Jenang kupas memiliki rasa yang manis, legit, serta enak sehingga bisa membuat siapapun yang menyantapnya jadi ketagihan.

Kue ini bisa Anda dapatkan dengan cukup mudah, yaitu berkunjung ke pasar tradisional setempat. Kue ini sering dijual di pasar wilayah setempat.

5.    Donat Kampung Utami

Selain makanan di atas, salah satu oleh-oleh yang bisa Anda pilih adalah donat kampung utami. Donat ini memiliki rasa yang khas dan berbeda dari donat pada umumnya.

Rasanya manis dan lembut ketika disantap. Kue ini bisa Anda berikan kepada kerabat atau keluarga yang ada di rumah.

6.    Kikil Jombrangan

Anda pasti sudah tahu sekian banyak kuliner berbahan dasar kikil. Kikil adalah makanan yang berasal dari kulit bagian kaki sapi maupun kerbau.

Agar rasanya khas dan enak, tentu membutuhkan waktu memasak yang sangat lama sekaligus pengolahan yang tepat.

Kikil jombrangan membutuhkan banyak bumbu serta santan dan bahan lainnya. Biasanya disajikan dengan daun pisang yang dibentuk menjadi pincuk. Kikil jombrangan wajib Anda coba ketika berada di Jombang.

baca juga:

Bernuansa Tenang dan Menawan, 5 Tempat Honeymoon di India untuk Malam Pertama

 

7.    Es Degan

Hidangan es degan adalah pilihan yang tepat sebagai minuman di siang hari. Es degan bisa mengembalikan elektrolit tubuh.

Selepas berkeliling Kota Jombang, jangan lupa untuk menikmati es degan yang sangat menyegarkan.

Es degan yang satu ini tidak seperti es degan yang biasa. Di dalamnya juga terdapat bahan lainnya seperti buah alpukat, nata de coco, susu cair, hingga durian.

8.    Sego Sadukan

Pernah mendengar jenis nasi atau sego yang satu ini? Sego sadukan merupakan hidangan nasi yang dibungkus dengan daun pisang.

Di dalamnya terdapat lauk pauk seperti tempe dan tahu yang dipotong kecil serta mie goreng. Biasanya juga ditambahkan dengan ikan teri.

Sego sadukan khas Jombang bisa dibilang hampir mirip dengan nasi kucing yang biasa ada di angkringan.

9.    Onde-onde Kacang Merah

Onde-onde yang satu ini hampir sama dengan jenis onde-onde lainnya. Bedanya, isian dari onde-onde ini menggunakan kacang merah.

Akan terasa lebih nikmat jika dihidangkan bersama teh manis. Nikmati kuliner yang satu ini Bersama orang yang Anda sayangi.

10. Pecel Rengkek

Pecel khas Jombang tidak jauh berbeda dengan jenis pecel pada umumnya. Hanya saja menggunakan daun pisang yang dipincuk sebagai pengganti piring. Rasanya semakin nikmat dengan nasi hangat serta tambahan peyek kacang.

Umumnya, semua makanan khas Jombang yang telah dipaparkan di atas cukup mudah Anda temukan karena disajikan di warung-warung pinggir jalan.

Semoga informasi di atas bisa memudahkan Anda saat berkunjung ke Jombang.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.