Panduan 9 Kuliner Kaki Lima di Bangkok yang Halal Untuk Muslim Traveller

Melancong ke sebuah negara yang mayoritas beragama non Muslim, mungkin sebagian besar orang Indonesia yang beragama Islam bakal sedikit was – was mengenai makanannya.

Maklum saja, minuman beralkohol ataupun daging dan minyak babi, sering dijadikan bahan utama atau bumbu masakan karena memang dijual bebas dengan harga yang murah.

Apalagi seperti negara yang mayoritas beragama Budha seperti Thailand. Negara yang satu ini dikenal dengan makanan yang enak – enak dan semuanya serba murah – meriah. Street food alias kaki lima cita rasanya tak kalah dari restoran Michelin. Bahkan, ada beberapa kaki lima di Thailand yang menyabet gelar michelin-star 2 karena memenuhi dari segi kualitas rasa dan juga harga yang ramah di kantong.

Menemukan kuliner yang halal di Thailand memang gampang – gampang susah, namun tidak perlu khawatir, di sekitar kauman atau lingkungan masjid – masjid, biasanya merupakan komunitas kampung Arab yang menyediakan makanan halal.

Di kota Bangkok, daerah yang paling populer untuk wisatawan Muslim adalah Ramkhamhaeng yang lokasinya dekat universitas Ramkhamhaeng. Di blok nomor 37 hingga 65, serta daerah Phetchaburi no 7 di Pratunam yang lokasinya masih di dekat sebuah Masjid Darul Anam.

Berikut beberapa jenis kuliner yang halal untuk muslim traveller yang melancong ke Thailand:

Som Tam (Salad Pepaya)

brasswok.com

 

Bernuansa hijau segar, cita rasa pepaya yang digunakan masih memiliki tekstur renyah dan manis. Tak hanya itu, bumbu asam dan pedas menjadi penyedap. Jika di Indonesia, menu ini mirip dengan rujak buah ya. Lokasi yang bisa dikunjungi untuk membelinya di Phetchaburi Soi 7.

Pla-Meuk (Cumi-Cumi Goreng)

myfriendlythai.ca

 

Masih di sekitar kota Bangkok, sajian berupa Pla-Meuk atau cumi – cumi goreng ini juga disajikan dalam rasa pedas dan asam manis. Tampaknya, lidah orang Thailand memang suka cita rasa kuat dari asam, manis dan pedas.

Tom Yam Seafood

pholv.com.au

 

Lezatnya Tom Yam Seafood juga bisa dicicipi langsung di negeri asalnya dengan sertifikasi halal. Kali ini, datanglah ke Pratunam, di depan Citin Pratunam Hotel. Di sana ada sebuah gerai yang bernama Tomyam Paa Nga.

Ayam Goreng Thailand

hungryforever.com

 

Menikmati kelezatan ayam goreng khas Thailand yang halal bisa didapat di sekitar wilayah kampung Arab dekat masjid. Misalnya, di Asoke Road, ada ayam goreng Thailand sio 23 yang berada persis di dekat gerbang Universitas Srinakharinwirot.

Pulut Mangga

pinimg.com

 

Kalau yang satu ini jenis kuliner untuk menu penutup mulut alias dessert. Rasanya manis dan segar serta tekstur lembut dan lumer di dalam mulut. Pulut Mangga terbuat dari buah mangga yang halal bisa didapat di sekitar Pratunam.

Telur Puyuh Goreng

media.foody.id

 

Sajian simpel atau lebih tepatnya jajanan kaki lima ini biasanya diberi bumbu bawang dan lada yang memberikan aroma sedap menggoda. Selain di tepi – tepi jalan pusat kota Bangkok, telur puyuh goreng yang lebih aman dan halal dikonsumsi bisa didapat di daerah sekitar masjid.

Baca juga:

Nasi Briyani Ayam Thailand

ytimg.com

 

Penjual nasi briyani biasanya berasal dari India atau Arab. Bisa kamu jumpai di restoran halal ataupun warung tenda yang ada di pinggir jalan di kota Bangkok. Restoran yang menjamin kehalalan menu nasi briyani bisa dijumpai di Convent Road di Siloam. Tepatnya di Khao Mok Gai dengan panci besar berisi nasi briani yang khas berwarna kuning menggiurkan.

Kue Kelapa Manis Thailand ( Khanom Krok)

blogspot.com

 

Setiap pelancong jarus mencoba camilan manis yang lembut dan lumer di mulut ini. Rasa gurih dari bahan kelapa membuatnya sangat diminati. Terutama aroma kelapa yang wangi dan menggoda indera penciuman. Tempat yang bisa dituju untuk membeli kue kelapa adalah sekitar pasar Ratchawat, Dusit.

Tab Tim Krop (Red Ruby)

blogspot.com

 

Terik matahari dan udara panas Bangkok bakal membuat pelancong kehausan. Untuk menuntaskan dahaga, bisa nih mencoba Red Ruby. Minuman dingin yang pas dalam rangka menemani acara jalan – jalan di kota Bangkok. Lokasinya di sekitar pasar akhir pekan Chatuchak.

***

Nah, setidaknya sekarang kamu sudah punya catatan kecil untuk berbelanja makanan dan minuman halal di Bangkok. Pastikan perjalanan wisata ke Bangkok jadi lebih nyaman dan bebas ribet, dengan menghubungi Jari Adventure sebagai mitra perjalananmu yang profesional. Ready to go? Let’s holiday to Bangkok…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *