Orem – Orem, Tergila – Gila Kelezatan Kuliner Khas Malang Jatim

Selain bakso, ada kuliner lain khas Malang yang tak kalah nikmatnya. Udara Kota Malang yang cenderung dingin membuat makanan bercita rasa pedas cocok disantap disana. Kuliner satu ini memang tidak begitu populer di luar Jawa Timur, namanya Orem – Orem.

Sekilas Mirip Dengan Lodeh, Namun Inilah Yang Membuatnya Berbeda

Orem – Orem berbahan dasar tempe goreng, ayam dan dimasak bersama kuah santan kental. Tempe yang digunakan biasanya yang sudah bosok. Disajikan dengan ketupat iris yang diberi tauge, tempe, kerupuk, telur asin dan disiram kuah sayur bersantan.

Yang membuatnya mirip dengan lodeh adalah tekstur kuahnya yang kental, namun perbedaannya terletak pada cita rasa kuah Orem – Orem yang sedikit pedas. Untuk penambah rasa manis bisa juga ditambahkan kecap sesuai selera.

Biasanya, orem – orem khas Malang juga disajikan dengan taburan kerupuk. Mirip seperti ketoprak namun tidak memakai bumbu saus kacang.

Orem – orem di Malang juga mudah dijumpai. Baik berdagang keliling di perumahan – perumahan, ataupun mangkal di satu tempat kuliner khusus.

Masih Dimasak Dengan Cara Tradisional

Yang membuat Orem – Orem memiliki rasa yang khas karena cara memasak bahan – bahannya, termasuk kuahnya masih menggunakan cara yang tradional. Dimasak menggunakan arang sisa kayu bakar, membuat bara api arang tak mengubah aroma bumbu dasarnya sehingga rasanya tetap terjaga.

baca juga: Masjid Agung Natuna, Seindah Istana Agra India

Namun sekarang penjual Orem – Orem yang memasak dengan cara tradisonal tak lagi mudah ditemukan, karena sudah beralih menggunakan kompor gas LPG agar tidak ribet.

Sebenarnya, pemakaian bara api arang sangat signifikan dalam menciptakan rasa otentik khas Orem – orem Malang. Bara api arang menjaga ketahanan suhu yang stabil, sedang, dan merata. Selain itu, aroma asap kayu arang yang tercipta juga menambah kelezatan yang menggugah selera. Akan tetapi, bisa dimaklumi karena tidak mudah mendapatkan bara kayu arang di masa modern. Jika ada pun, membutuhkan biaya tambahan yang tidak sedikit. Dan tentu saja, hal ini membuat para pedagang Orem – orem memilih yang lebih praktis dan mudah diperoleh seperti pemakaian kompor gas LPG. Selain praktis, kompor gas LPG juga dianggap lebih efektif untuk memasak.

Kini Tak Lagi Hanya Disajikan Ketika Ada Hajatan

Dahulu Orem – Orem khas Malang banyak dihidangkan ketika ada hajatan atau acara besar, seperti syukuran dan pernikahan, sekarang tidak lagi. Orem – orem memang menjadi makanan khas asal Kota Apel, Malang, namun kini ke – eksisannya mulai merambah ke berbagai kota yang ada di Jawa Timur. 

Semakin banyak penjual makanan yang menjajakan kuliner ini. Yang membedakan Orem – Orem di kota lain dengan di Malang adalah bahan yang digunakan. Orem – Orem asal Malang berbahan dasar tempe asli Malang sendiri. Nah, bila ingin menikmati kelezatan dari kota asalnya, wajib bagi anda untuk datang ke Kota Malang.

Jika Berkunjung Ke Malang, Warung Orem – Orem Pak Tik Bisa Dicoba

Warung Orem – Orem yang berada di daerah Comboran ini, konon katanya menjadi pelopor. Daerah Comboran memang terkenal sebagai daerah yang dipenuhi oleh pedagang penjual barang bekas, terutama spare part kendaraan bermotor. Mudah untuk mengenali warungnya, karena di depannya terdapat ketupat yang digantung.

Bukan ketupat biasa, namun ukurannya sepuluh kali lipat ketupat biasa sehingga siapa pun yang lewat di depannya pasti kelihatan. Pak Tik menuturkan “Kalau ketupat montok – montok, tukang becak melihat saja langsung lapar!”

Satu porsinya dihargai hanya Rp 7.000, murah sekali bukan? Orem – Orem Pak Tik terkenal karena rasanya yang enak dan irisan ketupatnya yang banyak. Satu ketupat bahkan bisa digunakan untuk dua puluh porsi dan sehari bisa menghabiskan dua puluh empat ketupat. Tempatnya sederhana, tapi siapa sangka ketika siang hari saja biasanya sudah habis.

Mengingat porsi yang besar dan murah, tentu saja Orem – orem khas Malang Pak Tik, wajib dikunjungi. Bosan dengan bakso atau ingin menu yang berat saat lapar menyerbu, segera kunjungi Warung Pak Tik di daerah Comboran yang ada di pusat kota Malang.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *