Dari Dumbeg Sampai Tape Sugihan, Inilah Oleh oleh khas Blora yang Bisa Diborong

Blora merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di Kawasan timur Kota Semarang. Tak hanya unggul pada segi objek wisata saja. Namun, Blora juga memiliki beragam kuliner khas yang patut Anda coba. Bahkan bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah, lho!

Mulai dari kue tradisional, souvenir kue, hingga jajanan pasar yang tak boleh Anda lewatkan. Oleh-oleh khas Blora cukup mudah ditemukan, lho! Ada yang terjual di warung tepi jalan, restoran, bahkan gerobak. Apa saja? Berikut pembahasannya.

 

 

  • Kue Manco

tagar.id

Tampilan kue yang bertabur wijen di setiap sisinya ini terbuat dari beras ketan dan biasa dimakan dengan nasi kering goreng atau biasa disebut karuk.

Kue Manco cukup murah dan mudah dicari. Anda bisa menemukannya di pasaran dengan harga berkisar 10 ribu rupiah per gram nya. Rasanya? Gurih banget!

 

 

  • Dumbeg

Desa Dasun

Oleh-oleh khas Blora yang satu ini terbuat dari campuran tepung beras, gula aren, serta garam. Cara memasaknya yang cukup unik membuat Dumbeg menjadi oleh-oleh yang tak boleh Anda lewatkan.

Dumbeg perlu dililit dengan daun kelapa hingga bentuknya seperti terompet. Biasanya diberi tambahan potongan kelapa muda serta Nangka untuk menambah cita rasa.

Dumbeg memiliki rasa yang manis dan ramah di kantong. Anda bisa membawa 10 ikat dumbeg dengan harga 5 ribu rupiah saja, lho!

 

 

  • Kue Gendu

jejakpiknik

Bila dilihat-lihat, kue gendu terlihat seperti ulat di pohon jati. Kue gendu juga disebut sebagai kue ulat.

Meski begitu, kue gendu sangat diminati masyarakat dan wisatawan. Dalam kue ini terdapat isian buah durian yang pasti menggugah selera.

Kue gendu dibandrol dengan harga mulai dari 125 ribu rupiah per 50 gram.

 

 

  • Tape Sugihan

putratravel

Bukan pesugihan! Nama dari oleh-oleh yang satu ini diambil dari nama salah satu daerah di Blora, yakni Sugihan. Tape ini terbuat dari singkong yang telah difermentasi.

Tape Sugihan juga ada yang terbuat dari ketan, namun rasanya tetap asam dan manis. Selain itu, tape ini cukup terjangkau. Hanya dengan merogoh kocek sebesar 6 ribu rupiah saja, Anda sudah dapat membawa pulang 10 bungkus!

 

 

  • Abon Lele

tokomesin

Oleh oleh Abon memang terkenal akan cita rasa yang gurih dan manis. Abon yang mudah ditemui di berbagai tempat biasanya abon ayam dan abon sapi. Namun, pernahkah Anda mencoba abon ikan lele?

Daging ikan lele perlu dihaluskan dan dikeringkan. Demikian, abon lele dapat lebih awet serta tahan lama. Harga abon lele juga lebih terjangkau dari abon sapi, lho! Yakni hanya 10 ribu rupiah per bungkus.

 

baca juga:

Nongkrong Asyik Malam Tahun Baru, Pilih 6 Tempat Hits di Pekanbaru

 

Berburu Kuliner Boyolali Yang Murah Dan Enak

 

Restoran Halal di Copenhagen Denmark versi Tripadvisor

 

Beda dan Tak Biasa, Inilah Hotel Teraneh Dunia yang Bikin Tepok Dahi

 

8 Kuliner Malaysia yang Nikmat di Lidah, Jangan Dilewatkan ya

 

 

  • Ungker

bloranews

Kuliner yang satu ini tergolong kuliner yang ekstrem. Bagaimana tidak?

Ungker adalah kuliner khas Blora yang terbuat dari kepompong daun jati. Ungker terkenal karena khasiatnya yang  berprotein tinggi.

Kuliner ini bisa Anda temukan di alun-alun Blora yang dibandrol dengan harga 50 ribu rupiah per porsinya. Memang sedikit pricey, namun setara dengan khasiatnya yang baik bagi tubuh.

 

 

  • Egg Roll

Sesuai Namanya, makanan ini berbahan dasar telur dengan tekstur yang renyah dan empuk. Selain lezat, makanan ini juga bergizi tinggi karena tidak menambahkan bahan pengawet. Harganya hanya 13,500 rupiah per kotak.

 

 

  • Suvenir Barongan

bukalapak

Salah satu kesenian yang cukup terkenal dari Jawa Tengah adalah Barongan. Anda bisa mendapatkan souvenir barongan di Blora untuk oleh-oleh. Ada berbagai bentuk, seperti hiasan dinding hingga gantungan kunci.

Harganya bergantung pada pola ukir serta tingkat kesulitan saat pembuatan souvenir, apalagi barongan cukup unik untuk dibuat.

 

 

  • Kaos Samin

twimg

Samin sendiri berasal dari nama tokoh pahlawan Blora bernama Samin Surosentiko. Warnanya hitam dengan gambar sang pahlawan di bagian depan. Warna hitam bermakna adanya kesetaraan kekayaan, kepandaian, dan kesetaraan lainnya di hidup setiap insan.

Makna inilah yang membuat pemerintah Blora mewajibkan para ASN untuk mengenakan kaos Samin di hari Kamis pekan ke 4.

 

 

  • Batik Blora

detik.net.id

Berkunjung ke Blora akan terasa kurang bila tidak membawa oleh-oleh Batik Blora. Ciri khasnya terletak pada pengaplikasian warna yang bermakna kearifan lokal, mulai dari pohon jati, tayub, serta barongan.

 

Itulah 10 oleh-oleh khas Blora yang dapat Anda bawa untuk buah tangan sanak saudara di rumah. Tunggu apalagi? Siap berkunjung ke Blora?

 

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.