Nyaamm… Lezat Menggoda! 9 Makanan Khas Lebaran di Dunia

Hari lebaran tiba, saatnya seluruh umat muslim  di dunia merayakannya. Setiap negara memiliki tradisinya masing-masing dalam merayakan hari lebaran.

Salah satunya makanan khas lebaran yang selalu tersedia saat hari raya Idul Fitri.

Menghidangkan makanan khas lebaran saat hari lebaran adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap keluarga yang kemudian dilanjutkan dengan acara makan besar Bersama keluarga.

Indonesia sendiri memiliki makanan khas lebaran berupa ketupat, opor ayam, rendang, serta beragam macam kue kering yang tersaji di meja.

Ngomong-ngomong soal makanan khas lebaran Indonesia, bagaimana makanan khas lebaran di negara lainnya? Penasaran? Simak pembahasannya berikut ini.

1.    Kulhi Boakibaa, Maladewa

Pertama ada Kulhi Boakibaa, makanan khas asal Maladewa. Jika Anda berkunjung ke Maladewa saat hari raya Idul Fitri, pasti Anda akan disuguhkan gulha dan kulhi boakibaa.

Kedua hidangan ini menggunakan bahan dasar olahan laut.

Gulha adalah bola-bola yang terbuat dari ikan. Kulhi boakibaa adalah nasi yang kemudian dicampur dengan daging tuna segar. Cita rasanya? Tentu nikmat dan gurih.

2.    Ceebu Jen, Afrika Barat

Rencana berkunjung ke Afrika Barat saat momen lebaran? Maka pastikan untuk mencoba Ceebu Jen, hidangan khas lebaran di Afrika.

Tepatnya, hidangan ini adalah makanan tradisional Senegal yang identic dengan momen lebaran sehingga Anda akan mudah menemukannya di hari lebaran.

Ceebu Jen adalah hidangan yang terbuat dari campuran nasi, ikan, serta sayur khas Afrika Barat. Ikan akan disajikan tepat di atas nasi sehingga terlihat menggiurkan.

3.    Sup Mie La Mian, Tiongkok

Masyarakat muslim di Tiongkok merupakan kaum minoritas. Namun, mereka selalu antusias dalam merayakan hari lebaran hari kemenangan umat Islam.

Salah satunya dengan menghidangkan Sup Mie La Mian di hari lebaran. Hidangan ini terbuat dari adonan tepung terigu dan ditarik dengan tangan hingga memanjang dan membentuk mie.

Biasanya diberi tambahan sayuran serta daging di atasnya.

Sup Mie ini terlihat sangat menggiurkan. Jika Anda merayakan lebaran di Tiongkok, maka hidangan ini wajib Anda coba.

4.    Biryani, Asia Selatan

Hidangan khas lebaran ini merupakan nasi yang dimasak dengan rempah serta daging atau sayuran. Biryani berasal dari Asia Selatan, tepatnya dari Persia yang masuk ke India.

Menurut masyarakat Asia Selatan, meja makan akan dirasa belum lengkap jika taka da hidangan biryani di hari lebaran.

5.    Baklava, Turki

Selain makanan berat, ada juga makanan khas lebaran berupa pastry. Salah satunya hidangan pastry yang ada di Turki, yaitu Baklava.

Tekstur dari kue ini berlapis-lapis dengan isian berbagai macam potongan kacang. Di atasnya diberi siraman sirup dan madu. Bagi Anda yang suka dengan pastry, dijamin ketagihan dengan hidangan yang satu ini.

6.    Kebab, Timur Tengah

Untuk hidangan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Menu Kebab merupakan hidangan wajib saat hari lebaran di daerah Timur Tengah.

Kebab di Timur Tengah mungkin cukup berbeda dari apa yang dijual di Indonesia. Kebab akan dimasak dan diolah dengan beragam cara. Ada yang disajikan mirip seperti burger, ada juga yang seperti sate.

baca juga:

Tinutuan, Kuliner Khas Pemersatu Masyarakat Manado

 

7.    Kahk, Mesir

Kahk adalah kue yang sudah ada sejak tahun 1540 sebelum masehi. Kue bukat ini berisi kacang dan taburan tepung gula yang berkalori rendah.

Bahkan, kue ini mengandung protein dan karbohidrat yang baik bagi tubuh.

8.    Tagine, Afrika Utara

Menu Tagine bukanlah sebuah masakan atau hidangan, namun sebuah alat memasak yang terbuat dari tanah. Biasanya Tagine sering dipakai di Maroko, Tunisia, dan Argentina.

Masakan lebaran yang biasanya dimasak dengan Tagine adalah sayur dan daging khas tiap negara di Afrika Utara.

9.    Sheer Kurma, Pakistan

Selanjutnya ada Sheer Kurma, makanan khas lebaran yang ada di Pakistan. Buah kurma memang menjadi komoditi berlimpah di Pakistan sehingga kurma tidak boleh dilupakan ketika lebaran tiba.

Sheer Kurma sendiri adalah pudding buah kurma yang diberi campuran susu serta mie vermicelli. Bisa terbayang bagaimana rasa dari masakan olahan kurma ini?

Itulah beberapa makanan yang khas saat lebaran di negara lain. Jika di rumah Anda, apa saja makanan khas lebaran yang selalu tersaji?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.