Nasi Pecel Gudeg Lumintu, Sajian Kuliner Nikmat Khas Jember

Kuliner gudeg terkenal dari daerah Yogyakarta, sedangkan pecel yang nikmat banyak dijumpai di sebagian besar wilayah Jawa Timur. Apa jadinya jika kedua kuliner istimewa ini digabungkan menjadi satu? Kira-kira akan timbul rasa yang seperti apa ya? Anda pasti sangat penasaran bukan?

Kuliner pecel gudeg yang unik ini bisa Anda jumpai di kawasan Jember, Jawa Timur. Meski berlokasi di dalam gang, namun tempat penjual kuliner pecel gudeg ini tetap ramai dipadati pengunjung. Hal ini sebagai bukti bahwa kuliner pecel gudeg sangat diminati masyarakat dan tentu saja sangat menarik untuk dicoba sebagai tambahan referensi kuliner Anda.

Jember merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Beribukotakan Jember, kabupaten yang berada di daerah Tapal Kuda ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudera Hindia di selatan, dan Kabupaten Lumajang di barat.

Banyak sekali kuliner yang ditawarkan Jember baik yang berupa makanan, minuman maupun oleh-oleh khas daerah tersebut. Namun, kali ini Anda akan diperkenalkan secara khusus dengan salah satu kuliner di Jember yang berupa makanan dan sangat terkenal yaitu pecel gudeg Lumintu. Warung pecel gudeg Lumintu sudah ada di Jember sejak 1980-an. Di tempat ini menyediakan nasi pecel, nasi gudeg dan nasi campur alias pecel dan gudeg. Nasi campur pecel gudeg inilah yang menjadi andalan warung Lumintu dan menjadi favorit pelanggan. Tak seperti kebanyakan gudeg yang berasa manis, gudeg lumintu tak berwarna coklat seperti gudeg jogya dan rasanya pun tidak terlalu manis.

Pokoknya, kuliner pecel gudeg di warung ini rasanya makyus dan sesuai dengan lidah Jawa Timuran. Kuliner pecel gudeg Lumintu memiliki citarasa yang nikmat karena dimasak sehari sebelum disajikan sehingga bumbunya meresap dan  menggunakan tungku kayu bakar yang masih tradisional.

Anda bisa membeli kuliner pecel gudeg di Lumintu dengan atau tanpa nasi. Gudeg, pecel ataupun campuran gudeg pecel serasa lebih nikmat dengan tambahan lauk yang bisa berupa rempelo ati, ayam ataupun telur. Menu lain yang disediakan di warung Lumintu adalah soto ayam dan ayam bakar. Namun, yang menjadi pilihan utama pelanggan tetaplah nasi pecel gudegnya. Kuliner pecel gudeg Lumintu terdiri dari pecel yang berupa sayuran kacang panjang dan kecambah dengan bumbu kacangnya yang sedikit pedas, dan gudeg yang berupa sayur tewel (nangka muda) serta sambal goreng krecek dengan kacang tolo. Lauknya berupa ayam dan pindang telur serta ditambahi rempeyek kacang dan sambal.

 

Baca Juga : Bakso Kabut, Kuliner Unik Asal Jember

 

Seporsi nasi pecel gudeg Lumintu bisa Anda beli dengan harga 18.000 rupiah saja. Harga yang dibandrol untuk seporsi nasi pecel gudeg terbilang tak mahal karena porsinya yang cukup banyak dan lauknya melimpah. Tempat makannya pun cukup nyaman karena warung yang dulunya agak sempit kini terlihat lapang dan luas setelah di renovasi  dan cukup memadai untuk menampung pelanggan yang berjubel. Tips buat Anda yang tak biasa makan dalam porsi banyak, Anda bisa memesan setengah porsi saja agar tak kekenyangan. Atau, Anda bisa pesen seporsi untuk dibawa pulang sehingga dapat dimakan bersama keluarga di rumah.

Pelayanan di warung Lumintu inipun termasuk  cepat dan sangat cekatan. Warung ini memisahkan para pelanggan yang ingin makan di tempat dengan yang dibungkus ataupun di bawa pulang. Bagi Anda yang memesan untuk di bawa pulang, Anda akan dilayani di bagian depan dan sudah ada nomor antriannya mirip pasien tunggu di dokter. Jadi, Anda akan dilayani sesuai nomor antrian tak bisa salip menyalip seenaknya. Salut buat warung ini yang selalu berupaya utuk memberi kenyamanan pada pelanggan.

Jika tidak mau mengantri, sebaiknya Anda memperhatikan jam-jam sibuk warung. Warung Lumintu biasanya ramai pembeli di pagi hari yaitu sekitar pukul 07.00 pas waktu sarapan. Untuk jam operasionalnya sendiri, warung ini buka mulai jam 6 pagi sampai jam 2 siang. Namun, tak jarang belum sampai  jam 2 warung terpaksa tutup karena menu makanan sudah habis terjual. Hindari datang ke warung pas hari Sabtu ya, karena warung tutup pas hari itu. Daripada kecewa, mending Anda simpan di agenda sebangai pengingat.

Setelah libur, warung Lumintu pasti diserbu pelanggan pada hari Minggunya. Pengunjung sepertinya tak berkurang meski waktu sudah menunjukkan pukul 10 pagi. Nah, untuk menghindari antrian yang panjang, usahakan hindari datang ke warung ini pas Minggu. Atau jika Anda berasal dari luar kota dan kebetulan ada di Jember pas akhir pekan, usahakan datang ke warung sepagi mungkin agar bisa merasakan nikmatnya kuliner pecel gudeg sebagai kuliner khas Jember ini.  

(Jari Adventure-Det)

 

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

One thought on “Nasi Pecel Gudeg Lumintu, Sajian Kuliner Nikmat Khas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *