Mudik ke Sukabumi, Coba 10 Kuliner khas daerah Jawa Barat Ini

Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki kuliner khasnya masing-masing. Kuliner khas wajib dieksplore saat berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia.

Salah satunya adalah di Sukabumi, Jawa Barat. Untuk mengunjungi Sukabumi, Anda bisa mengendarai kedaraan pribadi, atau kendaraan umum seperti kereta, travel, dan bus.

Sukabumi memilki banyak sekali spot wisata yang diminati banyak wisatawan. Tak hanya itu, wisata kulinernya juga banyak sekali jenisnya, mulai dari makanan berat hingga camilan.

Berkunjung ke Sukabumi kurang rasanya jika melewatkan wisata kulinernya. Ada banyak rekomendasi makana khas yang wajib Anda coba. Bikin ngiler, lho! Apa saja? Mari kita simak berikut ini,

1.    Bubur Ayam Bunut

Bubur Ayam Bunut adalah salah satu makanan paling dikenal di Sukabumi. Sejarahnya, bubur ayam ini dijual oleh H. To’I di tahun 1981 dengan pikulan.

Semakin lama, buburnya laku keras dan berpindah mangkal dekat Rumah Sakit Bunut (kini berubah nama menjadi RSU Syamsudin). Saat itulah nama bubur ayam Bunut dikenal banyak orang.

Namun kini, bubur Bunut mudah Anda temukan karena memiliki berbagai cabang di Sukabumi. Bubur ini memiliki tekstur lembut dengan taburan berbagai topping seperti ayam suwir, bawang goreng, kerupuk dan jeroan.

2.    Nasi Uduk Ungu

Beda dari nasi uduk lainya, Sukabumi punya Nasi Uduk Ungu. Seunik Namanya, nasi ini memang berwarna ungu yang didapat dari campuran buah bit dan ubi ungu.

Nasi ungu dimakan dengan berbagai lauk mulai dari ayam goreng, tahu, tempe, sambal, serta lalapan.

Tak hanya nasi ungu, ada juga nasi hijau yang warnanya berasal dari bayam. Sama-sama enak dan wajib Anda coba!

3.    Bandros

Kue yang satu ini sekilas bisa dibilang mirip dengan pancong. Jika pancong berasal dari Betawi, Bandros berasal dari Jawa Barat.

Bahan yang digunakan berbeda dari pancong karena sama sekali tidak menggunakan tepung tapioca. Ada banyak tempat yang menjual bandros di Sukabumi, salah satunya di Bandros Atta.

Di sini ada beragam rasa bandros mulai dari cokelat, vanilla dan keju.

4.    Kue Mochi

Kue Mochi memang sudah legendaris sejak lama di Sukabumi. Salah satu pelopor mochi paling terkenal adalah Mochi Kaswari Lampion.

Mochi di tempat ini selalu berinovasi setiap tahunnya. Ada berbagai mochi yang bisa Anda pilih, mulai dari kacang, keju, cokelat, serta stroberi. Di musim liburan, toko Mochi Kaswari selalu ramai pembeli.

5.    Roti Priangan

Roti Priangan dibuat dari bahan yang sehat tanpa bahan pengawet. Salah satu jenis roti paling terkenal adalah roti dengan bentuk tanduk yang isiannya berupa susu dan mentega.

Selain itu, ada juga jenis roti lainnya seperti roti stroberi, cokelat, dan ada juga yang roti tawar. Selain rasanya yang enak, roti ini memiliki tekstur empuk sehingga diminati oleh banyak orang.

6.    Sagon Bakar

Camilan khas SUkabumi lainnya adalah Sagon bakar. Camilan ini terbuat dari aci, kelapa, dan bahan tambahan lainnya.

Rasanya? Tentu saja gurih dengan tekstur yang renyah. Bisa menjadi teman ngopi Anda Bersama kerabat. Varian rasa dari sagon bakar cukup banyak, mulai dari cokelat, kopi, keju, dan original.

7.    Sekoteng Singapore

Ingin makan yang hangat-hangat di malam hari? Anda bisa memilih Sekoteng Singapore. Isiannya memang tidak jauh dari sekoteng biasanya.

Bedanya terletak pada remahan roti jahe. Kuah sekoteng yang hangat bisa menghangatkan tubuh Anda dikala malam.

baca juga:

Everland Resort-Yongin di Korea Selatan, Tempat Terbaik Habiskan Liburan Bareng Keluarga

8.    Sate Aci

Berbeda dengan sate ayam dan kambing, sate aci terbuat dari tepung kanji yang dibentuk lalu ditusuk dan disiram dengan bumbu kacang.

Teksturnya kenyal dan gurih mirip dengan cilok. Selain membuat perut kenyang, sate aci juga ramah di kantong!

9.    Kue jahe

Kue Jahe bisa menjadi pilihan Anda untuk dijadikan oleh-oleh. Rasanya manis dan bisa menghangatkan tubuh karena terdapat parutan jahe asli yang menjadi bahan utama kue jahe.

10. Surabi

Tak hanya di Bandung, Surabi juga terkenal di kawasan Sukabumi. Ciri khas Surabi asal Sukabumi adalah bahan campuran dari buah durian asli.

Di atasnya akan diberi parutan keju yang gurih. Selain itu, ada banyak jenis surabi lainnya yang bisa Anda pilih seperti oncom, cokelat, dan stroberi.

Berlibur ke Sukabumi akan terasa kurang jika belum mengeksplore wisata kulinernya. Dari pagi sampai malam, banyak sekali kuliner yang bisa Anda coba. Harganya tidak membuat kantong bolong! Jadi, selamat mencoba!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.