Menggoyang Lidah dan Murah! 8 Kuliner dan Jajanan khas Jawa Terpopuler

Semuanya pasti sudah tahu mengenai masakan Jawa yang sudah terkenal ke berbagai daerah lainnya. Bagaimana tidak?

Pulau Jawa memiliki daerah yang beragam dengan sumber daya yang maju sehingga dicap sebagai surganya kuliner lezat yang pastinya memiliki rasa yang menakjubkan.

Ketika berada di daerah di Pulau Jawa, maka itulah waktunya untuk Anda mengeksplore semua makanan khas yang sering diburu wisatawan.

Jangan hanya habiskan waktu untuk makan makanan cepat saji saat berlibur. Apa saja makanan Jawa yang terkenal bahkan diburu oleh wisatawan? Check this out!

1. Rawon

Siapa yang tidak tahu dengan rawon? Rawon sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Makanan ini juga sangat mudah untuk ditemukan, mulai dari warung pinggiran bahkan juga restoran di berbagai daerah.

Rawon memiliki citarasa yang sangat nikmat. Kuahnya yang berwarna coklat kehitaman berasal dari resep kluwek khas Pasuruan, Jawa Timur.

Nikmati rawon dengan tambahan kerupuk agar rasa lebih nikmat. Tak lupa dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng diatasnya. Dijamin, Anda akan ketagihan!

2. Tahu Petis

Makanan yang satu ini mudah ditemukan dimana saja, bahkan di depan sekolah-sekolah juga ada yang menjual tahu petis di gerobak.

Menggunakan bahan dasar berupa tahu yang tentu saja dilengkapi dengan petis. Makanan khas Semarang ini bisa Anda jadikan sebagai cemilan atau bisa juga sebagai lauk Bersama nasi hangat. Tambahkan cabai rawit agar rasa lebih segar dan pedas.

3. Lumpia Semarang

Semarang terkenal akan lumpianya yang sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Makanan khas Semarang ini sangat mantap saat disantap waktu hangat.

Apalagi dengan tambahan saus dan cabai rawit. Isian dari lumpianya berupa ayam, rebung, telur, sayuran hingga udang. Anda bisa memilih isian sesuka hati. Pastikan Anda mencoba kuliner yang satu ini saat berlibur ke Semarang.

4. Soto Lamongan

Kuliner asal Jawa Timur ini memiliki citarasa yang dapat memikat hati siapapun yang memakannya. Soto Lamongan sering kali menjadi incaran wisatawan saat berlibur di Jawa. Anda bisa menemukannya di berbagai daerah.

Lalu, apa perbedaan Soto Lamongan dengan soto lainnya? Bedanya terletak dari bumbu rahasianya yaitu koya (bubuk gurih dari bawang putih dan kerupuk udang). Rasanya? Tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya!

5. Rujak Cingur

Makanan Rujak cingur merupakan kuliner khas Jawa dengan jumlah penggemar yang sangat banyak. Kuliner ini juga tersebar hingga ke luar Jawa, lho! Jadi Anda bisa mudah menemukannya di daerah lain.

Yang membedakan Rujak Cingur dengan rujak manis adalah dari cita rasanya. Isinya mulai dari irisan buah, sayuran, dan sambel pedas manis serta bahan tambahan lainnya. Kuah kacangnya terbuat dari gula merah, petis, kacang tanah, serta cabai yang bisa Anda tentukan jumlahnya.

Baca juga:

Jangan Ribet, yuk Pilih Destinasi Wisata Berdasarkan Zodiakmu

 

6. Tempe Mendoan

Dapat dikatakan tempe yang satu ini cukup berbeda dengan tempe pada umumnya. Tempe mendoan yang berasal dari Banyumas dan Purwokerto ini mudah untuk Anda temukan bahkan di pedagang pasar sekalipun. Tempe ini harus digoreng dengan minyak panas dan digoreng cepat agar isinya tidak terlalu matang.

Sangat mudah membeli tempe bahkan hampir di seluruh Jawa Tengah dan sekitarnya. Tempe ini juga bisa Anda beli untuk lauk di rumah.

7. Enting-enting Gepuk

Enting-enting gepuk adalah kuliner khas Jawa Tengah tepatnya Salatiga yang terbuat dari tumbukan kacang tanah yang dipadatkan lalu dicampur dengan gula jawa.

Setelah itu, adonan digoreng hingga matang. Rasanya telah membius banyak orang yang mencobanya. Anda akan merasakan rasa manis namun tetap gurih dalam 1 kali gigitan.

8. Bakso Malang

Dimana para pecinta bakso? Setiap orang yang mencintai kuliner bakso wajib untuk mencoba Bakso Malang. Bakso lezat ini memiliki varian yang beragam mulai dari bakso biasa, bakso isi udang dan telur, bakso goreng, dan bakso lainnya.

Apalagi tambahan pangsit goreng atau basah, hati, mie, lontong, hingga ampela yang akan membuat perut Anda semakin kenyang. Kuliner khas Malang ini wajib Anda coba saat berlibur di pulau Jawa.

Masih banyak masakan khas Jawa lainnya yang wajib Anda coba. Tenang saja, kuliner Jawa tidak sulit untuk ditemukan.

Bahkan tidak akan membuat kantong Anda bocor meski sudah makan banyak makanan. Variannya juga banyak sehingga Anda tidak akan kebosanan. Kuliner yang mana yang ingin Anda coba?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.