Mengenal 5 Kuliner khas Suku Dayak yang Otentik dan Mencengangkan

Apakah Anda tahu tentang suku Dayak? Suku Dayak adalah salah satu suku di Indonesia yang tinggal di wilayah Kalimantan tepatnya di daerah Borneo.

Suku Dayak terkenal akan adat istiadat serta budayanya yang khas hingga saat ini tanpa pengaruh besar dari kemodernan jaman sekarang.

Kawasan suku Dayak juga sering dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal hingga mancanegara yang penasaran akan keunikan dari budayanya.

Selain budayanya, Anda juga harus tahu tentan kuliner yang dimiliki oleh suku Dayak. Ternyata, mereka memiliki makanan yang enak serta populer, lho!

Banyak kuliner khas suku Dayak yang wajib Anda coba karena semuanya memiliki cita rasa lezat serta mudah untuk ditemukan di kawasan suku Dayak dan juga di daerah Kalimantan.

Ciri khas dari kuliner suku Dayak adalah bisa menarik para pengunjung dan pecinta kuliner untuk mencoba semua makanannya. Dijamin Anda akan tergoda saat menemukan beberapa kuliner khas Dayak.

Ada beberapa daftar makanan khas suku Dayak yang enak dan populer. Semua makanan ini wajib untuk Anda coba. Apa saja? ini dia informasinya sebagai berikut:

1.Kue Dange

Hairi Yanti’s Blog

Siapa yang belum tahu kue khas yang satu ini? Makanan ini sering menarik banyak pengunjung akan kelezatannya. Kue ini sangat digemari oleh masyarakat suku Dayak.

Kue Dange biasanya dapat Anda jumpai di acara-acara seperti pesta atau sebagai camilan ringan di hari-hari bebas.

Untuk membuat kue Dange, Anda bsia menyediakan parutan kelapa, gula, dan juga tepung. Lalu dipanggang dengan pemanggang khusus untuk kue Dange.

Setelah jadi, kue akan berbentuk setengah lingkaran bulat, serta memiliki aroma khas dan warna kecoklatan sehingga bisa menggugah selera.

Adanya kelapa dan gula membuat rasa kue ini menjadi manis dan gurih. Bagi Anda yang suka ngemil, pastikan untuk mencoba kue yang satu ini.

2.Kalumpe/ Karuang

travelingyuk.com

 

Kalumpe sering disebut juga dengan Karuang. Makanan yang satu ini adalah sayur yang sering diminati banyak orang. Kalumpe sendiri berasal dari bahasa Dayak Maanyan serta Karuang berasal dari bahasa Dayak Ngaju.

Makanan ini terbuat dari daun singkong yang sudah ditumbuh halus lalu dimasak sedemikian rupa. Daun singkong yang sudah ditumbuk halus akan dicampur dengan terong kecil atau terong pipit.

Lalu, adonan akan dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, lengkuas serta serai yang sudah dihaluskan sebelumnya. Tambahkan cabai jika ingin menambah rasa pedas.

Kalumpe sering disajikan saat panas dengan sambal terasi pedas serta tambahan ikan asin.

3. Juhu Singkah/ Umbut Rotan

Mas-Kulin

 

Dari namanya saja makanan ini sudah bisa menarik pengunjung karena penasaran. Umbut rotan artinya rotan muda.

Makanan ini ternyata mudah ditemukan di Dayak karena mereka sangat mudah menemukan bahan makanan ini tanpa perlu menanamnya.

Mereka dengan mudah menemukan umbut rotan di hutan yang ada. Membuat masakan ini ternayta cukup mudah.

Anda cukup menyediakan rotan muda yang sudah dibersihkan, lalu buang kulitnya dan potong kecil-kecil. sajikan dengan ikan baung atau terong asam agar lebih nikmat.

4.Wadi

kooliner.com

 

Apa itu wadi? Wadi adalah salah satu makanan khas Dayak yang sangat unik. Kenapa? Wadi ternyata dibuat dari daging babi yang dibusukkan.

Namun, sebelum dibusukkan daging akan dilumuri bumbu dari beras ketan putih atau biji jagung yang disangrai hingga berwarna coklat lalu ditumbuk atau diblender. Hanya orang-orang dengan keahlian khusus saja yang bisa membuat Wadi.

Daging yang sudah dibersihkan, direndam selama 5 hingga 10 jam dalam air garam. Setelah itu, daging di angkat dan dibiarkan mengering.

Lalu, daging akan dicampur dengan Sa’mu atau bumbu Wadi dan disimpan dalam wadah kaca, toples, atau plastik  kedap udara.

Daging akan disimpan selama 3 hingga lebih dari 1 minggu. Daging yang sudah dibusukkan, akan diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi dengan digoreng atau dimasak.

Baca juga:

Nyamm.. Semuanya Enak! 7 Makanan khas Istanbul Turki yang Bikin Nyesel Bila Tak Dicicipi

 

5.Kue Lepet

cookpad.com

 

Untuk kue yang satu ini pasti sudah Anda ketahui. Kue ini sangat populer dan ternyata berasal dari suku Dayak. Kue ini dilipat dengan daun pisang yang dikukus dan dibalur dengan adonan beras, tepung, kelapa parut, gula merah, daun pisang, serta ditambahkan dengan minyak goreng.

Rasanya sangat enak dan juga gurih. Anda bisa menyediakan adonan tepung yang dimasukkan ke dalam daun pisang. Ukurannya juga harus sudah di tentukan agar tingkat kematangan pas.

Buat pula isian berupa kelapa parut serta gula merah yang cair. Setelah itu, isi dan tutup merata dengan adonan lagi. Kukus hingga matang.

***

Demikian info tentang kuliner khas Suku Dayak dari Kalimantan. Pastikan perjalanan wisata Anda ke Pulau Borneo telah menggunakan jasa agen travel wisata yang profesional dan berkualitas. Hanya Jari Adventure tour and travel yang memberikan pelayanan prima dengan harga paket wisata terjangkau dan lengkap.

Hubungi HP : 0812-22279979 dan WA : 0877-78906999 untuk pemesanan dan info selengkapnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.