Mencicipi 5 Kuliner Khas Pati, Jawa Tengah Yang Sederhana Tapi Menggoda

Jika Anda berkesempatan berwisata ke Jawa Tengah tak ada salahnya mampir sejenak di Pati. Masih asing dengan nama tersebut? Pati merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang sebagian besar wilayahnya adalah dataran rendah. Terdapat rangkaian Pegunungan Kapur Utara di bagian selatan Pati yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora, sedangkan di bagian barat laut yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara terdapat perbukitan. Kabupaten Rembang mengapit Pati di bagian timur.  

Tak hanya menawarkan obyek wisata yang menarik seperti Gua Pancur, Waduk Gunung Rowo, Juwana Water Fantasy (JWF), Makam Syeh Jangkung Saridin, Pantai Banyutowo dan masih banyak lagi, Pati juga memiliki kuliner khas yang meski sederhana tapi tak kalah lezat dan menggodanya dengan daerah di Jawa Tengah lainnya. Untuk mengetahui seperti apa kuliner khas Pati ini tak ada salahnya Anda menyimak uraian berikut ini:
  1. Soto Ayam Kemiri

Sesuai dengan namanya, Soto Ayam Kemiri berasal dari desa Kemiri, salah satu desa di Kabupaten Pati yang terletak di sebelah utara terminal pati. Kuliner khas yang satu ini mempunyai keunikan tersendiri dalam pembuatannya yaitu dibuat dengan cara mengopyok semua bahan yang akan disajikan. Cara pembuatan yang berbeda dengan soto yang lainnya inilah yang membuat Soto Kemiri banyak digemari. Paling enak soto kemiri ini dipadukan dengan ayam yang digoreng garing. Anda sudah bisa membayangkan bukan bagaimana segarnya kuah dan lezatnya makanan khas Pati ini.

  1. Petis Kambing Runting

Bagi pecinta daging kambing, Anda cocok mencicipi kuliner khas Pati yang satu ini. Petis kambing runting merupakan kombinasi masakan daging kambing yang benar-benar mengugah selera. Meski sekilas tampak seperti gule karena kuahnya yang hijau bersantan, petis kambing runting memiliki kuah yang khas yang dicampur dengan tepung beras dan rebusan daging yang sudah lebur. Kekhasan makanan ini bisa Anda rasakan saat kuah sudah masuk di mulut dimana terdapat banyak butiran kenyal hangat yang lumer yang bisa Anda rasakan. Kuah petis kambing runting ini memiliki rasa gurih yang membuat Anda ketagihan untuk mencobanya kembali.       

  1. Gethuk Runting

Berbahan dasar singkong, kuliner khas Pati gethuk runting ini dibuat dengan cara merebus singkong hingga matang sebelum ditumbuk hingga halus dan dibubuhi sedikit garam untuk menambah rasa gurih. Anda dapat menikmati gethuk ini dengan tambahan taburan kelapa parut dan serundeng atau di celup gula merah. Pembungkus gethuk ini menggunakan bahan alami yang berupa daun daun pisang. Akan sangat menarik jika menikmati makanan ini di suasana pedesaan yang hijau dan udara yang segar dipadu dengan hangatnya kopi atau teh di sore hari. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya bersama pasangan? Pasti sangat romantis.    

  1. Nasi Gandul

Nama nasi gandul diambil dari bahasa Jawa ‘gandul’ yang artinya menggantung. Kenapa menggantung? Karena pikulan yang dipakai untuk membawa nasi ini turun naik seiring dengan langkah si penjual. Versi lain mengatakan bahwa nasi gandul adalah nasi yang gemandul alias tidak menempel pada piringnya karena dialasi dengan daun pisang saat kita membelinya. Dari manapun asal penyebutannya, kuliner khas Pati nasi gandul ini memiliki cita rasa yang khas karena adanya aroma daun pisang yang menjadi alas.     

  1. Sego Tewel

Kuliner khas Pati sego tewel berupa nasi dan sayur nangka muda (tewel, gori, cecek -Bahasa Jawa). Yang unik adalah cara penyajiannya yaitu dengan piring yang dilapisi daun jati. Bisa dibayangkan bukan bagaimana aroma khas perpaduan antara daun jati dan tewel yang terhirup saat Anda menyantap sego tewel ini? Hmmmm…pastinya sangat menggugah selera. Sego Tewel ini biasanya disajikan dengan rasa yang sedikit pedas yang tentu saja menambah sensasi tersendiri bagi lidah Anda. Menu pelengkap untuk sego tewel biasanya berupa tempe goreng dan bakwan.

Meski terbilang simpel dan sederhana tapi kuliner-kuliner khas di atas tetap saja menarik untuk dicoba dan pasti sayang untuk dilewatkan. Jadi, tunggu apalagi, mari liburan bersama travel agen wisata kami dan nikmati nikmatnya kelezatan wisata kuliner khas asli warisan tradisi negeri sendiri. Yuk… yuk… (Jari Adventure-Det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.