Nikmatnya Kuliner Tradisional Khas Maluku Utara Ini

Berwisata ke suatu daerah akan semakin asyik bila berkesempatan untuk mencoba kuliner khas daerah tersebut.  Tak terkecuali bila Anda jalan-jalan menikmati keindahan Pulau Morotai yang merupakan bagian dari Provinsi Maluku Utara. 

Anda bisa menyantap kuliner tradisional khas Maluku Utara, seperti papeda, sambal colo-colo, sayur lilin, nasi jaha serta gohu ikan yang terkenal sebagai sashiminya orang Ternate. Makanan-makanan ini memiliki cita rasa yang khas dan lezat hingga bisa membikin lidah Anda tak berhenti bergoyang. Penasaran dengan suguhan  istimewa ini? Berikut lima kuliner tradisional khas Maluku Utara yang wajib Anda coba.   

Papeda

Jika masyarakat Pulau Jawa punya nasi sebagai makanan pokok, maka Maluku Utara punya papeda. Makanan mirip bubur yang terbuat dari sagu ini sudah menjadi menu tradisional khas Maluku sejak dahulu kala dan digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Papeda paling pas dinikmati selagi masih panas dengan lauk olahan ikan laut sebagai pendampingnya. Umumnya, papeda  disantap dengan ikan kuah soru. Jenis ikan yang digunakan untuk kuah soru ini biasanya adalah ikan asar. fJadi, bila Anda berkunjung ke Maluku Utara, kuliner tradisional khas Maluku Utara pertama yang wajib Anda coba ya papeda ini.  

Sambal Colo – Colo

Hampir semua daerah di nusantara memiliki olahan sambal khasnya masing-masing. Begitu juga di Maluku Utara. Sambal khas dari wilayah ini dikenal dengan sebutan sambal colo-colo. Sambal lezat ini dibuat dari campuran cabai rawit, bawang merah, tomat muda dan perasan jeruk nipis. Siap-siap saja, setelah mencoba sambal ini nafsu makan Anda bakal bertambah.   

 

Baca Juga : Deretan Tempat Wisata di Pulau Morotai Yang Wajib Dikunjungi (Bag.1)

 

Sayur Lilin

Jika Anda membayangkan kuliner tradisional khas Maluku Utara yang satu ini terbuat dari lilin, maka Anda salah besar. Tak seperti namanya, sayur lilin khas Maluku Utara ini terbuat dari bahan dasar yang berupa terubuk atau tebu telur. 

Gampang sekali menemukan tanaman ini di daerah Halmehera karena memang dibudidayakan untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat setempat.  Mengolah sayur lilin pun cukup mudah. Pertama-tama, potong terubuk agak panjang dan beri dengan bunbu santan sebagai kuah dasarnya. Paling maknyus nih, sayur lilin dikonsumsi berdampingan dengan papeda.

Nasi Jaha

kuliner tradisional khas Maluku Utara ini terbuat dari bahan dasar yang berupa beras ketan dan beras putih biasa. Cara pengolahan nasi jaha ini tergolong unik, yakni dengan mencampur kedua bahan utama tadi kemudian dimasukkan ke dalam batang bambu dan dibakar hingga matang dan mengeluarkan aroma yang sangat khas.

Biasanya, masyarakat Maluku memilih nasi jaha sebagai alternatif pengganti nasi biasa. Nasi jaha cocok dipadukan dengan aneka jenis lauk dan memiliki rasa yang gurih yang menggoda. Anda bisa mendapatkan makanan ini dengan mudah di restoran-restoran yang bertebaran di Maluku Utara.

Gohu Ikan

Penasaran dengan sashiminya orang Ternate? Maka, Anda harus segera mencoba gohu ikan. Makanan ini terbuat dari bahan dasar yang berupa ikan tuna segar.  Pemilihan ikan segar ini dimaksudkan untuk menjaga cita rasa gohu yang sempurna.

Tak begitu sulit memasak gohu ikan dan mungkin juga Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Pertama, potong-potong ikan tuna hingga berukuran kecil-kecil kemudian lumuri dengan perasan lemon cui atau sejenis jeruk nipis yang harum dan berwarna kuning-jingga untuk menghilangkan bau amis. Kemudian, tambahkan dengan potongan kasar daun balakama atau kemangi.  

Setelah semua bahan tercampur, diamkan selama beberapa saat agar bumbu meresap. Selagi menunggu, Anda bisa menyiapkan bumbu tumisnya yang berupa cabai rawit dan bawang merah yang dirajang kemudian ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Setelah tercium bau harum, tuangkan bumbu tumisan ini ke atas potongan ikan tuna segar tadi. Gohu ikan yang lezat pun siap disantap.

Ulasan tentang lima jenis kuliner tradisional khas Maluku Utara di atas semoga bisa menjadi bahan referensi saat Anda mampir di Maluku Utara. Anda bisa mencoba kelimanya atau mungkin sebagian saja. Yang pasti, kuliner tradisional khas Maluku Utara ini menambah pengetahuan Anda tentang ragam kuliner di Indonesia. Selamat mencoba ya, semoga Anda suka!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.