Makanan Khas Daerah yang Populer Di Indonesia, Sudah Coba?

Makanan merupakan sumber gizi dan protein untuk manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, manusia wajib mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung protein termasuk makanan khas daerah yang populer di Indonesia dan memiliki kelebihan masing-masing.

Bahkan ada beberapa kuliner Indonesia yang sudah ke mancanegara. Dengan racikan khas daerah yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita dan dijual dengan harga yang terjangkau membuat siapa saja tak tahan untuk mencobanya. Berikut ini adalah makanan khas daerah yang wajib dikonsumsi ketika berkunjung ke daerahnya.

 

1.  Papeda Papua

Berasal dari Kota paling ujung di Indonesia yaitu Papua, makanan ini menjadi salah satu makanan yang populer. Makanan yang dibuat dari bahan dasar sagu dan proses pembuatannya pun sangat mudah tentunya banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Bahkan ada yang disajikan dengan makanan pelengkap seperti ikan kuah yang pedas dan sayuran segar.

 

2.  Mie Aceh

Salah satu mie terkenal di Indonesia dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Mie Aceh ini terkenal dengan tekstur mie yang sangat tebal bercampur dengan irisan daging dan bumbu rempah yang kental sehingga menambah nikmat rasa dari mie Aceh. Biasanya mie Aceh disajikan dengan cara direbus, goreng atau ditumis bahkan ada beberapa yang menambahkan kepiting, udang dan cumi di dalam mie-nya.

 

3.  Tahu Sumedang

Salah satu makanan khas Sumedang yang sudah menyebar ke berbagai wilayah Indonesia karena terkenal dengan rasa yang nikmat serta tekstur yang gurih. Tahu Sumedang akan terasa nikmat disantap bersama keluarga serta enak dikonsumsi saat masih hangat dan dicocol dengan sambal kecap.

 

4.  Otak-otak

Jajanan yang sangat populer di Indonesia terutama untuk anak sekolah karena banyak dijumpai dan banyak orang yang menjualnya. Otak-otak merupakan makanan tradisional khas Kepulauan Riau yang terbuat dari ikan laut dan diolah menjadi makanan nikmat

 

5.  Pempek Palembang

Berasal dari Palembang, Provinsi Sumatera Selatan dan menjadi salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Pempek biasanya disajikan dengan cuka agar cita rasa yang dihasilkan lebih nikmat. Dan harga pempek Palembang yang sangat terjangkau sehingga tak salah banyak masyarakat Indonesia menyukai makanan ini apalagi dengan tambahan timun membuat rasa menjadi lezat dan enak.

 

baca juga:

Bawa Oleh-oleh Khas Indonesia untuk Kerabat di Luar Negeri, Apa Pilihannya?

 

6.  Peuyeum Bandung

Makanan legendaris khas Bandung yang terbuat dari singkong. Peuyeum ini biasanya menjadi teman kopi saat datang ke rumah warga Bandung. Peuyeum memiliki cita rasa yang khas yaitu asam karena proses fermentasi dari singkong. Kini peuyeum tidak hanya bisa dijumpai di Bandung saja melainkan di daerah lain pun banyak yang menjual peuyeum Bandung ini.

 

7.  Kerak telor

Makanan khas Jakarta yang sangat populer hingga ke Indonesia. Kerak telor sering dijadikan makanan utama bagi warga Jakarta apabila sedang tidak memasak makanan untuk keluarga mereka. Kamu akan mudah menjumpai penjual kerak telor di wilayah sekolah karena banyak anak-anak yang menyukai makanan tradisional ini. Kerak telor semakin nikmat jika dipadukan dengan teh hangat.

 

8.  Ubi Cilembu

Merupakan makanan khas daerah Cilembu yang ada di kabupaten Sumedang. Harga ubi Cilembu yang ramah dikantong menjadikan makanan ini favorit bagi masyarakat Indonesia, apalagi dijadikan sebagai makanan pencuci mulut setelah makan. Rasa yang manis dan tekstur yang lembut mampu memberikan rasa yang nikmat di dalam mulut sehingga banyak kalangan yang menyukai ubi Cilembu ini.

 

9.  Gudeg Jogja

Tak salah lagi makanan ini berasal dari Yogyakarta dan terkenal dengan sayur yang dibuat dari nangka, santan dan proses pembuatan gudeg sendiri memerlukan waktu yang lama. Sebagai pelengkap saat menyantap gudeg biasanya dicampur dengan nasi, kuah santan yang sangat kental sambal krecek dan telur.

 

10.       Rujak Cingur

Makanan khas dan identik dengan Jawa Timur. Makanan ini sangat populer dan memiliki penggemar dari berbagai kalangan. Rujak terbuat dari campuran olahan sayur dengan buah yang ditambah dengan bumbu petis. Harga yang terjangkau menjadi salah satu alasan orang menyukai rujak cingur selain rasa yang nikmat dengan olahan petisnya.

 

11.     Kepiting Soka

Salah satu hewan yang banyak dijumpai di Indonesia. Kepiting soka merupakan makanan khas yang berasal dari Kalimantan Utara. Makan kepiting ini sangatlah unik karena dikonsumsi sampai ke cangkangnya. Kepiting Soka memiliki ciri khas pada kulit yang lunak sehingga memudahkan untuk dikonsumsi.

 

12.              Martabak Bangka

Makanan ini banyak dikonsumsi pada malam hari oleh kebanyakan orang Indonesia. Martabak bangka memiliki rasa khas yaitu manis dengan tekstur yang menggoda lidah.

 

Soal harga pun martabak bangka ini sangatlah terjangkau sehingga banyak peminat martabak bangka untuk membelinya mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.