Liburan ke Makam Bung Karno, Cicipi 5 Kuliner Blitar yang Bikin Lidah Jatuh Cinta

Sudah sejak lama Blitar enjadi kota yang sering dikunjungi wisatawan. Destinasi wisatanya tak kalah degan Kawasan Yogyakarta dan kota besar lainnya.

Ada banyak wisata yang bisa dikunjungi mulai dari Pantai Tambah Rejo, Makam Bung Karno, hingga Candi Penataran. Semua itu harus masuk dalam bucket list Anda ketika berkunjung ke Blitar.

Tak hanya itu, wisata kuliner di Blitar juga harus Anda explore, lho! Kota Blitar menjadi salah satu kota yang terkenal akan kuliner pecelnya yang mantap.

Selain pecel, masih banyak lagi wisata kuliner yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Blitar. Tentu saja tempat-tempat di bawah ini menyajikan masakan yang lezat dan menarik perhatian. Apa saja? Mari kita simak berikut ini.

1. Warung Tewel Mbah Martumi

Kabar baik bagi Anda yang menyukai pedas, kuliner yang satu ini bisa jadi jawabannya. Warung Tewel Mbah Martumi menyuguhkan menu yang didominasi rasa pedas.

Salah satunya adalah sayur tewel yang berbeda karena rasanya sangat khas disbanding sayur tewel pada umumnya.

Warung ini bisa Anda temukan di Kecamatan Nglengok, tepatnya di Desa Ngoran. Selain sayur tewel, Anda juga bisa memesan sajian ayam lodho yang pastinya akan mengenyangkan perut Anda sebelum melanjutkan travelling.

2. Warung Mak Ti

Mengusung konsep prasmanan, Anda akan diajak untuk memilih dan mengambil sendiri menu yang Anda sukai. Mulai dari nasi, sayuran, hingga menu lauk pauknya.

Keunikan dari warung Mak Ti adalah ada beberapa menu favorit pengunjung seperti tempe lodeh rebung, tumis lompong, sambal goreng tempe, urap, daun singkong, jendil goreng, ayam goreng, hingga kutut singkong. Pastikan Anda juga memesan menu tersebut ya!

Meskipun menunya beragam, namun harganya cukup terjangkau. Mulai dari 6 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa mencicipi makan siang di warung yang terletak di Desa Jatinom, Kecamatan Kanigoro ini.

3. Warung Pecel Mbok Baru 6

Sudah tahu kan jika Blitar khas akan menu pecelnya. Yang satu ini bukan sembarang menu pecel, lho! Warung Pecel Mbok Baru 6 ini memberikan menu nasi pecel yang dikombinasikan dengan tempe, daun singkong, tauge, iwak peyek, dan disiram dengan bumbu pecel.

Ada juga hidangan lain berupa urap dan botok tawon. Dengan harga 10 ribu rupiah saja, Anda sudah dapat menikmati nasi pecel lengkap denga teh hangat manis yang nikmat.

Anda bisa berkunjung ke Kawasan Jalan Ir. Soekarno No.93, Sentul, Kepanjenkidul untuk dapat mencicipi nasi pecel nikmat yang satu ini.

4. Soto Daging Bok Ireng

Ternyata, Blitar juga memiliki varian soto favorit wisatawan. Soto Daging Bok Ireng memang berada di warung yang sederhana, namun citarasa soto di warung ini bisa membuat lidah bergoyang dan ketagihan.

Warung ini buka dari jam 7 pagi hingga menu habis bahkan jam 1 siang sudah tutup karena banyaknya pelanggan.

Ciri khas dari soto ini sesuai Namanya yaitu daging. Dagingnya sangat gurih apalagi dipadukan dengan kuah soto yang mantap. Lokasinya berada di Jalan Cokroaminoto. Cukup terjangkau, bukan? Cepat pergi ke Soto Daging Bok Ireng sebelum kehabisan!

baca juga:

Bosan Jajan Itu-itu Saja! Cobain 5 Jajanan khas Jepang yang Mudah Dibuat

 

5. Ayam Bakar Bu Mamik

Anda pasti akan merasa nyaman ketika berada di Ayam Bakar Bu Mamik. Dengan berdekor kebudayaan Indonesia yang kental membuat perasaan pengunjung semakin menghangat.

Menunya yaitu ayam menggunakan bumbu asli dan diolah menjadi bumbu Bali. Keunikannya adalah sebelum ayam dibakar, ayam akan dipresto agar daging ayam bisa empuk dan bumbu khasnya meresap.

Tak hanya olahan ayam, Anda juga dapat menemukan berbagai menu di warung yang berada di Jalan Kalimantan No 11 A, Sananwetan ini. Mulai dari menu sayur-sayuran, ikan goreng, bahkan nasi rawon tersedia di sini.

Itulah beberapa referensi kuliner yang wajib Anda datangi ketika berkunjung ke Blitar. Ke lima kuliner di atas harus Anda datangi, daripada menyesal nantinya. Dijamin, Anda akan jatuh cinta akan citarasa dari 5 kuliner di atas. Siap untuk berwisata kuliner?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.