Lezat dan Banyak Dihidangkan Restoran, 7 Menu Vegetarian khas Indonesia

Makanan vegetarian merupakan makanan dengan bahan sayuran yang biasanya dimakan oleh orang yang vegetarian. Makanan vegetarian identik dengan makanan dari negara barat yang sejenis dengan salad.

Beberapa orang yang bukan vegetarian namun berusaha untuk melakukan diet juga biasanya memilih memakan sayuran untuk mengurangi berat badan mereka.

Jika Anda adalah salah satu vegetarian, Anda tidak perlu mencari berbagai refrensi makanan luar negeri yang khusus untuk seorang vegetarian.

Itu karena, Indonesia memiliki berbagai kuliner dengan bahan baku sayuran dan cocok untuk Anda seorang vegetarian. Selain itu, jenisnya juga beragam sehingga Anda tidak akan kebosanan saat makan.

Inilah beberapa makanan vegetarian tradisional khas Indonesia :

1. Gado-gado

peanutbutter.id

Siapa yang tidak suka gado-gado? Tanpa Anda sadari gado-gado memiliki bahan baku yang seluruhnya berasal dari sayuran.

Gado-gado juga sering disebut sebagai saladnya Indonesia. Di dalamnya terdapat tahu dan tempe goreng, kentang, timun, kecambah, kacang panjang, kol, bayam, serta selada.

Semua bahan itu dipotong dan dicampur menjadi satu. Lalu, di siram dengan bumbu kacang yang berasal dari campuran kacang tanah halus, air, garam, jeruk dan daun nipis, gula aren dan kecap manis.

Anda bisa menemukan gado-gado di berbagai tempat di kota Anda. Biasanya, gado-gado dilengkapi denga kerupuk, lontong, emping, serta taburan bawang goreng. Beberapa gado-gado juga dilengkapi telur rebus.

2. Ketoprak

grid.id

Ketoprak yang berasal dari Jakarta ini tidak jauh dari gado-gado karena menggunakan bumbu kacang. Bedanya adalah bahan yang digunakan.

Di dalam ketoprak terdapat tahu goreng, bihun rebus, ketupat atau lontong, cabai, kacang tanah, bawang goreng, air, garam, gula aren, kecap manis, serta tambahan sayuran. Sayuran yang digunakan biasanya adalah kecambah, irisan kubis dan mentimum.

Sama halnya dengan gado-gado, ketoprak juga disajikan dengan tambahan kerupuk dan bawang goreng. Ketoprak cukup mudah ditemukan di berbagai tempat seperti warung hingga restoran.

3. Urap

okopi 24/7

Hidangan yang satu ini sering dijumpai di beberapa warung. Urap sering disajikan sebagai lauk dengan makanan lainnya di atas nasi hangat.

Isian dari urap adalah campuran sayuran seperti kacang panjang, bayam, wortel, daun singkong muda, kol, daun papaya, dan berbagai sayuran lainnya.

Setelah dipotong dan dicampur, sayuran akan diberi serundeng atau kelapa parut. Biasanya juga diberi bumbu berupa bawang putih, bawang merah, cabai, gula aren, garam, gula, kelapa serta jus asam agar semakin fresh

4. Gudeg

idntimes.com

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dengan cita rasa manis serta berisi sayur-sayuran. Gudeg terbuat dari buah nangka muda dengan santan dan bumbu rempah seperti biji ketumbar, bawang putih, dan yang lainnya.

Biasanya, gudeg dihidangkan dengan nasi dan lauk lainnya. Namun, karena ini untuk vegetarian, Anda bisa tidak menggunakan nasi dan menambahkan isian gudeg dengan tahu, tempe, atau bisa juga telur rebus.

5. Lontong Sayur

Pinterest

Sesuai namanya, lontong sayur berisi lontong dan sup kelapa sayur yang dicampur. Isi dari sup kelapa sayur adalah buah nangka muda yang direbus dengan santan, bumbu, serta bahan lainnya.

Sayuran akan disiramkan di atas lontong yang sudah dipotong kecil dengan tambahan bawang goreng, kerupuk, tempe, telur dan bahan lainnya.

6. Sayur Asam

Tastemade

Sayur Asam adalah jenis makanan yang berasal dari Jawa Barat dengan cita rasa asam yang segar. Sayur Asam berisi berbagai jenis sayuran seperti kacang tanah, nangka muda, kacang panjang, melinjo, serta jagung.

Biasanya sayur ini disajikan dengan disiram di atas nasi hangat, lauk lainnya serta tambahan sambal pedas. Namun, disajikan tanpa tambahan nasi juga sudah akan terasa nikmat dan segar.

7. Pecel

goodindonesianfood.com

Pecel sedikit mirip dengan gado-gado karena berisi sayuran yang disiram dengan bumbu kacang.  Pecel biasanya disajikan dengan tambahan lauk dan dimakan bersama nasi putih hangat.

Untuk bumbu kacang yang digunakan hampir sama seperti gado-gado yaitu berasal dari campuran kacang goreng halus, air, gula aren, bawang putih, cabai, serta jus asam.

Baca juga:

6 Makanan Khas Italia Untuk Dinner Romantis di Restoran Eropa

8. Orek Tempe

pengusahasukses.com

Tempe adalah makanan yang sehat dan termasuk dalam makanan vegetarian khas Indonesia karena terbuat dari kacang kedelai. Masakan yang satu ini sering dikenal dengan tempe goreng pedas.

Orek tempe biasanya menjadi pelengkap makanan seperti nasi uduk, nasi campur, nasi kuning dan lain-lain.

Oreng tempe dibuat dengan tambahan rempah-rempah yang digoreng. Selain itu, orek tempe juga bisa ditambahkan kecap manis atau cabai agar menambah rasa manis dan pedas.

***

Tertarik berwisata kuliner khas Indonesia? Pastinya akan lebih seru jika berlibur menggunakan jasa agen travel wisata yang berpengalaman. Hubungi Jari Adventure HP : 0812-22279979 dan WA : 0877-78906999 untuk info selengkapnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.