Lapar? Yuk Coba Makanan khas Kota Bojonegoro, Ada Lalapan Wader Pedas!

Bojonegoro terkenal sebagai kota dengan kilang minyak terbesar yang ada di ASEAN, tepatnya ada di Blok Cepu. Kabupaten ini terletak di antara provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Selain itu, Bojonegoro juga terkenal dengan sebutan Ledre, yaitu jajanan khas dengan bahan tepung dan juga pisang. Ada banyak kuliner lainnya yang harus Anda coba di Bojonegoro karena kulinernya tidak kalah dengan beberapa daerah lainnya di Indonesia.

1. Serabeh Kepatihan

blogspot.com

 

Kuliner yang pertama ini adalah serabeh kepatihan, letaknya ada di perempatan jalan Diponegoro dan jalan Piere Tendean. Saat berada di perempatan itu, cari saja SDN Kepatihan Bojonegoro.

Gerai ini berada tepat di pojok SD tersebut. Anda bisa mengunjungi gerai ini setelah adzan Subuh hingga jam 7 pagi saja. Di sini Anda bisa menemukan serabeh, ketan, dan juga kopi.

Sarapan dengan makanan ini bisa membuat mood pagi hari Anda naik. Apalagi ditambah dengan parutan kelapa serta bumbu Cos.

Serabeh di Bojonegoro rasanya gurih pedas, itulah yang membedakan serabeh Bojonegoro dengan kota lainnya. Bumbu Cos sendiri adalah bumbu kelapa parut dengan rasa gurih pedas yang disangrai.

2.Nasi Pecel Mekar Sari

makanajib.com

 

Nasi pecel sering kali menjadi buronan semua orang untuk santapan sarapan pagi. Jika Anda berada di kota Bojonegoro, pastikan untuk mengunjungi Nasi Pecel Mekar Sari yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto.

Tepatnya berada di sebelah selatan markas Kodim 0813 Bojonegoro. Tempat ini berbentuk warung yang buka mulai jam 6 hingga 10 pagi. Jangan kaget jika di sini Anda akan menemukan banyak orang yang mengantri untuk mencicipi nasi pecel ini.

Nasi pecel di warung Mekar Sari memiliki bumbu pecel yang sangat lezat. Nasi pecel ini akan diberi tambahan tempe kering, serundeng, serta mie goreng.

Lauk yang bisa Anda pilih juga beragam mulai dari tempe kemul, rempeyek kacang, telur, ayam, jeroan hingga lapis sapi.

3. Welut Bakar Pondok Salak

staticflickr.com

 

Untuk menu makan siang, ada rekomendasi tempat yaitu Welut bakar Pondok Salak. Tepatnya berada di daerah desa Bendo, kecamatan Kapas. Sesuai namanya, menu utama dari warung ini adalah olahan belut.

Apalagi belut bakar yang dipadukan dengan sambal terasi. Warung ini sangat mudah ditemukan karena dikelilingi oleh pohon salak.

Menu lain yang bisa Anda pilih adalah tempe, tahu, ayam, lele, serta bebek. Selain di goreng, Anda juga bisa meminta versi lainnya seperti rica-rica bahkan pepes.

Lokasi warung welut bakar pondok salak ini sangat menenangkan karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Ini bisa membuat Anda lebih menikmati makanan yang Anda makan.

Apalagi tempatnya yang nyaman serta selalu ramai pengunjung karena kelezatannya yang terkenal.

4.Wader Kali

beritabojonegoro.com

 

Wader adalah sejenis ikan sungai yang bisa Anda temui di sepanjang Sungai Bengawan Solo. Masakan di tempat ini dihidangkan dengan tambahan sambal.

Ikan wader bentuknya kecil seperti ruas jari tangan. Anda bisa menemukan hidangan ini di kelurahan Perak, di sebelah utara bundaran Jejak, Bojonegoro.

Wader disajikan dengan nasi panas ditambah dengan sambel korek super pedas. Ikan akan digoreng hingga kering dan garing.

Teksturnya krispi saat dimakan. Anda juga bisa memilih jenis ikan lainnya seperti ikan bader, mujaer hingga ikan tengil.

5.Nasi Flambe

blogspot.com

 

Nasi Flambe bisa Anda teukan di warung Dumi yang terletak di jalan Rajawali, kelurahan Karang Pacar. Nasi ini adalah nasi yang dicampur dengan suwiran ayam, telur orak-arik, udang goreng, serta sambal terasi.

Pedasnya berasal dari lauk dan sambal. Nasi ini cocok menjadi hidangan makan siang Anda saat berada di Bojonegoro karena nasi ini diklaim hanya ada di Bojonegoro saja.

Di warung Dumi ini, Anda juga bisa menemukan menu lainnya seperti gurami bakar, ayam kampung bakar, bebek gempur, bebek goreng, serta yang lainnya.

Baca juga:

Menakjubkan, 4 Wisata Alami Banyuwangi yang Mendunia

6.Wedang Tape Gerdu Suto

www.wisataku.id

 

Bojonegoro juga terkenal akan wedang tapenya yang cocok dinimati saat malam hari. Anda bsia menemukannya di jalan KH Mansyur, tepatnya dekat Gerdu Suto di Pertigaan Ledok Wetan.

Warung Tape Gerdu Suto ini sudah berdiri selama 1 abad lebih, lho! Wedang ini kuat dengan aroma jahenya dan ketan hitam sehingga bisa menghangatkan badan Anda.

Selain wedang, Anda juga bisa menemukan nasi ketan, lontong kikil, rujak cingur, kopi hitam, kopi susu, wedang jahe dan gorengan hangat yang bisa mendampingi minuman Anda.

***

Wah, jadi lapar ingin mengisi perut? Pastikan perjalanan Anda berwisata kuliner ke berbagai destinasi di Indonesia sudah menggunakan agen travel wisata yang berkualitas.

Hanya Jari Adventure yang sudah terbukti memiliki banyak klien dari instansi, korporate hingga individu.

Cek paket wisata yang tersedia atau hubungi

HP : 0812-22279979

WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.