Kuliner khas Tiongkok, 7 Hidangan Wajib Dicoba di Beijing

Beijing merupakan destinasi liburan yang sangat popular di kalangan wisatawan internasional. Beijing memiliki begitu banyak keunikan.

Mulai dari wisata bermain hingga wisata kulinernya. Ada begitu banyak hidangan masakan hingga makanan ringan yang pasti akan menggugah selera Anda ketika sampai di Beijing.

Saking banyaknya, Anda bisa saja dibuat bingung harus memulai wisata kuliner dari mana.

Daripada bingung, mari kita simak beberapa hidangan favorit lokal yang harus Anda coba di Beijing.

1.    Peking Roast Duck – Quanjude

Restoran bernama Quanjude ini menyediakan bebek peking panggang yang wajib dicoba oleh para wisatawan yang datang ke Beijing.

Lokasinya berada di Quanjude. Restoran ini didirikan pada tahun 1864 dan mewarisi bebek panggang yang representasional di kalangan kaisar.

Soal harga, tentu tidak akan membuat Anda kecewa. Bebek peking dihargai sekitar 238 RMB yuan atau 36 USD. Bebek yang digunakan tentu sesuai dengan kualitasnya. Uniknya, restoran ini memiliki 20 cabang di Beijing

2.    Stewed Liver – Tianxing Restaurant

Selanjutnya adalah kuliner yang menggunakan bahan dasar usus. Hidangan usus babi mereka sangat terkenal, salah satunya luzhu huoshao, baodu, serta hati rebus.

Di restoran ini tersedia hati babi rebus yang disajikan dalam sup dan dikentalkan dengan pati sesudahnya. Kuliner yang satu ini wajib Anda coba.

Cita rasa Huixian asli dari Tianxing Restaurant patut untuk Anda rasakan.

3.    Xiao Diao Li Tang

Selain makanan, Beijing juga terkenal dengan minuman Old Beijing yang menyegarkan. Minuman ini direbus dari pir manis dengan tambahan jamur putih yang bisa Anda makan, prem hijau, Wolfberry Cina, serta prem hijau.

Xiao Diao Li Tang sangat bergisi dan baik untuk kesehatan terutama paru-paru dan tenggorokan.

Minuman ini bisa Anda coba di berbagai restoran besar yang menghidangkan masakan Beijing seperti Juqi dan Xiao Diao Li Tang.

Minuman ini biasanya disajikan dalam termos bergaya vintage yang digunakan pada zaman 1960-an. Kapan lagi menikmati minuman khas yang dapat membawa Anda menuju jaman lampau masyarakat Beijing?

4.    Kubis Qianlong

Selanjutnya adalah kubis Qianlong yang harus Anda coba. Sayuran ini diberi nama Qianlong setelah Kaisar Qianlong di Dinasti Qing.

Legenda berkata bahwa hidangan ini dipesan oleh kaisar di restoran kecil yang tidak mencolok selama ia melakukan tur di luar istana dalam penyamaran yang sangat ia benci.

Meskipun terbuat dari sayur kubis dan tambahan saus wijen, cuka, dan madu, hidangan ini brhasil menjadi salah satu masakan tradisional paling terkenal di Beijing dan bisa Anda temukan di berbagai restoran Beijing.

5.    Zhajiangmian – Hai Wan Ju

Zhajiangmian merupakan mie saus goreng khas Beijing yang biasanya terkenal sebagai mie dengan pasta kedelai. Hidangan ini menggunakan mie gandum tebal yang dicampur Bersama saus.

Saus ini didapat dari didihan daging babi goreng atau daging sapi dengan pasta kedelai asin.

Penduduk setempat mengatakan bahwa Hai Wan Ju memiliki saus goreng terbaik. Mie akan disajikan dalam mangkuk raksasa dengan saus dan tambahan garnish seperti parutan mentimun dan kacang kedelai.

Masing-masing dimasukkan dalam piring kecil dan ditaruh di sekitar mangkuk.

baca juga:

Pecel Rengkek Hingga Donat Utami, 10 Makanan khas Jombang Bikin Kangen

 

6.    Beijing Mutton Hotpot – Jubaoyuan

Tidak hanya di korea, hotpot juga bisa Anda coba di Beijing. Ketika Anda menghabiskan malam di musim dingin, restoran yang menyediakan hotpot wajib untuk Anda datangi.

Salah satunya adalah Beijing Mutton Hotpot di Jubaoyuan, restoran tradisional yang menyediakan irisan daging berkualitas dengan rasa yang nikmat. Selain itu, ia juga menawarkan roti biji wijen yang terbatas.

Restoran Jubaoyuan selalu memiliki antrian yang Panjang apalagi saat jam sibuk. Pastikan untuk melakukan reservasi sebelum berkunjung.

7.    Lanlong

Makanan favorit yang satu ini sangat mudah untuk dibuat. Cukup siapkan daging cincang atau babi yang dicampur dengan irisan bawang putih dan bawang merah di adonan hingga rata.

Gulung dua lapisan sekaligus dan masukkan ke dalam pengukus selama 20 menit.

Makanan ini terlihat seperti naga malas yang sesuai dari arti Namanya. Salah satu restoran yang menyediakan hidangan ini adalah restoran Dalanlong.

Anda juga dapat menemukan makanan ini di 7-11 atau FamilyMart.

Itulah beberapa hidangan khas Beijing yang harus Anda coba. Jika Anda sedang berlibur di Beijing, hidangan mana dulu yang akan Anda coba?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.