Merasakan Kenikmatan Kuliner khas Srilanka, Enak enak Lho!

Tetesan Air Mata India atau Mutiara Samudra Hindia adalah di antara banyak julukan untuk Sri Lanka. Tapi deskripsi yang lebih akurat tentang negara cantik mungkin adalah Pulau Nasi dan Kari.

Memanfaatkan buah-buahan lokal secara bebas, seperti kelapa dan nangka, makanan laut, dan gudang rempah-rempah, masakan Sri Lanka memberikan banyak hidangan yang luar biasa.

Sepedas makanan Thailand, tapi ringan seperti Mediterania, makanan Sri Lanka lezat, jika tidak asing bagi kebanyakan orang Amerika.

Berikut beberapa kuliner yang bisa kamu cobain di Sri Langka.

 

1.      Dhal curry

Kari Sri Lanka yang paling dasar dan umum, hidangan pokok ini terutama terdiri dari lentil, pasta tomat, jintan, dan rempah-rempah lainnya.

Seperti kebanyakan resep yang berasal dari pulau, ia menggunakan santan sebagai pengganti susu – sesuatu yang paling membedakan masakan ini dari India.

Sementara bahan pengemulsi menjadi krim utuh, dasar kelapa menghindari kekayaan berlebih yang mungkin ditambahkan susu sapi ke hidangan, dan memberi Kamu alasan untuk pertiga.

 

2.      Eggplant (wambatu) moju

Salah satu hidangan Sri Lanka klasik paling terkenal dengan banyak variasi daerah. Rasanya seperti acar karamel dan biasanya disajikan dengan nasi.

Irisan terung digoreng sampai berwarna kecokelatan dan kemudian dicampur dengan bubuk cabai, biji sawi, cengkeh, garam, gula dan cuka untuk membuat moju berkuah gelap yang mengasyikkan.

Ini kemudian ditambahkan ke bawang merah goreng, bawang putih yang dihancurkan dan jahe parut dan disajikan dengan nasi putih.

 

3.      Kale mallung

Orang Sri Lanka makan kangkung sebelum Kamu melakukannya. Jika Kamu ingin bukti, Kamu akan menemukannya di salad ringan yang menggabungkan parutan kangkung, kelapa parut (kelapa pulpa), bawang merah, cabai, bubuk kunyit, dan garam.

Mallung ini (bahasa Sinhala untuk “campuran”) adalah salad kering, tetapi dengan paprika dan protein kelapa yang dikemas ke dalam makanan berdaun, Kamu tidak akan perlu saus.

 

4.      Kothu

Ditumis dengan roti cincang, daging, telur, sayuran, dan rempah-rempah, Kothu adalah makanan jalanan favorit Sri Lanka, dan hidangan gerbang Sri Lanka Kamu.

Kamu juga bisa menyebutnya makanan yang menenangkan, tetapi ada setengah dari DNA bermutu rendah yang menempatkan pizza di daftar hitam dokter Kamu.

Dan itu benar-benar hal tentang kothu, dan sebagian besar hidangan Sri Lanka: mereka mengenyangkan dan penuh dengan rasa gurih.

Tetapi, mereka tidak pernah meninggalkan Kamu dengan perasaan bersalah yang lesu karena telah melakukan hal buruk pada tubuh Kamu.

Konsumsi yang berlebihan akan membuat Kamu kembung, tentu saja, tetapi lebih terkendali secara emosional daripada yang mungkin dilakukan terlalu banyak sashimi.

 

5.      Fish ambul thiyal (sour fish curry)

Hidangan ikan pedas ini berasal dari Sri Lanka Selatan sebagai metode untuk mengawetkan ikan. Ikan potong dadu (biasanya tuna) ditumis dengan campuran rempah-rempah.

Termasuk, lada hitam, kayu manis, kunyit, bawang putih, daun pandan dan daun kari. Bahan yang paling penting adalah goraka kering, buah seperti asam yang memberi ikan rasa asam yang khas.

Semua bahan direbus dengan sedikit air dan dimasak sampai cairannya berkurang. Hal ini memungkinkan campuran bumbu melapisi setiap kubus ikan dan membuat kari kering.

 

baca juga:

7 Kuliner Khas Korea Selatan yang Terbuat dari Olahan Daging & Sayuran

 

6.      Hoppers

Terbuat dari Santan dan tepung beras, “pancake” penghuni pertama yang tipis dan renyah ini bisa dinikmati untuk sarapan, makan siang, atau makan malam.

Kamu biasanya akan memakannya dengan telur pecah di tengah – seperti telur dalam lubang versi Sri Lanka – atau dengan kari favorit Kamu.

Sama seperti krep, Kamu dapat memakannya sesederhana mungkin, atau sesederhana mungkin dengan bumbu dan bumbu sesuai permintaan lidah Kamu.

Tidak ada mentega yang terlibat, jadi sekali lagi, Kamu dapat memanjakan diri tanpa khawatir akan mendapatkan kembali roti gulung baru.

 

7.      Wood apple juice

Jika Kamu berjalan melalui pasar di Sri Lanka, hidung Kamu akan membawa Kamu ke kios apel kayu – ini adalah buah Asia Selatan dengan pasta cokelat di dalam cangkangnya yang keras.

Buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan membantu pencernaan. Makanan favorit penduduk setempat adalah smoothie apel kayu, yang dicampur dengan gula merah dan air.

Kelihatan sedap sekali bukan. Selamat mencoba di Sri Langka.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.