Kuliner khas Cirebon, Nasi Bogana yang Bikin Lidah Jatuh Cinta

Berwisata ke suatu tempat atau kota lainnya tentu terasa kurang tanpa mencoba wisata kulinernya yang khas.

Bila Anda berkunjung ke Kota Cirebon, wisata kuliner memang tak akan ada habisnya. Tak hanya soal Empal Gentong dan Nasi Jamblang, kota ini juga terkenal akan Nasi Bogana khas Cirebon yang ngena di hati para penikmatnya.

Nasi Bogana mungkin sudah tak asing bagi warga yang tinggal di Pulau Jawa. Kuliner asal Cirebon ini ternyata sering diperdebatkan karena juga dipercaya sebagai nasi asli Tegal.

Belum lengkap rasanya bila tidak membahas beberapa fakta mengenai Nasi Bogana. Apa saja? Simak berikut ini.

 

1.                  Kuliner Para Sultan

Sudahkah Anda mendengar kuliner khas yang satu ini? Nasi Bogana disebut-sebut sebagai makanan para sultan dari 4 keraton yang berdiri di Cirebon.

Empat keraton tersebut di antaranya Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, Keraton Kanoman, serta Keraton Kaprabonan.

Nasi Bogana biasa dihidangkan saat mereka menggelar acara-acara di kesultanan Cirebon.

Kabid Kebudayaan, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cirebon, Siti Solecha menyatakan, Nasi Jamblang adalah makanan khas Cirebon yang dikenal masyarakat.

Namun, kuliner itu berada di luar kawasan Keraton. Untuk kuliner para sultan di dalamnya tentu saja Nasi Bogana. Terutama saat digelar acara perayaan atau event khusus.

 

2.                  Bentuk Tumpeng yang Khas

Nasi Bogana dibentuk menjadi tumpeng-tumpeng yang terlihat mirip dengan sajian nasi kuning. Namun, Nasi Bogana memiliki rempah yang lebih terasa.

Di dalam tumpeng terdapat hidangan lauk seperti ayam, tempe, tahu dan telur.

Siti Solecha menambahkan, para sultan menikmati hidangan Nasi Bogana tanpa tambahan lauk lainnya selain ayam, telur, tahu dan tempe. Keempat lauk tersebut adalah ciri khas Nasi Bogana.

 

3.                  Menjadi Hidangan Berbagai Acara

Rasa dan sejarahnya yang patut dilestarikan membuat Nasi Bogana menjadi hidangan yang biasa disajikan saat menggelar acara seperti syukuran, rajaban atau tradisi Islam saat tanggal 1 Suro.

Menurut penjelasan Pangeran Abdul Gani Natadiningrat SE Sultan Kacirebonan, nasi ini biasa disedekahkan dengan orang lainnya sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Mereka akan memohon segala sesuatu seperti perlindungan, kesejahteraan, dan harapan lainnya pada yang Kuasa dan diharapkan dapat terkabul.

Maka, tidak heran bila Nasi Bogana sering dijumpai pada saat perayaan adat, selamatan, syukuran, atau acara lamaran dan pernikahan masyarakat setempat.

baca juga:

Tebing Keraton, Sensasi Keajaiban Panorama Epic di Dago Bandung

 

4.                  Arti dari Bogana

Nasi Bogana memiliki arti tersendiri dari segi nama. Bogana berasal dari kata Boga dari Bahasa Sunda “Saboga-bogana” yang berarti punya atau seadanya.

Hal ini maksudnya seluruh bumbu seadanya dijadikan satu dan diolah bersamaan dengan nasi yang telah masak.

Bumbu apa saja seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, sereh, hingga jahe dimasukkan dan muncullah nama bogana yang tersemat di kuliner ini hingga sekarang.

 

5.                  Kelezatan Nasi Bogana

Selera Sebagian besar masyarakat Indonesia memang pencinta pedas. Nasi Bogana yang tersedia di Keraton Kasepuhan juga dilengkapi dengan sambal goreng yang ada di sekeliling nasi.

Adanya tambahan sambal goreng tentu tak mengubah isi dan bumbu Nasi Bogana sendiri.

Kehadiran sambal hanyalah sebagai pelengkap. Cocok untuk Anda yang suka rasa pedas.

Seiring jalannya waktu, lauk pada Nasi Bogana di luar Keraton juga bervariasi. Mulai dari ayam kari suwir, oseng, kacang panjang, serundeng sapi, telur pindang dan tak lupa irisan tahu dan tempe goreng.

 

Nasi gurih ini dimasak dengan aneka rempah dan santan. Sehingga menghasilkan rasa yang sangat khas. Nasi Bogana cukup wangi dan berempah, selain itu rasanya sangat gurih.

Nasi Bogana juga kaya akan gizi dan nutrisi, lho! Apalagi ada banyak bahan makanan yang tercampur di dalam seporsi nasi.

 

Kelezatan dari Nasi Bogana memang tak perlu diragukan lagi. Paduan bahan makanan di dalamnya seolah bisa menggoyangkan lidah. Tertarik untuk mencoba?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.