Bikin Tepok Jidat! Kuliner Ekstrem Vietnam yang Mencengangkan

Selama ini Thailand dikenal sebagai tempatnya kuliner ekstrim berarti kamu harus mengunjungi Vietnam karena di negara ini kulinernya pun tak kalah ekstrim.

Namun kuliner yang membuat jijik, ada banyak wisatawan yang penasaran dengan cita rasanya. Nah berikut kuliner ekstrim yang bisa kamu temukan di Vietnam.

 

Puding Darah

Mendengar namanya saja akan membuat bulu bergidik meskipun terdengar seperti nama makanan dalam cerita fiksi, namun puding darah ini benar-benar ada dan dikonsumsi di Vietnam.

Dalam bahasa Vietnam, puding darah ini disebut Tiket Canh terbuat dari darah babi atau darah bebek segar yang diolah seperti puding dengan campuran kecap ikan. Kuliner ini cocok disajikan dengan taburan kacang, daging cincang dan daun ketumbar.

Kuliner ini biasanya disajikan oleh orang Vietnam ketika merayakan Imlek dan menjadi camilan wajib. Bagaimana, berani mencoba?

 

Pho Darah Babi

Sebenarnya versi asli Pho adalah mie beras khas Vietnam dengan topping potongan daging ayam atau sapi yang lezat. Namun untuk Pho versi lebih ekstrimnya menggunakan darah seperti pudding darah.

Pho darah babi terbuat dari hati, ginjal, lemak babi, usus dan tentunya darah yang direbus dengan air kaldu. Taburkan tauge, mie dan daun bawang. Kuliner yang biasa dijual pedagang-pedagang kaki lima di Kota Hanoi.

 

Vodka Ular

Vietnam memiliki kebiasaan untuk mengawetkan ular dan kadal menjadi Vodka. Vietnam juga dikenal pandai membuat Vodka dari darah dan jantung ular selain makanan yang terbuat dari darah hewan. Menurut orang Vietnam, Vodka Ular bisa meningkatkan kejantanan para pria.

Vodka Ular dan kadal diawetkan menjadi satu dan dicampur dengan darah & jantung ular sebelum dikonsumsi. Nah kalau kamu penasaran bagaimana rasanya mampir saja ke desa Le Mar yang berlokasi tidak jauh dari Hanoi.

 

Kaki katak dan anggur beras

Makanan ini sering dijumpai di kawasan Old Quarter Hanoi, kawasan dan surganya para backpacker. Di kawasan ini kamu akan menemukan berbagai kuliner dengan harga yang terjangkau, termasuk untuk kaki katak.

Kuliner kaki katak ini dimasak dengan menumis bersama anggur beras lalu dicampur dengan bumbu rempah. Cocok disantap sambil beristirahat santai.

 

Tikus Bakar

Di Indonesia saja waktu beredar bakso tidur sudah bergidik apalagi harus menyantap tikus Bakar khas Vietnam.

Tikus yang dibakar bukanlah sembarang tikus, tetapi tikus pemakan nasi yang biasa dijumpai di sawah. Sebelum dimasak, tikus akan dicabut bulunya terlebih dulu lalu di panggang atau bakar, biasanya dikukus, digoreng atau dibuat kare

Nah biasanya kamu akan menjumpai tikus Bakar dijual di pinggir jalan. Tikus Bakar ini populer di daerah Delta Mekong.

 

baca juga:

Jembatan Terindah di Dunia, Indonesia Juga Termasuk Lho!

 

Omelet Cacing

Dalam bahasa Vietnam makanan ini disebut Cha Ruoi dan merupakan makanan populer di Hanoi. Biasanya omelet terbuat dari mie dan telur kalau yang omelet ini berbeda.

Omelet ini dibuat dari Cacing pasir yang dicampur dengan aneka rempah sebelum dimasak dengan digoreng. Menurut kepercayaan warga Hanoi dengan mengkonsumsi Omelet cacing dapat memberikan kebahagiaan bagi pasangan suami istri.

 

Daging Kobra

Warga Vietnam sudah tidak asing lagi untuk mengkonsumsi ular kobra.apalagi ular kobra dipercaya dapat menghilangkan sakit kepala, meningkatkan vitalitas pria dan memperlancar sistem pencernaan.

Biasanya daging Kobra disantap langsung ataupun dibuat wine atau vodka. Selain itu mereka juga mengkonsumsi telur ular kobra. Di Indonesia juga menjual daging Kobra dengan olahan bumbu sate sperti sate ayam atau kambing

 

Balut

Bertekstur lebih keras dari telur rebus biasanya. Dimakan sebagai camilan yang dicampur dengan  garam, merica, daun laksa dan lemon.

 

Daging Landak

Daging landak sudah tak asing lagi ditengah Indonesia namun di Vietnam daging Landak biasanya dikonsumsi. Kamu akan menemukan daging Landak ketika berkunjung ke Dalat, kota wisata yang terkenal dengan musim sedang dan pemandangan yang indah.

Selain itu Dalat juga dikenal dengan kota penghasil bunga dan sayur. Uniknya lagi duri landak juga ampuh mengobati sakit gigi dengan cara membakar duri landak hingga menjadi abu kemudian bungkus dalam kapas dan tempelkan dalam gigi.

 

Ternyata makanan ekstrim ini juga memiliki berbagai manfaat ya. Tak salah banyak orang Vietnam berani untuk menyantapnya. Nah bagaimana dengan kamu? Apakah berani menyantapnya ketika berkunjung ke Vietnam?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.