Kuliner khas Bromo Tengger Semeru Yang Wajib Dicoba

Kuliner khas Bromo Tengger SemeruJalan-jalan ke daerah manapun terasa kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Begitupun saat Anda berwisata ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur. Tak hanya menikmati keindahan dan keeksotisan alamnya, kuliner khas Bromo Tengger Semeru  ini pun wajib untuk dicoba. Ada banyak ragam kuliner khas Bromo Tengger Semeru nikmat yang ditawarkan bagi para wisatawan di  Bromo Tengger Semeru yang kemungkinan tak semua orang mengetahuinya. Berikut ulasan tentang beberapa kuliner khas Bromo Tengger Semeru  yang bisa Anda coba saat berada di kawasan wisata ini.

Nasi Aron

Kuliner pertama yang wajib Anda coba adalah nasi aron. Makanan ini merupakan kuliner khas Bromo Tengger Semeru  yang menjadi khas penduduk Tengger yang berada di lereng Gunung Bromo. Nasi aron terbuat dari bahan utama yang berupa jagung putih yang bisa ditemukan di lereng Bromo. Dibandingkan dengan nasi biasa, nasi aron memiliki rasa yang lebih gurih dan bila dikonsumsi akan dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama hingga pas sekali dengan karakteristik Gunung Bromo yang berhawa dingin dan selalu menyebabkan rasa lapar. Nasi Aron juga bisa tahan lebih dari seminggu bila diolah dengan cara yang tepat.

Nasi aron biasa disajikan dengan makanan pendamping seperti sayur daun ranti, tahu, ikan laut, serta campuran kentang, tahu dan tempe. Tak lupa ditambahkan sambal terasi yang super pedas hingga mampu menggoyang lidah dan tentu saja menghangatkan tubuh penikmatnya di tengah hawa dingin Bromo.

Citarasa nasi aron

Tak hanya menawarkan citarasa yang mantab, nasi aron banyak diburu wisatawan karena memiliki banyak khasiat. Sebut saja, gurihnya nasi aron ditambah dengan pahitnya sayur daun ranti berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan mengobati diabetes. Tak hanya itu, bila dipadukan dengan sambal terasi, nasi aron mampu menahan rasa lapar hingga berjam-jam hingga cocok dikonsumsi di area Bromo yang berhawa super dingin.

Baca juga: Baca juga: Travel Wisata Bromo – 6 Tips Perjalanan ke Bromo

Akan tetapi, menemukan nasi aron bukanlah perkara gampang sebab warung-warung kecil di Cemoro Lawang (pusat kehidupan wisatawan Bromo) kebanyakan hanya menjual menu standart, seperti nasi pecel, mi kuah, nasi goreng, dsb. Bila Anda benar-benar ingin mencoba kuliner khas Bromo Tengger Semeru   yang satu ini, Anda bisa mendatangi Desa Seruni, sebuah desa di seputaran lereng Bromo di kawasan penanjakan 2 Bromo. Di desa ini Anda bisa dengan puas melahap nasi aron.

Iga Bromo

Iga Bromo sering disebut juga dengan nama Iga kawah Bromo dan Iga Pasir. Kuliner khas Bromo Tengger Semeru  ini bisa Anda jumpai di warung Zahira yang berlokasi di kaki gunung Bromo. Makanan ini sangat enak dan akan membuat ketagihan siapa saja yang mencobanya. Jangan kuwatir, meski dinamakan iga pasir, makanan ini sama sekali tak berbahan pasir. Selamat mencoba ya.

Sawut Kabut Bromo

Sudah pernah mencoba makanan tradisional sawut? Jangan salah, sawut kabut Bromo ini berbeda lho dengan sawut yang biasa. Kuliner khas Bromo Tengger Semeru  dari kawasan Pegunungan yang sangat populer  ini sangat menggugah selera dan begitu menggoda. Makanan ini biasa dibuat oleh penduduk sekitar Bromo apabila ada acara-acara tertentu dan juga saat menyambut tamu dari luar daerah.

Seperti makanan sawut dari daerah-daerah lain, sawut kabut Bromo terbuat dari bahan dasar berupa singkong atau ubi pohon yang diperoleh dari pertanian desa setempat di kawasan Bromo. Rasa ubi kayu hasil Gunung Bromo tentu saja berbeda dengan yang lainnya karena tergantung dari jenis tanahnya. Sawut kabut Bromo memiliki bentuk yang unik yakni kerucut seperti gunung dan juga ada yang berbentuk gumpalan-gumpalan kecil.

Tampilan menggoda

Penampilan sawut kabut Bromo semakin menawan dengan tambahan aneka topping seperti buah murbei yang berwarna hitam, mutiara merah dan irisan daun pandan. Sawut dengan aneka topping ini biasa dibuat dalam kemasan yang terpisah-pisah.

Anda bisa berburu sawut kabut Bromo di beberapa pasar tradisional di Probolinggo. Anda juga bisa menemukan kuliner enak ini di kawasan wisata Gunung Bromo. Sekali mencicipinya, Anda akan dibuat ketagihan dan selalu ingin datang ke kawasan wisata ini.

Beberapa kuliner khas Bromo Tengger Semeru  di atas sayang sekali bila Anda lewatkan terutama bila Anda sedang berada di sana. Sesulit- apapun pencarian akan terbayar dengan citarasa masakan lezat yang belum tentu bisa Anda jumpai di daerah asal Anda. Selamat berwisata kuliner khas Bromo Tengger Semeru ya…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *