Kerak Telor Khas Betawi Nan Istimewa

kerak telorbetawi merupakan sebutan untuk suku asli kota jakarta. Dengan sejarahnya yang begitu dinamis, suku ini mampu melahirkan warisan kuliner yang istimewa. Kuliner khas betawi sendiri dipengaruhi oleh berbagai budaya, sebut saja cina, arab dan eropa. Citarasa yang sedap dan gurih menjadi ciri khas makanan yang berasal dari betawi. Suku betawi sebenarnya memiliki jumlah makanan khas yang lumayan banyak dan semuanya enak-enak.

Sayangnya, seiring dengan perkembangan jakarta yang begitu pesat, kuliner khas betawi mulai langka dan beberapa bahkan nyaris punah. Jangan takut, anda masih dapat kok mencoba salah salah satu kuliner khas betawi yang masih ada hingga kini, yaitu kerak telor. Bahkan makanan khas yang dibuat dari beras ketan putih dan telur ini kini tidak hanya dijumpai di jakarta saja namun juga di beberapa tempat lainnya. Tertarik mengetahui lebih jauh tentang kerak telor? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Kuliner khas Betawi

Kerak telor merupkan makanan asli daerah jakarta atau betawi yang dibuat dari bahan-bahan seperti beras ketan putih, telur ayam, dan ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering. Selain itu juga ditambahkan bawang merah goreng dan diberi bumbu yang sudah dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Hidangan unik ini pernah diberitakan di berbagai media sebagai kuliner yang hampir punah beberapa tahun silam.

Namun sejak saat itu, penjual kerak telor mulai banyak bermunculan kembali. Tak hanya di kawasan setu babakan jakarta selatan saja, kerak telor kini juga dapat dijumpai kala perayaan pekan raya jakarta dan juga di beberapa mall di ibu kota.

Cara membuat kerak telor

Kuliner kerak telor termasuk jajanan atau makanan ringan yang biasa dikonsumsi masyarakat betawi saat santai. Terbuat dari ketan, kelapa, udang kering, merica, gara, dan telur, kerak telor menggunakan metode memasak yang cukup unik. Beberapa tahapan memasak yang harus dilakukan agar menghasilkan kerak telor yang lezat adalah sebagai berikut: pertama rendam beras ketan kurang lebih semalaman.

Ambil sebanyak satu centong adukan sayur kemudian letakkan di atas penggorengan yang panas dan tak berminyak. Ratakan ketan agar semua bagiannya mendapatkan aroma gosong penggorengan besi. Setelah itu, masukkan sesendok serundeng ke wajan. Serundeng adalah kelapa yang disangrai bersama cabai, kencur, dan jahe. Selanjutnya, masukkan juga sesendok makan ebi atau udang kuring, merica, garam, dan terakhir telur. Aduk sampai rata kemudian tutup sebentar. Ketika dibuka lagi langsung balik penggorengan hingga adonan menghadap ke api. Cara ini dipakai agar adonan bagian atas juga mendapatkan sensasi gosong. Kerak telor pun siap dinikmati selagi panas dengan tambahan bawang goreng dan srundeng.

Baca juga: Museum Wayang, Obyek Wisata Unik di Kawasan Kota Tua Jakarta

Sejarah kerak telor

Anda bisa jadi merupakan salah satu penggemar fanatik dari kerak telor. Nnamun tahukah anda cerita dibalik kemunculan kuliner asli betawi yang gurih asin menggoda ini? Berdasarkan kisah dari salah satu penjual kerak telor yang ada di foodcourt cijantung mall. Racikan kerak telor yang istimewa ini ditemukan oleh kakeknya beserta kawan-kawannya.

Uji coba mulai dilakukan pada puluhan tahun silam. Ketika jakarta yang pada waktu dikenal dengan nama batavia masih dipenuhi oleh pohon kelapa. Mereka tanpa sengaja mencampurkan ketan. Kelapa parut dan bumbu dapur lainnya dan hasilnya diluar dugaan. Banyak tetangga yang suka dengan cita rasa makanan yang mereka buat. Sekitar 1970 , mereka pun memutuskan untuk menjual resep uniknya tersebut di kawasan monas. Makanan yang mereka buat laku keras hingga kemudian menjadi salah satu makanan khas betawi.

Di jakarta, penjual kerak telor dapat dijumpai beberapa tempat terutama di kawasan wisata sejarah. Seperti monas, kemayoran dan setu babakan. Kuliner ini juga kehadirannya selalu ditunggu-tunggu dalam acara-acara besar ibu kota seperti pekan raya jakarta.

Peminat hidangan tradisional ini juga tak terbatas pada kalangan tertentu saja. Baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa sangat menyukainya. Kerak telor umumnya dijual dengan kisaran harga mulai rp. 10.000. Tergantung dengan jenis telur yang digunakan. Biasanya kerak telor yang mengunakan telur ayam dipatok lebih murah daripada yang menggunakan telur bebek.

**

Agar tidak punah, warga jakarta seharusnya melestarikan jajanan khas betawi ini. Tak hanya itu, warga setempat juga harus berusaha untuk meningkatkan derajat makanan legenda jakarta ini hingga ke manca negara.

Jadi, jika Anda menjumpai panganan kerak telor  di sekitar kota Anda. Jangan ragu untuk mencoba kelezatannya. Selain gurih dan sedap, kerak telor  juga mengandung banyak nutrisi tinggi. Seperti protein, lemak nabati dan mineral. Tentunya panganan ini sangat baik dan disukai anak-anak agar mereka mendapatkan kebutuhan gizi dan bisa tumbuh optimal.

Selamat mencicipi kerak telor ya… (jari adventure-det img Kerak Telor)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.