Jelajah Rasa & Wisata di Yogyakarta, Dari Angkringan Hingga Kafe Tematik

Sebagai kota para pelajar yang bukan menjadi penduduk asli kelahiran Yogyakarta, kini kota Gudeg berkembang pesat dari segi bisnis pariwisata.

Semua lini ikut bekerja sama. Termasuk dalam hal kuliner. Tak hanya melayani para wisatawan domestik atau mancanegara, kebanyakan wisata kuliner di Yogyakarta memiliki target yang menyasar para pengunjung dari kalangan anak – anak muda dan mahasiswa.

Setelah senja berlalu, angkringan, lesehan hingga kafe – kafe tematik di tanah Sri Sultan Hamengkubuwono ke-10 ini bakal mulai hidup.

Denyut kota semakin berdegup ketika matahari terbenam hingga fajar menyingsing. Maklum saja, anak – anak muda dan mahasiswa biasanya kerap begadang untuk berkumpul atau sekadar nongkrong membicarakan tentang materi di perkuliahan.

Kebanyakan lokasi angkringan atau warung lesehan memang ada di sepanjang jalan penuh kenangan, Malioboro.

Akan tetapi, hampir di setiap sudut kota, sangat mudah menjumpai warung lesehan dan angkringan khas Jogja.

Seusai berbelanja souvenir atau ingin memanjakan perut dengan kuliner yang berlimpah tapi ramah kocek, angkringan Jogja bisa jadi pilihan ideal.

Dari segi kualitas rasa juga patut diacungi jempol dan tak kalah dari restoran berbintang. Apalagi kalau berbicara soal harga. Sudah pasti seperti bumi dan langit. Sebungkus nasi di angkringan hanya dibanderol Rp 1.000 hingga Rp 5.000 saja; Kalau masih lapar? Tinggal mencomot sebungkus lagi!

Sejarah Angkringan

makandijogja.com

 

Pada masa lalu, angkringan di Yogyakarta tak seramai sekarang. Di masa kolonial Belanda, masyarakat tak bisa berbuat banyak. Di mana – mana selalu ada tentara yang mengawasi pergerakan kaum pribumi.

Tanpa disengaja, justru keberadaan angkringan Jogja inilah yang membantu para pejuang dalam mengatur siasat tanpa harus dicurigai atau terlihat mencolok di depan para tentara Belanda.

Berpura – pura seperti pembeli yang lapar, para pemuda biasa berkumpul di salah satu angkringan untuk membicarakan strategi terbaik melawan penjajah.

Nah, tentang wisata kuliner Yogyakarta, sebenarnya ada beberapa lokasi yang populer di kalangan pecinta foodie khas Jogja. Apa saja? Intip deretan nama – nama berikut:

Es krim racikan resep asli orang Belanda yang sudah menetap di Indonesia

filosotrip.com

 

Bangsa Eropa sangat menyukai dessert manis dan menyegarkan. Mungkin karena iklim di Indonesia yang tropis dan lumayan hangat, mencicipi es krim menjadi pilihan favorit para noni – noni Belanda.

Di sebuah jalan Prawirotaman, berdiri bangunan kuliner bersejarah yang masih dilestarikan hingga kini. Yaitu Tempo Gelato. Bak tak lekang zaman, Tempo Gelato yang menawarkan dessert berupa es krim menggoda ini sudah ada sejak zaman Belanda ratusan tahun silam.

Pada awalnya, dipopulerkan oleh bangsa Belanda yang berdomisili di Prawirotaman. Akan tetapi, setelah Indonesia merdeka, kini usaha keluarga ini terus dipertahankan.

Es krim home made memiliki varian rasa yang cukup menggiurkan. Seperti rasa vanilla, stroberi, rasa mangga, karamel dan varian menu dessert lain yang bakal menyegarkan cerahnya harimu.

 

Angkringan KR

inijogja.co.id

 

Beralih ke Jalan Mangkubumi, ada Angkringan KR yang melegenda. Di depan halaman teras Kedaultan Rakyat inilah, Angkringan KR menjajakan seporsi nasi kucing yang murah – meriah. Lezat tapi juga bersahabat di kantong.

Wisatawan yang datang pun silih berganti. Bahkan, tak jarang harus rela bersabar dan antri karena tempat makan yang tak mencukupi.

Ada beberapa menu angkringan yang bisa dipilih. Di antaranya, nasi kucing, nasi sambel teri, nasi langgi, sate usus, sate telur puyuh, tempe dan tahu bacem, serta sebagai pencuci mulut, ada es tape hijau yang mengguncang lidah.

Baca juga:

Kisah epik di Epic Cafe

ririmaulidina.blogspot

 

Berada di jalan Palagan Tentara Pelajar No. 29, Sleman, konsep yang diangkat oleh kafe satu ini cukup unik. Yaitu, bertema industri seperti pabrik atau gudang yang beratap tinggi dan ruangan luas.

Epic Cafe memberikan nuansa baru bagi para pemuda di  Jogja yang ingin bersantai sambil mempelajari keindahan karya seni yang ditampilkan melalui berbagai model furniture yang semuanya hand made design.

***

Kelezatan legendaris yang ditawarkan kota Budaya, Yogyakarta bakal menorehkan kenangan jelajah rasa yang tiada duanya.

Ingin kembali menepis rindu untuk kembali ke pelukan kota Yogyakarta? Yuk, segera pastikan perjalanan wisatamu berjalan menyenangkan bersama agen wisata Jari Adventure. Travel wisata ke yogya bakal menjadi lebih maksimal dan tanpa ribet.

Akomodasi, transportasi, hingga tour berkeliling ke sejumlah atraksi wisata di Yogya semua sudah termasuk dalam harga paket wisata yang hemat dan murah.

Jari Adventure, solusi perjalanan yang profesional dan bebas ribet! (Jari adventure)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *