Jelajah Rasa khas Sumatera, Ada 7 Makanan yang Menggoda Selera

Selain kaya akan wisata alamnya, Sumatera juga kaya akan wisata kulinernya yang beragam. Sumatera memiliki banyak kota dan pulau mulai dari Aceh hingga Lampung.

Salah satu ciri khas dari kuliner di Sumatera adalah rasa dari masakannya yang cenderung pedas dan kaya akan rempah-rempah.

Tiap daerahnya memiliki kuliner andalannya masing-masing. Salah satu kuliner dari Sumatera yang bahkan sudah dikenal banyak kota di Indonesia adalah Mie Aceh. Mie ini kaya akan rempah sehingga dikenal oleh banyak orang.

Inilah destinasi wisata kuliner terbaik yang wajib Anda jelajahi di Pulau Sumatera.

Mie Aceh

qraved.co

Apa Anda sudah pernah makan Mie Aceh? Mie yang satu ini bebeda dengan mie pada umumnya. Jenis mie yang digunakan adalah mie dengan ukuran besar dan tebal.

Anda bisa memilih 2 jenis mie aceh, yaitu kuah dan goreng. Meskipun begitu, rempah-rempah yang digunakan cukup beragam untuk kedua jenisnya.

Mie Aceh biasanya disajikan dengan bahan lain seperti sayuran (toge), udang, telur, dan juga ayam. Anda bisa memilih sendiri menu pelengkap sesuai dengan selera dan permintaan Anda.

Mie Aceh memang sudah beredar di pasaran Pulau Jawa, namun Anda tetap harus mencoba Mie Aceh yang ada di tempat asalnya.

Rujak Tahu Medan

layalli

Sesuai namanya, bahan dasar dari masakan yang satu ini berupa tahu goreng yang diiris tipis-tipis. Rujak tahu Medan ini disajikan dengan mie tawar yang direbus, dengan tambahan potongan mentimun, irisan daun selada dan irisan kol. Semua bahan yang dibutuhkan lalu ditata dalam wadah dan disiran dengan saus rujak.

Saus rujak tahu Medan sedikit berbeda dengan saus rujak yang ada di Jawa. Sekilas saus ini mirip dengan cuko pada empek-empek. Bedanya terletak pada kekentalannya.

Jika cuko bertekstur kental, saus rujak tahu ini sedikit lebih encer. Di dalam saus juga ditambahkan kacang tanah yang diuleg kasar.

Rendang Padang

tokopedia.net

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Sumatera namun tidak mencicipi Rendang Padang,. Kuliner Rendang bahkan telah dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak dan menjadi makanan favorit dunia.

Rendang Padang bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Di jaman ini, ada sebuah teknologi vakum yang bisa membuat rendang tahan hingga setahun.

Rendang Padang diolah dengan bahan utama daging atau ayam hingga telur. Ada juga rendang yang diolah dari bahan tumbuhan pakis. Ciri khas dari rendang adalah rempah-rempahnya yang khas dan diolah dengan santan.

Baca juga:

Konon Bekas Darah Peperangan, Pantai di Nias Berwarna Pink yang Legendaris

Gado-gado Padang

travel.tribunnews.com

Gado-gado Padang memang tidak terlalu berbeda dengan gado-gado pada umumnya. Ciri khasnya adalah dari saus serta isiannya. Gado-gado Padang berisi daun selada, kol, telur rebus, serta kentang rebus yang disiram dengan saus kacang.

Anda bisa menambahkan mie besar khas Padang dalam gado-gadonya. Isian akan ditata dalam piring lalu disiram saus kacang dan tambahan sambal cabe. Seperti gado-gado lainnya, aka nada tambahan kerupuk merah dan emping goreng diatasnya.

Sate Padang

resephariini

Sate Padang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Bahan dasarnya adalah daging sapi, dan ada juga jeroan sapi.

Potongan daging ditusuk ke tusukan bambu lalu direbus dengan rempah pilihan. Setelah itu, sate akan dibakar dengan saus di atasnya.

Sausnya sendiri bukan saus kacang biasa, melainkan terbuat dari air dan rempah-rempah, serta tepung sehingga kuah menjadi kental.

Meskipun sate padang sudah beredar hingga seluruh Indonesia, namun tak ada salahnya mencobanya langsung di pulau asalnya.

Empek-empek Palembang

Resep Masakan

Palembang memang terkenal akan empek-empeknya yang dikenal hingga seluruh Indonesia. bahan utama dari empek-empek adalah daging ikan.

Biasanya, empek-empek menggunakan ikan gabus, ikan lais, hingga ikan tengiri. Yang penting, ikan yang akan digunakan untuk diolah adalah ikan dengan daging serat yang kasar. Itu agar empek-empek tidak lembek setelah matang.

Ikan akan ditambahkan dengan tepung sagu agar menjadi kenyal. Adonan ini selanjutnya direbus lalu digoreng ketika akan dihidangkan. Empek-empek dimakan dengan tambahan cuko yang erbuat dari larutan gula merah dan tambahan bumbu.

Tempoyak Patin

Flickr

Kuliner Sumatera yang satu ini cukup unik karena menggunakan ikan patin yang diolah bersama tempoyak. Tempoyak sendiri adalah durian yang telah difermentasi hingga membuat rasanya menjadi asam dengan aroma durian yang mendominasi. Bumbu yang digunakan adalah cabai, bawang merah dan putih, serta berbagai rempah lainnya.

Ikan patin yang sudah dibersikan dan dibumbui akan dibungkus dengan daun pisang bersama tempoyak di dalamnya. Bungkusan patin tempoyak akan dikukus selama beberapa menit hingga matang.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.