Jelajah Rasa Asia, Temukan 5 Kuliner Kaki 5 Lezat Terpopuler Ini

Jalan – jalan keliling negara – negara di Asia, wisatawan bakal dimanjakan dengan berbagai keindahan panorama destinasi alam yang menakjubkan.

Selain itu, masyarakat Asia yang masih menjunjung tinggi adat ketimuran juga menyimpan rahasia kuliner yang lezat dan berani diadu.

Dari segi bumbu yang kaya rempah – rempah, sudah pasti dari segi rasa, kelezatannya tak perlu ditanya lagi.

Bahkan, kini sudah mulai banyak Youtuber asal luar negeri yang beralih ke Indonesia untuk mengulas kekayaan khazanah kuliner makanan kaki lima Nusantara yang terkenal mampu menggoyang lidah.

Ternyata, tidak jauh berbeda dengan Indonesia, negara – negara lain di Asia juga menawarkan sensasi makanan jalanan terbaik untuk dicoba.

Berikut adalah deretan nama – nama makanan kaki lima terbaik untuk dicicipi selama kunjungan wisata:

1.Pho

inspiredtaste.net

Makanan sejenis sup mie dari beras ini berasal dari Vietnam, Asia Tenggara. Setelah penjajahan bangsa Eropa, tepatnya Perancis, makanan ini tersebar di seluruh samudera untuk menjadi yang terpopuler di Asia.

Pho atau diucapkan dengan “fuh”, diperkirakan muncul sejak abad ke-20 di bagian utara Vietnam. Setelah itu, merambah ke daerah – daerah terdekat dari ibukota Hanoi, hingga ke Desa Van Cu dan di desa – desa sekitarnya.

Pho dikenal sebagai makanan jalanan atau makanan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima hingga kini. Sup mie dibuat dengan kaldu ayam atau daging sapi sebagai modifikasi tergantung selera pembeli.

2.Panipuri

Makanan ini berasal dari wilayah Magadha di India. Panipuri merupakan sejenis camilan lezat yang banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima di wilayah Pakistan, Nepal dan Bangladesh.

Satu porsinya terdiri dari roti India yang digoreng sangat renyah, kemudian diisi dengan sejumlah bahan. Seperti kentang, buncis, ketumbar, cabai dan chutney.

Selanjutnya, kaldu Pani akan dimasukkan ke dalamnya dan dibentuk menyerupai bola – bola. Jadi, saat digigit, airnya akan meleleh di dalam mulut.

3.Gua Bao

eastwestbank.com

 

Mendengar namanya memang tak sedikit wisatawan yang mengernyitkan dahi. Tetapi, jika dijelaskan bahwa makanan ini dikenal juga sebagai “hamburger khas Taiwan”, tentunya semua orang akan lebih mudah memahaminya.

Gua Bao dibuat menggunakan roti yang dikukus sehingga teksturnya kenyal dan lembut. Di dalamnya terdapat bervariasi isian sesuai selera. Seperti daging, acar dan sayuran serta ketumbar dan kacang tanah.

Roti yang dikukus ini juga dilengkapi kacang tanah yang manis sehingga rasa daging lebih legit dan lezat. Hidangan ini sangat populer di Taiwan, hingga menyebar ke foodies di seluruh dunia.

Termasuk, ada variasi Gua Bao khusus untuk vegetarian. Burger Taiwan ini bisa dicocol dengan sambal atau saus sesuai selera. Bisa dijumpai dengan mudah di pasar malam kota Taiwan atau di pinggir jalan.

4.Miso Ramen

Makanan kaki lima yang satu ini pasti semua sudah tahu. Miso Ramen sering dijajakan di pinggir jalan oleh para pedagang kuliner di Jepang yang biasa disebut yatai atau “kios toko”.

Hidangan umum yang sering ditemukan adalah makanan otentik khas Jepang seperti ramen.

Miso ramen sendiri juga sudah dibuat dengan aneka kreasi. Mulai dari kios toko hingga restoran Jepang kelas atas, bahkan miso ramen instan yang bisa dibeli di supermarket seperti mie instan.

Popularitas hidangan ini sudah tak perlu ditanya lagi. Konon, awalnya Ramen berasal dari Cina yang saat itu dibawa oleh para buruh atau pekerja asal Cina yang datang ke Jepang.

Kemudian, orang Jepang yang berada di Hokkaido membuat sajian mie ramen dengan kuah kaldu miso yang sudah disesuaikan dengan selera lidah orang Jepang.

Baca juga:

6 Makanan Kaki Lima Populer di Korea Selatan

 

5.Warung sate

Berasal dari Indonesia dan sebagian besar wilayah Asia Tenggara, Sate sudah mendunia hingga ke mancanegara.

Sate dahulu merupakan hidangan untuk para raja – raja yang menguasai tanah Jawa.

Namun, selanjutnya mulai dijajakan kepada masyarakat secara umum dengan cara dipikul atau dijajakan di pinggir jalan.

Pada sekitar abad ke-10, para pedagang Gujarat yang berasal dari India sudah mulai mempopulerkan hidangan Kebab yang dijajakan oleh pedagang Muslim.

Kemudian, oleh warga pribumi daging ini dipotong – potong dan ditusuk dalam batang lidi dan dipanggang.

Sebagai pelengkap, saus kacang dihidangkan dan bisa ditambah sambal. Rasanya? Sudah pasti enak dan mak nyuss..

***

Icip – icip yuk..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.