Oleh-Oleh Khas Magelang! Borong Selagi Mengagumi Candi Borobudur

Siapa yang berencana untuk liburan ke Magelang pada liburan mendatang? Magelang adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang unik terlebih dengan kehadiran Candi Borobudur.

Banyak orang yang singgah di Kota Magelang dalam jangka waktu yang cukup lama mengingat banyaknya destinasi wisata di kota ini yang juga menarik untuk dikunjungi.

Kota Magelang bukan hanya punya berbagai destinasi wisata, namun juga oleh-oleh. Tentunya oleh-oleh ini hanya bisa didapatkan di Magelang dan kita pun akan kesulitan untuk mencarinya di kota lain.

Memangnya apa saja sih oleh-oleh khas Magelang? Daripada tambah penasaran, yuk simak beberapa oleh-oleh khas Magelang yang cocok diberikan ke orang tersayang!

Wajik Salaman

Kota Magelang memang tidak pernah kehabisan akal untuk mengolah ketan, termasuk untuk wajik Salaman.

Meskipun sebagian orang geli pada bentuk wajik, dijamin cita rasa dari wajik Salaman ini akan memuaskan kita. Sensasi lengket dan lembut pun akan terasa ketika kita mulai menyantap wajik Salaman.

Jangan khawatir karena warna wajik Salaman ini menggunakan pewarna alami sehingga aman untuk dikonsumi oleh siapa saja bahkan anak kecil sekalipun.

Grubi

Kota Magelang memang dikenal sebagai salah satu kota yang memanfaatkan berbagai bahan alami untuk oleh-oleh, termasuk untuk grubi.

Grubi merupakan makanan yang terbuat dari bahan ubi jalar yang dibentuk bola-bola lalu dibalut dengan gula jawa.

Adonan grubi yang sudah siap ini pun akan digoreng dan siap untuk dibawa pulang. Banyak orang yang menyukai grubi karena teksturnya yang renyah dan cita rasanya tidak terlalu manis.

Tape ketan

Berbeda dengan tape singkong, jenis tape satu ini memang terbuat dari ketan. Ciri khas dari tape ketan ini adalah warnanya yang hijau karena memang diberi pewarna makanan.

Biasanya tape ketan ini dikemas dalam dua ukuran yaitu 500 gram dan 1 kilogram. Harga tape ketan ini juga terjangkau sehingga tidak heran banyak orang yang mencarinya.

Buntil

Mau menikmati kuliner khas Magelang? Maka buntil jawabannya! Buntil adalah kuliner yang terbat dari daun talas muda dan diisi dengan kelapa, udang, ataupun ikan asin.

Harga dari buntil ini juga sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp.2.000,-. Tentu saja harga buntil sedikit lebih mahal apabila kita membelinya di toko oleh-oleh, bukannya di pasar.

Gula kacang

Apa jadinya ya kalau kacang tanah dilapisi dengan gula jawa? Tentu saja rasanya nikmatt! Gula kacang alias ampyang merupakan salah satu oleh-oleh khas Magelang yang sayang untuk dilewatkan.

Harga dari gula kacang pun juga terjangkau dan dijamin kita akan ketagihan ketika mencicipinya.

baca juga:

Dikenal Angker Bak Bermuda, 5 Samudera Misterius di Indonesia yang Memesona

 

Permen tape

Biasanya tape memang diolah sebagai masakan di kota lain, tapi berbeda dengan Kota Magelang. Masyarakat Magelang memilih mengolah tape menjadi permen sehingga lebih mudah untuk dibawa berpergian.

Permen tape ini pun tidak hanya mengandalkan tape sebagai bahan utamanya mengingat ada campuran gula putih serta parutan kelapa.

Bagaimana dengan harga permen tape? Harganya pun terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp.20.000,- untuk tiap kilonya.

Getuk Trio

Belum afdol rasanya kalau berlibur ke Magelang tanpa mencicipi nikmatnya Getuk Trio. Getuk yang terbuat dari bahan singkong ini disukai banyak orang karena cita rasanya yang khas.

Menariknya lagi, getuk Trio ini hadir dalam tiga warna sekaligus yaitu merah muda, coklat, dan putih.

Adanya campuran santan serta gula merah membuat getuk Trio ini terasa semakin lezat Harganya pun cukup terjangkau yaitu di bawah Rp.20.000,-

Slondok

Mau merasakan kerupuk dengan sensasi yang berbeda dari krupuk lainnya? maka kita perlu beli slondok! Slondok merupakan makanan khas Kota Magelang yang terbuat dari singkong.

Cita rasanya pun cukup unik dan dijamin akan membuat kita ketagihan. Bahkan saat ini banyak slondok yang dicampur dengan bumbu tertentu seperti bumbu balado ataupun barbeque yang membuat cita rasanya lebih nikmat.

Menarik bukan berbagai oleh-oleh khas Magelang yang disebutkan barusan? Ketika memilih oleh-oleh pun kita harus menghitungnya dengan benar, jangan sampai ada teman yang tidak dapat. Makanan khas Magelang manakah yang akan jadi pilihan kamu untuk oleh-oleh?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.