Berburu Mie Ongklok, Kuliner Khas Wonosobo

Siapa yang tak suka menjajal makanan-makanan khas daerah tertentu? Kegiatan yang satu ini memang tak pernah membosankan untuk dilakukan. Ya, berwisata kuliner tak hanya bertujuan untuk memuaskan rasa lapar yang mendera melainkan memberikan pengalaman-pengalaman unik mengenal keanekaragamn makanan yang ada di seluruh Indonesia. Kali ini, kita akan mencicipi salah satu kuliner khas  di Wonosobo, yaitu Mie Ongklok. Terbayang betapa nikmatnya bukan kala menyeruput kuah mie yang hangat setelah seharian penuh kita berjalan-jalan menikmati keindahan alam Dataran Tinggi Dieng yang berhawa dingin. Kuliner khas Wonosobo ini menjadi pilihan pas untuk menghangatkan badan dan mengalau rasa lapar. Penasaran dengan penampakan Mie Ongklok ini? Yuk, simak ulasan berikut.

Kuliner Mie Ongklok bisa kita temukan di restoran ataupun warung-warung kecil yang tersebar di Wonosobo yang memang khusus menyediakan kuliner ini. Biasanya, saat liburan warung-warung dipinggir jalan selalu dipenuhi oleh pengunjung yang ingin menikmati kelezatan Mie Ongklok ini. Tak perlu ragu untuk bergabung bersama mereka sebab makakan ini memang patut untuk dicoba.

Nama Mie Ongklok diambil dari cara memasaknya yaitu dengan di ongklok-ongklok atau dalam bahasa Indonesia berarti dicelupkan berulang-ulang di air mendidih. Meski terlihat sederhana, proses pembuatan Mie Ongklok ternyata membutuhkan keahlian juga lho. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya seperti mie kuning, kubis/daun kol, daun kucai, bumbu kental dengan rempah-rempah beserta ebi, tahu bacem, dan bumbu kacang.  Potong sayuran kecil-kecil dan kemudian tambahkan mie sebelum kedua bahan tersebut dimasukkan ke keranjang bambu kecil yang digunakan untuk mengongklok. Mie kuning beserta sayuran   diongklok berulang kali ke air mendidih sampai matang baru kemudian disajikan di mangkuk-mangkuk kecil. Mie dan sayur inipun kemudian disiram kuah kental yang memiliki aroma bumbu rempah yang sedap serta ditambahi bumbu kacang. Dibeberapa warung, sajian Mie Ongklok juga dilengkapi dengan taburan tahu dan tempe bacem atau suwiran ayam. Untuk menambah selera makan, kita juga bisa menambahkan sambal ijo yang pedasnya mantab. Satu lagi, menikmati Mie Ongklok tak akan lengkap jika kita melupakan sate sapi yang selama ini menjadi pendamping setia saat menyantap kuliner yang satu ini.

Baca Juga : Tempat Wisata di Dieng, Wonosobo

Biasanya makanan enak memang memerlukan tantangan tersendiri untuk mendapatkannya, tak terkecuali Mie Ongklok ini. Saat musim liburan atau long weekend, kedai-kedai ataupun warung yang berjualan Mie Ongklok pastilah ramai dipenuhi pengunjung dan kita harus mengantri cukup lama untuk bisa menikmati kuliner Wonosobo ini. Tak perlu kuwatir, rasa lelah setelah antrian panjang akan segera terbayar saat Mie Ongklok sudah berada di tangan. Kelezatan kuliner khas ini bakal menggoyang lidah kita dan tentunya seporsi bakalan tak cukup untuk memenuhi rasa penasaran kita. Oh ya, supaya tak bosan saat mengantri, kita bisa mencicipi kuliner khas Wonosobo lainnya seperti  tempe kemul maupun geblek yang biasanya tersedia di tempat-tempat khusus Mie Ongklok.

Jika kebetulan berjalan-jalan ke Dataran Tinggi Dieng menikmati indahnya candi-candi, kawah-kawah, telaga-telaga ataupun berburu  sunrise, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk menjajal Mie Ongklok yang selama ini menjadi buruan utama wisatawan.  Sebab, kunjungan Anda ke Wonosobo tak akan lengkap tanpa mampir ke warung-warung yang menyediakan mie ini. Jika masih memiliki waktu yang cukup, Anda juga bisa menjajal minuman khas Dieng yaitu Purwaceng serta pepaya kerdil Dieng yang dikenal dengan sebutan si buah unik Carica.

Seporsi Mie Ongklok Wonosobo biasa dibandrol antara 5 ribu hingga sepuluh ribu. Tetapi, beberapa restoran mematok harga yang lebih tinggi dan porsi yang lebih sedikit. Untuk sate sapi biasa dijual kisaran 20 ribu per porsi isi sepuluh tusuk sedangkan untuk tempe kemul hanya dijual 500 rupiah saja perbijinya. Cukup murah bukan? Harga yang murah meriah ini bisa Anda dapatkan asalkan bisa memilih warung yang tepat. Jika sampai salah memilih tempat makan, tak hanya dana yang jadi taruhan kadang rasa pun tak karuan. Jadi cermatlah dalam memilih. Selamat berburu Mie Ongklok Wonosobo!  (Jari Adventure-Det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *