Ini Hidangan Yang Wajib Ada Saat Lebaran!

Bila sudah memasuki bulan suci Ramadhan, lebaran pasti terasa sudah dekat. Lalu, bagaimanakah persiapan Anda dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri? Selain mempersiapkan diri untuk kembali ke fitrah, biasanya umat muslim juga mempersiapkan rumah untuk menjamu keluarga maupun sahabat yang akan datang bersilaturahim saat lebaran. Tak lupa makanan serta camilan khas lebaran pun disiapkan untuk menjamu tamu. Meski banyak ragam hidangan khas lebaran, ada beberapa jenis hidangan yang selalu ada di momen istimewa ini. Bahkan beberapa hidangan khas lebaran ini seolah-olah sudah menjadi item wajib yang ada di rumah saat perayaan Idul Fitri. Penasaran hidangan apa saja yang wajib ada saat lebaran? Berikut penjelasannya.     

Ketupat

Makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi dan berkaitan erat dengan lebaran. Berbahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa yang masih muda, ketupat menjadi hidangan khas lebaran dan tanpanya lebaran Anda terasa kurang lengkap. Sebenarnya, ketupat adalah hidangan khas lebaran Asia Tenggara Maritim sehingga juga dijumpai di beberapa negara Asia selain Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Brunai dan Filipina. Untuk melengkapi lebaran Anda, ketupat biasanya disajikan di meja makan bersama kuah santan yang berisi potongan daging dan sayuran seperti bengkoang dan wortel. Wah, pasti Anda buru-buru pulang ke rumah setelah sholat Id karena tak sabar menikmati kelezatan ketupat bersama keluarga tercinta.  

Opor ayam

Tak hanya kuah santan dan sayur, makanan ini juga sangat cocok bila disandingkan dengan ketupat. Ya, opor ayam memang sudah lama menjadi salah satu hidangan khas lebaran. Opor ayam begitu diminati karena potongan daging ayamnya sangat empuk dan nikmat dengan aroma rempah-rempak khas Indonesia dan dipadu dengan kuah santan yang gurih. Bila Anda penggemar makanan yang satu ini, Anda tentunya bisa menimatinya kapan saja tak perlu menunggu momen lebaran tiba sebab opor juga sering dijumpai di hari-hari biasa.

Gulai

Gulai juga bisa menjadi hidangan pilihan saat lebaran sebagai teman ketupat. Hidangan khas lebaran ini memiliki kekhasan karena warnanya yang kuning dan aromanya yang kuat. Bagi Anda yang tak ahli di dapur, kini tak lagi mustahil menghadirkan gulai di meja makan saat lebaran sebab sudah banyak bumbu gulai praktis beredar di pasaran. Selain daging sapi, Anda juga bisa menggunakan daging kambing untuk isian gulai.

 

Baca Juga : 7 Tradisi dan Budaya Unik di Indonesia Untuk Sambut Bulan Puasa Ramadan

 

Rendang

Hidangan khas lebaran khas Minangkabau ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan kelezatannya juga mampu membius masyarakat dunia. Tahun 2011 lalu, Rendang berhasil nangkring di urutan pertama dalam daftar “50 Hidangan Terlezat di Dunia”. Biasanya, rendang juga menjadi salah satu pendamping ketupat saat lebaran. Rendang terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dengan santan kental dan memiliki kandungan bumbu rempah yang melimpah. Selain daging sapi, rendang kini memiliki banyak variasi, seperti daging ayam, hati, paru, daging bebek, dan lain sebagainya.   

Sambal goreng kentang

Hidangan khas lebaran yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan saat lebaran. Sambal goreng kentang dibuat dari potongan kentang yang dibentuk seperti dadu dan dibumbui dengan berbagai rempah pilihan. Agar lebih nikmat, sambal goreng kentang biasanya diberi campuran yang berupa pete, ampela, hati sapi dan wortel. Warnanya yang menarik dengan citarasa yang pedas menggoda bakal siapapun untuk menyantapnya.

Kue kering

Hidangan khas lebaran yang berupa camilan juga tak boleh ketinggalan saat lebaran tiba. Camilan yang paling populer saat Hari raya Idul fitri adalah aneka kue kering seperti putri salju yang berlumur gula halus, nastar dengan selai nanas, lidah kucing, semprit dan lain sebagainya. Momen berkumpul dengan keluarga saat lebaran terasa lebih istimewa dengan kehadiran kue kering ini. Yang manakah yang menjadi favorit Anda?    

Tape ketan

Di beberapa daerah, penjualan ragi akan meningkat saat lebaran. Hai ini disebabkan karena bahan tersebut digunakan untuk membuat hidangan khas lebaran yang tradisional ini. Ya, siapa yang tak menyukai tape. Rasanya yang manis-manis sedikit asam terasa segar di lidah dan bisa dinikmati pula sebagai campuran es sirup. Varian tape ketan ini pun cukup beragam, ada tape beras ketan hitam, tape ketan hijau dan tape ketan putih.

Dari deretan hidangan khas lebaran di atas, manakah yang merupakan favorit Anda?

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.